kumparan
14 Oktober 2019 17:33

Panna Meena Ka Kund, Sumur Tangga Misterius di Jaipur, India

WhatsApp Image 2019-10-05 at 16.44.51.jpeg
Sumur tangga di Jaipur, India. Foto: Khiththati/acehkini
Berkunjung ke Kota Jaipur, Negara Bagian Rajasthan, India, tak lengkap bila tidak menjelajahi sudut-sudut kota yang menyimpan banyak peninggalan bersejarah. Di antara banyaknya bangunan kuno di sana, terdapat sebuah sumur tangga yang jarang dijelajahi para turis, bernama Panna Meena Ka Hund.
ADVERTISEMENT
Letaknya di area perkampungan, tak jauh dari Amer Fort, sebuah benteng dengan istana indah di sana. Sumur punya daya tarik karena tampilan tangga simetris yang unik.
Seperti kebanyakan sumur kuno lainnya, tangga dari atas berakhir pada bidang datar sebelum bertemu air. Fungsinya juga sama dengan sumur kebanyakan, menyimpan air sebanyak-banyaknya guna mengatasi kekeringan yang kerap melanda Jaipur dulunya.
WhatsApp Image 2019-10-05 at 16.44.46 (1).jpeg
Sumur kuno yang terjaga hingga kini. Foto: Khiththati/acehkini
Selain sumber air, Kund juga merupakan pusat komunitas masyarakat yang tinggal di sekitar area pedesaan ini. mereka berkumpul, bertukar pikiran sambil duduk berjejer di atas tangga yang bersusun dengan kaki dibiarkan menggantung.
Meskipun kini tidak lagi digunakan sebagai tempat pengambilan air, namun saat musim hujan tiba, anak laki-laki akan berlomba melompat ke sana ke mari sambil bersenang senang.
ADVERTISEMENT
Panna Meena Ka Kund merupakan satu-satunya sumur tangga yang masih terawat dengan baik di wilayah Amer, Kota Jaipur. Walaupun minim ukiran, namun tempat ini cantik, dengan tangga zig-zag pada 3 sisinya membentuk relung, berpola saling melengkapi.
WhatsApp Image 2019-10-05 at 16.44.47.jpeg
Pola tangga di sumur. Foto: Khiththati/acehkini
Ada empat paviliun kecil atau chahatris di setiap sisinya yang berbentuk bujur sangkar. Paviliun berbentuk segi delapan dengan satu kubah kecil di tengahnya.
Tidak ada catatan resmi tentang proses pembuatan sumur dan sejarahnya. Saat acehkini berkunjung ke sana, akhir Agustus 2019 lalu, banyak orang berpura-pura sebagai pemandu wisata dan mengarang cerita.
WhatsApp Image 2019-10-05 at 16.44.49.jpeg
Keberadaannya misterius, tidak diketahui kapan dibangun. Foto: Khiththati/acehkini
Namun menurut legenda turun temurun, dipercaya pada masa pemerintahan Maharaja Jai Singh ada seorang kasim bernama Panna Mina yang bertugas di istana Amber Fort. Dia lah yang berperan dalam pembangunan sumur. Cerita lain yang juga populer, tempat ini dibangun oleh orang-orang suku Meenas yang merupakan penduduk Amer sebelum Rajput berkuasa pada abad ke-11 masehi.
ADVERTISEMENT
Faktanya, tidak mungkin sumur ini dibangun pada abad ke-11, karena konstruksinya sendiri dipercayai merupakan ciri bangunan abad ke-16. Hanya ada sedikit pengkajian yang dilakukan terhadap sumur ini. Asal muasalnya masih misterius.
WhatsApp Image 2019-10-05 at 16.44.53.jpeg
Bangunan tidak terlalu mencolok dari luar. Foto: Khiththati/acehkini
Salah satu keunikan lain dari Panna Meena Ka Kund, adalah kesederhanaannya. Tidak mencolok dari luar. Sumur memang dirancang lengkap, tidak hanya sebagai sumber air namun juga area bersantai.
Berkunjung kemari membuat wisatawan dapat membayangkan bagaimana gaya hidup masyarakat India berabad-abad silam.
Penggunaan sumur tangga mulai ditinggalkan saat Inggris menjajah India. Mereka merasa bahwa kondisi air sumur tidak bersih, tempatnya mengerikan.
Saat itulah pompa dan pipa mulai dipasang. Bahkan penggunaan sumur seperti ini di beberapa tempat terlarang. Ditinggalkan dan akhirnya tertimbun tanah.
WhatsApp Image 2019-10-05 at 16.44.51 (1).jpeg
Terletak tak jauh dari Amer Fort. Foto: Khiththati/acehkini
Walaupun begitu, Panna Meena ini masih terjaga dan tetap terawat, kendati lama tak digunakan. Di Jaipur, sumur ini bukan tempat wisata populer, tapi ada saja wisatawan yang melihat kemegahannya.
ADVERTISEMENT
Maklum saja, karena lokasi sumur berdekatan dengan objek wisata andalan lainnya di Amer, Kota Jaipur. Misalnya Kuil Ambikeshwar Mahadev, Anokhi Cafe dan Museum, serta beberapa toko pembuatan oleh-oleh khas Rajasthan.
WhatsApp Image 2019-10-05 at 16.47.58.jpeg
Pengunjung sumur tangga kuno. Foto: Khiththati/acehkini
Sehari sebelum acehkini berkunjung, Kamis (22/8) lalu, bintang film Bollywood, Salman Khan dan Sonakshi Sinha baru saja menyelesaikan syuting Film 'Dabbang 3' yang akan segera rilis dalam waktu dekat.
Lokasi sumur buka sepanjang hari dari terbit matahari hingga terbenam. Biaya masuknya gratis. Area ini tidak ada pagar pembatas sehingga para turis boleh mengambil foto dengan bebas, walaupun ada beberapa penjaga yang mengingatkan untuk tidak turun ke sumur.
Panna Meena sempurna dijadikan tempat untuk berhenti sejenak dan memainkan kamera. Berbeda dan unik. Kontras dengan keindahan alam sekitar dengan arsitektur menawan. Dari sini, Benteng Amer atau Amer Fort terlihat berdiri megah dan cantik. []
WhatsApp Image 2019-10-05 at 16.47.59.jpeg
Amer Fort atau benteng Amer dengan istana yang cantik tak jauh dari sumur tangga. Foto: Khiththati/acehkini
WhatsApp Image 2019-10-05 at 16.58.37.jpeg
Tangga di bagian sumur. Foto: Khiththati/acehkini
WhatsApp Image 2019-10-05 at 16.44.48 (1).jpeg
Bangunan berkubah di samping sumur. Foto: Khiththati/acehkini
WhatsApp Image 2019-10-05 at 16.44.48.jpeg
Bagian atas sumur tangga. Foto: Khiththati/acehkini
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan