News
·
25 Desember 2020 21:11

Disparbudpora-Duta Wisata Aceh Barat Kunjungi Meriam Bersejarah yang Tak Terawat

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Disparbudpora-Duta Wisata Aceh Barat Kunjungi Meriam Bersejarah yang Tak Terawat (349855)
searchPerbesar
Duta Wisata Aceh Barat melihat keberadaan meriam tua peninggalan era Kesultanan Aceh di Desa Arongan, Aceh Barat, Jumat (25/12). Foto: Siti Aisyah/acehkini
Keberadaan meriam tua peninggalan era Kesultanan Aceh di Desa Arongan, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, Aceh, mulai dilirik pemerintah. Tim dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Aceh Barat, Duta Wisata Aceh Barat, dan sejumlah pihak lainnya mengunjungi tempat itu, pada Jumat (25/12).
ADVERTISEMENT
Keberadaan meriam itu mendapat perhatian warga Aceh Barat setelah diberitakan sejumlah media pada Juni 2020 karena kondisinya yang tidak terurus. Setelahnya, orang-orang yang penasaran dengan benda tersebut mulai berkunjung ke sana untuk melihatnya secara langsung.
“Sebelumnya memang tidak ada pengunjung, tapi begitu masuk pemberitaan media sekarang sudah mulai ada, baik dari mahasiswa maupun dinas. Saya jaga meriam ini sekalian jaga kebunnya,” kata Asnawi, pemilik kebun tempat meriam itu terletak sekaligus ahli waris, Jumat (25/12).
Disparbudpora-Duta Wisata Aceh Barat Kunjungi Meriam Bersejarah yang Tak Terawat (349856)
searchPerbesar
Rombongan Disparbudpora Aceh Barat melihat langsung meriam tua peninggalan era Kesultanan Aceh di Desa Arongan, Jumat (25/12). Foto: Siti Aisyah/acehkini
Intelegensi Duta Wisata Aceh Barat 2019-2020, Ulviatur Rahmah, mengaku mengunjungi tempat itu setelah mengetahui keberadaan meriam bersejarah tersebut. "Sebelumnya kami hanya tahu lokasi dan ceritanya tanpa pernah mengunjungi,” katanya.
Kepala Bidang Kebudayaan Disparbudpora Aceh Barat, Cut Nila Faulina, mengaku akan menindaklanjuti agar benda tersebut bisa diurus dan tidak terbengkalai. Namun, menurut Nila, perawatannya tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat karena kekurangan dana akibat COVID-19.
Disparbudpora-Duta Wisata Aceh Barat Kunjungi Meriam Bersejarah yang Tak Terawat (349857)
searchPerbesar
Disparbudpora hingga Duta Wisata Aceh Barat mengunjungi meriam tua peninggalan era Kesultanan Aceh di Desa Arongan, Jumat (25/12). Foto: Siti Aisyah/acehkini
“Untuk menindaklanjuti masalah ini kami terlebih dulu harus menemui keluarga, apakah mereka ingin memberi peluang agar situs bersejarah ini kami urus. Tapi karena keadaan pandemi COVID-19, segala sesuatu tidak bisa kami lakukan," sebutnya.
ADVERTISEMENT
Sebab tak ada perhatian serius hingga sejauh ini, keberadaan meriam dan puing rumah milik Ulee Balang era Kesultanan Aceh itu usang karena ditutupi semak belukar. Barang kali bila tak ada penjaga kebun, Asnawi, mungkin saja meriam itu bakal tenggelam dalam tumbuhan liar.