Entertainment
·
3 November 2020 11:14

Fakta Menarik Tentang Shah Rukh Khan di Ulang Tahunnya ke-55

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Fakta Menarik Tentang Shah Rukh Khan di Ulang Tahunnya ke-55 (5384)
Shah Rukh Khan dalam sebuah program televisi. Dok. IMDb
Saban hari bertarikh 2 November, para fans merayakan ulang tahun bintang Bollywood, Shah Rukh Khan. Senin (2/11/2020) kemarin adalah hari lahirnya ke-55 tahun. Biasanya setiap tahun, Shah akan keluar ke beranda rumahnya untuk memberi salam dan menyapa ratusan pengemar yang sudah berkumpul di depan rumah.
ADVERTISEMENT
Tahun ini, di tengah pandemi corona, Khan telah melarang para fans untuk berkumpul, dan mengimbau mereka untuk melakukan pembatasan sosial demi mencegah penularan COVID-19. “Jangan membuat keramaian apapun walaupun itu ulang tahun saya atau bukan, Iss baar ka Pyaar thoda door se yaar (Saat ini cinta dengan sedikit jarak),” tulis Shah Rukh Khan di akun media sosialnya.
Para fans juga mempersiapkan perayaan ulang tahun yang berbeda tahun ini melalui virtual. Mereka juga berlomba memberikan sumbangan untuk penanggulangan COVID-19 seperti yang telah dilakukan oleh aktor kesayangan mereka itu. Para fans juga aktif membuat tagar selamat ulang tahun untuk Shah Rukh Khan di media sosial.
Beberapa fakta tentang King Khan ini turut dibicarakan. Berikut acehkini merangkum beberapa di antaranya:
ADVERTISEMENT

Klub Cricket

Shah Rukh Khan dalam sebuah interview pernah mengatakan ia akan menjadi atlet cricket kalau saja cedera tidak menghampirinya. Semasa sekolah dulu, ia bergabung dalam beberapa klub olah raga dan salah satu yang paling disukainya adalah cricket. Bagi orang India, olah raga ini sangat populer mengalahkan ketenaran sepak bola.
Fakta Menarik Tentang Shah Rukh Khan di Ulang Tahunnya ke-55 (5385)
Shah Rukh Khan dan Cakde India. Dok. IMDb
Sejauh ini SRK mempunya 3 tim dari 3 negara yang berbeda. Khan merupakan pemilik saham terbesar KKR (Kolkata Knight Riders) yang ia punyai melalui perusahaannya Red Chillies Entertaiment. Tim ini sudah memenangkan beberapa kali piala IPL (India Premier League).
Pada Juni tahun 2015, klub ini membeli klub lainnya di Caribbean Premier League bernama Trinidad and Tobago Red Steel yang kemudian dinamai Trinbago Knight Riders. Pada tahun 2017 Khan juga membeli salah satu club cricket di Afrika Selatan yang kemudian diberi nama Cape Town Knight Riders.
ADVERTISEMENT

Punya 5 Gelar Doktor

Khan sejauh ini punya 5 gelar doktor kehormatan yang diberikan kepadanya. Pada tahun 2009, dia memperolehnya untuk pertama kali dari Bedfordshire University di Inggris atas kontribusi terhadap seni dan kebudayaan. Tahun 2015, giliran Edinburgh University di Skotlandia yang memberikan Khan gelar sebagai pengakuan atas catatan filantropi, altruisme dan kemanusiaan yang luar biasa dan jangkauan yang global sebagai seorang aktor.
Fakta Menarik Tentang Shah Rukh Khan di Ulang Tahunnya ke-55 (5386)
Shah Rukh Khan. Dok. IMDb
Tahun 2016, Maulana Azad Nasional Urdu University memberinya gelar atas kontribusinya mempromosikan Bahasa Urdu dan kebudayaan lewat filmnya. Beberapa tahun kemudian pada 2019, Khan kembali mendapat gelar kehormatan dari University of Law di London di bidang Philantropy. Tak lama berselang, dia kembali diundang ke La Trobe University untuk kembali mendapat gelar doktor kehormatan di bidang kemanusiaan, atas kontibusinya terhadap pemberdayaan perempuan dan anak-anak kurang mampu.
ADVERTISEMENT
Khan sendiri menyelesaikan sarjananya di Hansraj College, jurusan ekonomi dan melanjutkan masternya di bidang komunikasi massa pada Kampus Jamia Millia Islamia di Delhi. Selain itu, ia juga mengambil beberapa kursus untuk belajar teater semasa kuliah. Sampai sekarang, banyak kampus terkenal yang ikut mengundang Baadshah dari Bollywood ini untuk jadi pembicara tamu bagi mahasiswa mereka.

Jadi Aktor untuk Keluar dari Kemiskinan

Khan dalam sebuah pidatonya di hadapan mahasiswa di Yale University, menceritakan tentang perjalanannya mencapai sukses. Ayahnya Meer Muhammad Khan meninggal saat dia masih muda, karena menderita kanker namun keluarga ini tidak punya banyak uang untuk biaya pengobatan. Beberapa tahun kemudian sang ibu juga meninggal karena komplikasi diabetes, mereka kala itu juga tidak ada biaya pengobatan.
ADVERTISEMENT
Sepeninggal kedua orang tuannya, adiknya juga jatuh sakit. Shah Rukh Khan kemudian memutuskan mengejar mimpi ke Mumbai untuk menjadi aktor, agar bisa keluar dari kemiskinan. Ia menerima semua peran yang ditolak oleh aktor lain dan berjanji melakukannya lebih baik. Tak heran kemudian di awal karir ia sering memainkan tokoh jahat dibandingkan peran baik.
Fakta Menarik Tentang Shah Rukh Khan di Ulang Tahunnya ke-55 (5387)
Shah Rukh Khan dalam film My Name is Khan. Dok. IMDb
“Banyak orang yang tidak percaya bahwa seorang bocah yang lahir di Delhi dan tidak punya koneksi di Bollywood bisa bertahan di sana. Namun, Ibu selalu percaya bahkan saat saya pulang malam dari berlatih di teater di tahun-tahun terakhirnya, Ia selalu terjaga untuk membuat kopi dan doa ibu selalu manjur,” Kisah Khan pada suatu kesempatan.
“Sekarang saya terkenal, namun dua orang yang paling ingin saya buat bangga sudah tidak ada. Buat kalian yang masih punya orang tua, dan seberapa cerewetnya mereka, dengarlah karena saat mereka tiada kalian tidak akan bisa mendengarkannya lagi walau sangat ingin seperti saya.” tambahnya lagi.
ADVERTISEMENT

Sedekah dalam Diam

Shah Rukh Khan hampir selalu dikritik karena jarang menyumbang. Namun kemudian ia diketahui melakukan sedekah namun tidak pernah mempublikasikannya. Sumbangan ini akhirnya diketahui setelah yang menerima berterima kasih dengan menyertakan namanya di media sosial mereka. Pada sebuah wawancara, Shah Rukh Khan mengatakan kalau menyumbang dengan niat publikasi atau dengan niat kebanggan bukan sedekah namanya.
“Saya mengikuti Al-Quran yang mengatakan kalau memberi sedekah karena ada alasan itu bukan sedekah. Saya memang tidak begitu religius tetapi saya orang Islam, Saya percaya dengan yang diajarkan oleh Islam dan saya percaya ini agama yang baik dan mengajarkan disiplin yang baik,” katanya saat ditanya tentang sumbangan pada wawancara dengan The Guardian.
ADVERTISEMENT
Khan sendiri mempunyai beberapa NGO seperti Make a Wish Fondation untuk anak anak kurang mampu dan yatim piatu. Ia juga mendukung pengobatan gratis kanker bagi yang kurang mampu dan membuka ruang khusus kanker di salah satu rumah sakit di Mumbai, dan memberikan nama almarhum ibunya. Bahkan honornya setelah melakukan wawancara atau menjadi pembawa acara di televisi selalu disumbangkan ke beberapa lembaga kemanusian.
Fakta Menarik Tentang Shah Rukh Khan di Ulang Tahunnya ke-55 (5388)
Shah Rukh Khan dalam Kuch Kuch Hota Hai (1998). Dok. IMDb
NGO lainnya adalah Meer Fondation yang memberikan dukungan untuk perempuan korban siraman air keras di India, mulai dari perawatan, operasi, rehabilitasi hingga dukungan lainnya seperti training. Organisasi ini diberi nama ayahnya. Banyak sumbangan lainnya yang dilakukannya. Tak heran, King Khan mendapat beberapa penghargaan atas kontribusinya ini.
ADVERTISEMENT
Tahun 2020 ini, Shah Rukh Khan mengumumkan sedikit sumbangannya untuk pencegahan COVID-19 di India, setelah terus dikritik tidak pernah menyumbang dan diserang melalui media sosial.

Brands SRK

Shah Rukh Khan mempunyai banyak sekali produk iklan. Media menyebutnya Brands SKR. Tidak hanya di India, tapi juga di luar negeri seperti Dubai, Moroko dan beberapa negara lainnya. Pada sebuah wawancara, Khan mengatakan bahwa ia mengumpulkan uang lewat iklan bukan film. Sering kali saat menerima tawaran film, Khan lebih memilih naskah yang ia sukai tanpa pikir panjang terkadang bahkan tanpa memikirkan bayaran.
Sekarang ini SRK tercatat sebagai salah satu aktor terkaya di dunia dengan nilai kekayaan sampai 600 juta dolar. Namun ia tetap ingat, bahwa saat pertama kali ia berakting hanya dibayar 50 rupee atau 11 ribu rupiah. Menjual tiket untuk filmnya sendiri, bahkan meminjam properti syuting untuk jas pernikahannya.
ADVERTISEMENT
“Sukses itu tidak didapatkan dari keturunan, karena sukses tidak dapat diwarisi. Harus ada kerja keras di sana,” kata Shah Rukh Khan.
Selamat ulang tahun King Khan the Baadshah of Bollywood. []