kumparan
search-gray
News19 Juli 2019 17:03

Gunakan Boeing 777, Garuda Sediakan Keumamah untuk Jemaah Haji Aceh

Konten Redaksi ACEHKINI
Gunakan Boeing 777, Garuda Sediakan Keumamah untuk Jemaah Haji Aceh (68554)
Calon jemaah haji asal Kabupaten Pidie yang masuk kloter pertama sebelum turun dari bus setiba di Asrama Haji Banda Aceh, Jumat (19/7). Foto: Husaini/acehkini
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menggunakan pesawat Boeing 777 untuk melayani pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji embarkasi Aceh (BTJ) tahun 1440 Hijriah/2019. Selain itu, untuk memberikan kenyamanan lebih kepada jemaah haji asal Aceh, Garuda Indonesia juga menyediakan menu khas cita rasa asli Aceh dalam penerbangannya.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut disampaikan Sales and Service Manager PT. Garuda Indonesia di Aceh, Widya Kurniawan Putra, dalam konferensi pers di Media Center Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Jumat (19/7). Dalam konferensi pers ini turut dihadiri Ketua PPIH Embarkasi Aceh Daud Pakeh selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh dan Yunalis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Banda Aceh.
"Garuda Indonesia akan menggunakan pesawat Boeing 777 300 ER dengan kapasitas 393 seat untuk melayani penerbangan jemaah haji embarkasi Aceh tahun ini," ujar Widya.
Ia menyebutkan, Boeing 777-300ER tersebut merupakan pesawat terbaru dan tercanggih yang dimiliki Garuda Indonesia saat ini. Pesawat jenis ini biasanya dioperasikan untuk penerbangan internasional untuk rute-rute jarak jauh.
Gunakan Boeing 777, Garuda Sediakan Keumamah untuk Jemaah Haji Aceh (68555)
Calon jemaah haji kloter pertama embarkasi Aceh saat masih di dalam bus setiba di Asrama Haji Banda Aceh. Foto: Husaini/acehkini
"Alhamdulillah persiapan tahun ini seperti maintenance sudah mendatangkan 3 ahli ke Banda Aceh. Begitu juga untuk ground handling, kami juga sudah mempersiapkan tim," sebutnya.
ADVERTISEMENT
Dari segi katering, Widya menyebutkan, Garuda Indonesia dengan anak perusahaan Aerofood ACS sebagai penyedia katering sudah melakukan kerja sama dengan CV. Aqsa Pro untuk menyediakan menu khas Aceh bagi para jemaah haji.
"Kami menghadirkan cita rasa asli Aceh dalam penerbangan tersebut sehingga jemaah haji bisa nyaman di dalam pesawat. Salah satunya ikan keumamah (ikan kayu khas Aceh)," ujar Widya.
Lebih lanjut, Widya menambahkan, pada tahun ini pihaknya juga menyediakan 10 bus khusus yang akan membawa para jemaah haji dari Asrama Haji Banda Aceh ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang.
Gunakan Boeing 777, Garuda Sediakan Keumamah untuk Jemaah Haji Aceh (68556)
Petugas haji embarkasi Aceh melayani calon jemaah haji kloter pertama setiba di Asrama Haji Banda Aceh, Jumat (19/7). Foto: Husaini/acehkini
Dari 10 bus yang disediakan tersebut, 4 bus di antaranya memiliki fasilitas toilet di dalamnya. "Mudah-mudahan ini semakin memberikan kenyamanan bagi para jemaah haji lagi pada tahun ini," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya diberitakan, 393 calon jemaah haji (CJH) kloter pertama embarkasi Aceh pada pukul 10.30 WIB tadi sudah masuk ke asrama haji di Banda Aceh. Kloter pertama ini akan terbang ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda pada Sabtu (20/7) besok pukul 13.35 WIB. Mereka akan mendarat di Jeddah dan kemudian langsung menuju Makkah.
Pesawat Boeing 777 300 ER milik Garuda Indonesia tersebut akan melayani jemaah calon haji embarkasi Aceh pada tahun 1440 Hijriah/2019 yang berjumlah 4.682 jemaah, terdiri dari 4.622 jemaah dan 60 petugas kloter. Para jemaah itu terbagi dalam 12 kloter.
Reporter: Husaini
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white