Foto: Melihat Jalan Tol Pertama di Aceh yang Akan Diresmikan di Tengah COVID-19

Konten Media Partner
14 Juni 2020 20:54 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Uji coba pelintasan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di seksi 4, ruas Indrapuri-Blang Bintang, Minggu (14/6). Foto: Suparta/acehkini
zoom-in-whitePerbesar
Uji coba pelintasan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di seksi 4, ruas Indrapuri-Blang Bintang, Minggu (14/6). Foto: Suparta/acehkini
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Provinsi Aceh akan memilik jalan tol untuk pertama kalinya. Ruas tol Aceh pertama ini menghubungkan Indrapuri dan Blang Bintang sepanjang 14 kilometer, rencananya akan diresmikan di tengah pandemi COVID-19 pada akhir Juni nanti.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari siaran pers laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 31 Mei lalu, ruas tol Indrapuri-Blang Bintang di Aceh masuk dalam empat ruas tol baru yang siap beroperasi dalam waktu dekat. Keempat tol yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) rencananya akan mulai dioperasikan pada akhir Juni 2020.
Uji coba pelintasan Tol Sibanceh di seksi 4, Indrapuri-Blang Bintang dengan menggunakan sepeda, Minggu (14/6). Foto: Suparta/acehkini
Selain ruas Indrapuri-Blang Bintang, tiga ruas tol lainnya yang akan diresmikan dalam waktu dekat, di antaranya ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, ruad Manado-Kauditan 21 kilometer, dan terakhir ruas tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi 1 dan 5 sepanjang 33 kilometer.
"Pembangunan infrastruktur terus berjalan dalam masa pandemi COVID-19. Pada Juni 2020, Insya Allah, bisa diresmikan ruas Banda Aceh-Sigli seksi 4 sepanjang 14 kilometer. Sekarang sedang uji laik fungsi sebagai syarat pengoperasiannya," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam keterangan pers virtual usai rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo, Jumat (29/5/2020) lalu.
Uji coba pelintasan Tol Sibanceh di seksi 4, Indrapuri-Blang Bintang dengan menggunakan sepeda, Minggu (14/6). Foto: Suparta/acehkini
Ia menyebut, dengan rampungnya seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang akan meningkatkan konektivitas dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya dari Sigli-Indrapuri ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar.
ADVERTISEMENT
Dalam keterangannya, Menteri Basuki menyampaikan total investasi untuk pembangunan ruas tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) dengan total panjang 74 kilometer sebanyak enam seksi ini adalah sebesar Rp 12,35 triliun dengan biaya konstruksi sebesar Rp 8,99 triliun.
Rombongan Forkopimda Aceh melakukan uji coba pelintasan Tol Sibanceh di seksi 4, Indrapuri-Blang Bintang, Sabtu (13/6). Foto: Rozi Pamella untuk acehkini
Ruas tol Indrapuri-Blang Bintang merupakan seksi 4 dari tol Banda Aceh-Sigli, yang jadi bagian dari Tol Trans Sumatera yang dibangun BUMN sektor konstruksi, PT Hutama Karya (Persero). Presiden Jokowi dan sejumlah menteri telah meninjau pembangunan jalan tol Aceh ruas Banda Aceh-Sigli di seksi 4 tersebut pada Jumat (21/2) lalu.
Lihat video saat Jokowi bersama sejumlah menteri meninjau pembangunan jalan tol pertama di Aceh.
Pembangunan jalan tol pertama di provinsi paling barat di Indonesia diawali groundbreaking yang dilakukan Presiden Jokowi pada 14 Desember 2018 lalu. Pengerjaan ruas tol Sibanceh ini tak terpengaruhi wabah virus corona. Para pekerja terus memacu progres pembangunan tol pertama di Serambi Mekkah seperti biasa, meski di tengah pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Berikut foto-foto ruas tol Indrapuri-Blang Bintang yang direkam pada Minggu (14/6), rencananya akan diresmikan pada akhir Juni 2020.
Gerbang tol Banda Aceh-Sigli di seksi 4, ruas Indrapuri-Blang Bintang. Foto: Suparta/acehkini
Uji coba pelintasan tol ruas Indrapuri-Blang Bintang dengan menggunakan sepeda, Minggu (14/6). Foto: Suparta/acehkini
Uji coba pelintasan tol ruas Indrapuri-Blang Bintang dengan menggunakan sepeda, Minggu (14/6). Foto: Suparta/acehkini
Gerbang tol ruas Indrapuri-Blang Bintang yang direncanakan akan dioperasikan mulai akhir Juni 2020. Foto: Suparta/acehkini
Uji coba pelintasan ruas tol Indrapuri-Blang Bintang, Minggu (14/6). Foto: Suparta/acehkini
Dua anjing saat melintas di ruas tol Indrapuri-Blang Bintang, Minggu (14/6). Foto: Suparta/acehkini
Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2020 dari Pemerintah Aceh. (adv)