kumparan
24 Juli 2019 11:36

Gajah Suci Lahirkan Bayi Kedua di CRU Aceh Barat

Gajah Suci1.jpeg
Gajah Suci dan anaknya yang baru lahir. Dok. BKSDA Aceh
Kabar gembira bagi pecinta hewan langka. Telah lahir seekor anak gajah di Convervation Respon Unit (CRU) Alue Kuyun, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (24 /7/2019) sekitar pukul 07.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo, menginformasikan bayi gajah itu lahir dari Rahim gajah jinak bernama Suci (30 tahun), penghuni CRU Alue Kuyun. “Bayi gajah berjenis kelamin betina, dengan panjang sampai pangkal ekor 100 sentimeter, tinggi 90 sentimeter dan berat sekitar 70 kilogram,” kata Sapto.
Bayi gajah ini merupakan anak kedua dari Suci, yang sebelumnya pada tahun 2012 melahirkan anak pertama di CRU Ie Jeureungeh, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya. Anak pertama Suci juga berjenis kelamin betina.
Gajah Suci2.jpeg
Gajah Suci melahirkan di CRU Alue Kuyuen, Aceh Barat. Dok. BKSDA Aceh
Kelahiran gajah tersebut telah dilaporkan kepada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) di Jakarta, untuk mengarahkan pemberian nama bayi gajah.
Menurut Sapto, Gajah Suci ditangkap pada tahun 1994 dari daerah Ulee Glee, Pidie Jaya. Dia kemudian menjadi penghuni beberapa CRU di Aceh sampai sekarang. []
ADVERTISEMENT
Reporter: Adi W
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan