kumparan
9 Okt 2019 20:05 WIB

Pecinta Fotografi Aceh Ditantang Ikut Kutaraja Street Hunting 2019

Kawasan Peunayong, Banda Aceh, lokasi Kutaraja Street Hunting 2019. Dok. Ahmad Ariska
Anda fotografer atau hobi motret, ditantang untuk mengikuti Kutaraja Street Hunting 2019, digelar di kawasan Peunayong, Banda Aceh, pada Minggu (13/10).
ADVERTISEMENT
Ketua Panitia, Fachrul Razi, mengatakan selain lomba foto bertema ‘Peunayong dalam Keberagaman’, juga dimeriahkan dengan karnaval budaya yang menampilkan tari barongsai, tari seudati dan tari guel. Kegiatan ini difasilitasi oleh komunitas fotografer.net, didukung oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Aceh, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh dan sejumlah lembaga lainnya. “Digelar serentak di 45 kota di Indonesia dan luar negeri,” katanya, Rabu (9/10).
Menurutnya, pemilihan Peunayong sebagai tempat hunting bukan tak beralasan. Sesuai dengan tema lomba foto, Peunayong selama ini dikenal sebagai Gampong (desa) Keberagaman di Banda Aceh. Wilayah itu dihuni oleh ragam etnis dan agama.
Selain itu, Peunayong juga kota tua yang telah ada sejak masa kesultanan Aceh. “Jadi objeknya sangat menarik untuk dipotret,” kata Fachrul.
Kutaraja Street Hunting 2019
Rute hunting telah ditetapkan, di antaranya pasar ikan, pasar daging, pasar sayur, pasar pagi Peunayong, serta pertokoan di wilayah padat penduduk itu. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menarik minat wisatawan berkunjung ke Banda Aceh, setelah melihat publikasi karya para fotografer nantinya
ADVERTISEMENT
Sesuai data yang masuk ke panitia, sampai saat ini sebanyak 95 pecinta fotografi telah mendaftar untuk ikut serta dalam agenda tersebut. []
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan