News
·
4 Agustus 2021 9:51
·
waktu baca 1 menit

Diduga Sengaja Dibakar, 8 Hektare Hutan Pinus di Bener Meriah Hangus

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Diduga Sengaja Dibakar, 8 Hektare Hutan Pinus di Bener Meriah Hangus (461926)
searchPerbesar
Kebakaran hutan pinus. Foto: Dok. Laung/TNI
Sebanyak 8 hektare hutan pinus di Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, hangus terbakar. Penyebabnya diduga unsur kesengajaan oleh orang tak bertanggungjawab dalam aktivitas berkebun, Selasa (3/8/2021).
ADVERTISEMENT
Sesuai laporan yang disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0119/Bener Meriah, Letkol Inf Valiyan Tatyunus melalui Penerangan Korem 011 Lilawangsa, disebutkan kebakaran diketahui sekitar pukul 10.30 WIB oleh seorang warga Desa Mangku yang sedang melakukan aktivitas di kebun yang letaknya tidak jauh dari lokasi kebakaran.
"Awalnya hanya melihat kepulan asap di tengah hutan pinus, namun situasi angin yang kencang membuat api yang semula kecil kemudian membesar sehingga api dengan cepat menjalar ke lokasi lahan yang ditumbuhi pohon pinus,” jelas Letkol Valiyan sesuai pengakuan warga tersebut.
Diduga Sengaja Dibakar, 8 Hektare Hutan Pinus di Bener Meriah Hangus (461927)
searchPerbesar
Upaya pemadaman kebakaran hutan di Bener Meriah. Foto: Dok. Laung/TNI
Warga kemudian melaporkan aparat desa, selanjutnya dilakukan pemadaman oleh Tim Pemadam BPBD Bener Meriah, personel TNI, Polisi dan warga. "Pemadaman tidak ada kendala di lapangan, hanya saja lokasi kebakaran tersebut berada di daerah lembah perbukitan sehingga menyulitkan untuk komunikasi," sebut Dandim.
ADVERTISEMENT
Pemadaman berlangsung sampai Selasa malam. Saat ini kasus kebakaran hutan pinus tersebut sedang dalam proses penanganan oleh pihak Polres Kabupaten Bener Meriah, Aceh. []