kumparan
2 Maret 2019 10:30

Rumah Shah Rukh Khan, Lokasi Wisata untuk Para Penggemar

Bagian depan rumah Shah Rukh Khan, lokasi favorit para penggemar menunggu sang bintang Bollywood. Foto: Khiththati/acehkini
Hampir semua orang di Mumbai, India tahu detail rumah bintang Bollywood, Shah Rukh Khan. Para penggemar kerap melepas rindu berswafoto di sana, beruntung jika Sang Aktor memberi sapaan.
ADVERTISEMENT
“Siapa tidak tahu Mannat, rumah Shah Rukh Khan. Kalian tinggal bilang sama pengemudi taksi atau auto (sejenis bajaj), mereka akan mengantar ke tujuan,” papar Salim, warga Mumbai, India kepada acehkini.
Fans (penggemar) biasa datang buat melihat dan berfoto di depan rumahnya, di sini rumah itu menjadi tempat wisata,” sambung Avinash yang duduk tak jauh dari Salim.
Kata Salim, sang bintang Bollywood itu ramah dan baik. Temannya dulu pernah bekerja di sana sebagai pembantu penata rambut. “Kawan saya bercerita, kalau ia (Shah Rukh Khan) akan menyapa semua orang sebelum mulai syuting. Kalau ada yang membuat kesalahan, juga tidak cepat marah,” kisahnya.
Mannat Land Ends, begitu Raja Bollywood itu memberi nama kediamannya. Berhadapan langsung dengan Laut Arab, membuat tempat ini indah kala matahari tenggelam. Setiap harinya, ada ratusan pengemar mengantre demi mengabadikan foto di gerbang utama rumahnya.
Pantai dan pedagang di depan rumah Shah Rukh Khan. Foto: Khiththati/acehkini
Shah Rukh Khan atau biasa dipanggil SRK, membeli rumah ini pada tahun 2011 untuk hadiah kepada istrinya tercinta, Gauri Khan. Beralamat di Land’s End, Bandstand, Byramji Jeejeebhoy Road, Bandra (West), Mumbai – 400050. Kini, bangunan di ujung jalan itu menjadi properti termahal ketiga di Hindustan.
ADVERTISEMENT
Awalnya Villa Vienna ini akan diberi nama ‘Jannat’. Namun kemudian SRK berubah pikiran, dan menamakannya ‘Mannat’ yang berati Bersumpah untuk Tuhan.
Seorang penggemar berpose di papan nama rumah Shah Rukh Khan. Foto: Khiththati/acehkini
Lokasi ini menjadi tempat wisata para fans. Terkadang SRK akan keluar untuk menyapa para penggemar atau sekadar melambaikan tangan dari kaca jendela mobilnya. Ribuan pengemar bahkan berkumpul saat ia berulang tahun pada setiap tanggal 2 November dan perayaan lainnya seperti Idul Fitri dan Idul Adha untuk memberikan sang bintang ucapan selamat.
Di luar waktu itu, ratusan penggemar setiap hari datang untuk sekadar berdiri di luar rumah sang aktor. Tepat di samping rumahnya ada sebuah halte pemberhentian bus, Nomor 211 yang mempermudah para pengemar berkunjung.
Setiap harinya, ada ratusan pengunjung berdatangan ke sana. Foto: Khiththtati/acehkini
Ujung jalan rumahnya membentuk U-turn dengan taman di tengahnya, berposisi tepat di gerbang utama rumah. Di taman banyak pedagang kaki lima berjualan keliling, mulai dari teh, minuman ringan hingga kue lainnya. Pengunjung juga bisa beristirahat di bawah pohon rindang sambil menunggu sang Idola lewat. Hiruk pikuk ini tak pernah berhenti sampai malam.
ADVERTISEMENT
“Dekho... Dekho, Shah Rukh Sir, Wapass aya hai ( lihat itu Shah Rukh Sir lewat),” beberapa pedagang berteriak menunjuk sebuah mobil mewah berwarna putih. “Shah Rukh Khan," teriak orang-orang yang berkerumun, mobil terus melaju.
“Yang benar?” tanya saya. “Iya, biasanya kalau tidak sedang buru-buru ia akan membuka jendela dan menyapa,” kata seorang pedagang.
Matahari sering terik di sana, tapi tak menyurutkan para pengemar antre untuk berfoto di papan nama Mannat. Sebagian dari mereka juga ada yang menitipkan surat di pos jaga di sampingya. “Shah Rukh Sir, akan membacanya jika mempunyai waktu, ia suka membaca surat dari fans,” ungkap penjaga yang menerima surat.
Pagar rumah Shah Rukh Khan. Foto: Khiththati/acehkini
Mannat tidak tampak mewah jika dilihat dari luar, catnya tidak menawan. Bunga bougenville berwarna ungu dan putih ditanam di beberapa sudut pagar yang tinggi. Rumah ini merupakan bangunan bersejarah di Kota, pemerintah menetapkan aturan dan Khan tidak diperbolehkan memodifikasi bagian luar kediamanannya.
ADVERTISEMENT
Beberapa perumahan di Lands End sudah mempunyai usia yang cukup lama. Tahun 1640 Portugis membangun benteng di kawasan ini yang diberi nama Bandra Fort untuk memantau lalu lintas kapal di sekitar Laut Arab. sebelum kemudian dibangun lagi oleh seorang pengusaha Byramjee Jeejeebhoy pada tahun 1850.
“Di luar memang kelihatannya ya begitu saja, tapi di dalamnya lebih mewah dari hotel berbintang tujuh,” ungkap Kumar tersenyum.
Dari depan, rumahnya tak tampak mewah. Pemerintah India memasukkan rumahnya sebagai bangunan bersejarah yang tak bisa direnovasi bagian luarnya. Foto: Khiththati/acehkini
Kumar adalah bagian dari tim penjaga rumah Shah Rukh Khan. Ia sedang duduk sebentar di sekitar taman sambil memantau lalu lintas. Ia baru beberapa bulan bekerja di rumah King Khan. Sebelumnya ia sudah berkerja di rumah pesohor lainnya termasuk Prety Zinta.
“Kadang penggemar suka di sini sampai malam, kalau yang nakal bisanya sampai memanjat pintu pagar, tapi Shah Rukh Sir meminta kami tidak berlaku kasar sama mereka,” tutur Kumar.
ADVERTISEMENT
Kumar bercerita, kalau bosnya ramah dengan semua pekerja. “Kadang kalau cepat pulang ia akan menanya kabar kami, bahkan si bungsu Abram diperbolehkan bermain sama siapa saja, dengan koki maupun kami di sini,” jelasnya.
“Biasanya setelah pulang kerja, SRK suka bermain bersama Abram karena Aryan dan Suhana hanya pulang saat libur sekolah,” sambung Kumar.
Aryan dan Suhana adalah anak tertua Khan, Mereka berdua melanjutkan pendidikan di luar negeri karena Khan ingin anaknya lebih mandiri. Menurut Kumar, selain Shah Rukh Khan, Gauri, dan anaknya, Kakak sang aktor juga tinggal di situ.
SRK sangat cinta rumahnya. Pada sebuah wawancara sang aktor pernah berkata walaupun nantinya ia bangkrut dan harus menjual segalanya, tapi ia tidak akan menjual Mannat.
Lokasi pantai di depan rumah Shah Rukh Khan, menghadap laut. Foto: Khiththati/acehkini
Rumah berlantai enam itu lengkap dengan kantor, perpustakaan, ruang utama yang megah, dapur, gym, area bermain untuk anak-anak, ruang hiburan, dan kolam renang. Interiornya yang bergaya neo classic dirancang khusus oleh istrinya Gauri.
ADVERTISEMENT
SRK menyimpan banyak karya seni di rumahnya maka tak heran survei menempatkan kediaman sang aktor masuk sepuluh daftar rumah impian di seluruh dunia. Karena area Khan juga sesekali mengadakan pesta di sini.
Pengemar Shah Rukh Khan boleh melewati tempat ini jika berwisata di Mumbai dan mengabadikan foto. Sorenya bisa menikmati pesona matahari tenggelam di Laut Bandra. Tertarik ke sana?
Reporter: Khiththati (India)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan