Food & Travel
·
20 Oktober 2020 17:07

Pengusaha Wisata: KMP ‘Aceh Hebat 2’ akan Naikkan Minat Wisatawan ke Sabang

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Pengusaha Wisata: KMP ‘Aceh Hebat 2’ akan Naikkan Minat Wisatawan ke Sabang  (89558)
KMP Aceh Hebat 2. Foto: Dishub Aceh
Pelaku jasa pariwisata di Kota Sabang, Aceh, optimis pariwisata Sabang akan menggeliat dengan kehadiran Kapal Motor Penyeberangan (KMP) ‘Aceh Hebat 2’ milik pemerintah Aceh. Kapal feri tersebut akan memperlancar transportasi dari Pelabuhan Ulee Lhee (Banda Aceh) ke Pelabuhan Balohan (Sabang), yang sebelumnya kerap terkendala karena keterbatasan kapasitas kapal.
ADVERTISEMENT
"Kapal Aceh Hebat 2 itu kapal besar, walau dalam situasi cuaca ekstrem tetap dapat berjalan sehingga transportasi bisa lancar," kata Irwan Mahdi, Direktur Travel Gading Wisata, Kota Sabang, Selasa (20/10/2020).
Menurutnya, pihak pelaku usaha wisata di Sabang sangat senang karena kekhawatiran pendatang tertinggal di pelabuhan sudah teratasi. Kendala yang selama ini kerap terjadi, seperti kehadiran wisatawan dari Medan misalnya, mobil mereka harus ditinggal di pelabuhan.
"Nantinya tidak perlu khawatir lagi, kendaraan bisa diangkut tanpa harus ditinggal lagi. Kunjungan wisatawan bisa meningkat. Secara umum kami pelaku wisata sangat senang. Terima kasih kepada Pemerintah Aceh untuk pengadaan Kapal Aceh Hebat 2 ini," kata Irwan Mahdi.
Pengusaha Wisata: KMP ‘Aceh Hebat 2’ akan Naikkan Minat Wisatawan ke Sabang  (89559)
Irwan Mahdi, Direktur Travel Gading Wisata, Kota Sabang
Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan Aceh telah memesan tiga unit kapal masing-masin KMP Aceh Hebat 1 yang mengambil rute Aceh Barat - Simeulue, KMP Aceh Hebat 2 dengan rute Pelabuhan Ulee Lhee - Balohan Sabang. Kedua kapal tersebut sudah selesai, dan akan segera melayani penumpang.
ADVERTISEMENT
Sementara KMP Aceh Hebat 3 yang direncanakan melayani pelayaran dari Aceh Singkil ke Pulau Banyak, tinggal menunggu selesai dan diturunkan ke air dalam waktu dekat ini.
Dinas Perhubungan Aceh memperkirakan ketiga kapal penumpang antar pulau tersebut sudah berada di perairan Aceh untuk berlayar pada Januari 2021 mendatang. [*]