News
·
12 November 2020 15:42

Hari Kesehatan Nasional: 10 Penyakit yang Paling Banyak Diderita Warga Aceh

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Hari Kesehatan Nasional: 10 Penyakit yang Paling Banyak Diderita Warga Aceh (310138)
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan. Foto: rawpixel via Pixabay
Penanggalan 12 November setiap tahun di Indonesia diperingati Hari Kesehatan Nasional. Termasuk saat ini, ketika pandemi corona belum berakhir dan orang yang tertular masih bertambah saban hari. Namun, di luar angka kejangkitan COVID-19, ada 10 penyakit yang paling banyak diderita warga Aceh.
ADVERTISEMENT
Menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Aceh Dalam Angka 2020, setidaknya terdapat deretan penyakit terbanyak di Aceh selama tahun 2019.
1. Common Cold
Common Cold diderita 13.713 jiwa di Aceh. Common cold adalah penyakit batuk pilek yang terjadi akibat infeksi virus yang menyerang bagian tenggorokan dan hidung.
2. Dispepsia
Dispepsia dialami sedikitnya 7.785 orang Aceh. Dispepsia adalah jenis penyakit gangguan pencernaan yang menyebabkan ketidaknyamanan pada perut bagian atas. Penderita biasanya akan merasakan sensasi seperti terbakar, kembung, dan mual.
3. Asma
Di Aceh, penyakit asma menjangkiti 6.163 jiwa. Asma adalah penyakit gangguan pernapasan yang kemungkinan bertahan bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup pada penderitanya.
4. Hipertensi
ADVERTISEMENT
Penyakit tekanan darah tinggi ini diderita 4.811 jiwa. Hipertensi seringkali tidak menunjukkan gejala pada penderitanya. Namun, seiring waktu jika tidak diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke.
5. Diare
Sedikitnya 3.406 orang Aceh menderita diare pada tahun 2019. Penderita diare akan mengalami peningkatan buang air besar dan lebih encer dibandingkan sebelumnya. Diare biasanya disebabkan oleh virus, keracunan makanan, atau penyakit lain seperti radang usus.
6. Diabetes Melitus
Penyakit diabetes melitus dialami 3.245 orang di Aceh. Penyakit yang sering disebut kencing manis ini akibat penderita terlalu banyak kadar gula dalam darah (glukosa darah tinggi). Umumnya penyakit ini terjadi dalam beberapa fase, misalnya pradiabetes, diabetes tipe 1, dan diabetes tipe 2.
Hari Kesehatan Nasional: 10 Penyakit yang Paling Banyak Diderita Warga Aceh (310139)
Ilustrasi Diabetes. Foto: Thinkstock
7. Gastritis
ADVERTISEMENT
Gastritis atau penyakit maag diderita 2.900 orang Aceh. Penyakit dengan sebutan tukak lambung ini akan menyebabkan peradangan lapisan dalam perut penderitanya.
8. Dermatitis
Dermatitis atau radang kulit setidaknya menjangkiti 1.223 warga Aceh. Penyakit ini disebabkan bakteri, jamur, atau alergi yang membuat kulit ruam dan terasa gatal.
9. Hipotensi
Hipotensi atau tekanan darah rendah dialami 1.145 orang Aceh. Penyakit ini dapat menyebabkan penderita pingsan atau pusing karena otak tidak menerima darah dalam jumlah yang cukup.
10. Cepalgia
Cepalgia atau sakit kepala diderita 994 jiwa di Aceh. Saat mengalami cepalgia, penderita akan merasakan nyeri di bagian kepala, mulai dari ringan hingga berat dan diiringi gejala lain. Penyakit ini biasanya terjadi oleh hal-hal di luar penyakit, seperti kurang tidur dan stres.
ADVERTISEMENT