News
·
26 Maret 2020 11:00

Video: Pawai dan Doa Keliling Kampung, Ritual Mengusir Wabah Corona di Aceh

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Video
Berbagai cara dilakukan warga untuk mencegah dan mengusir wabah Virus Corona, salah satunya dengan zikir dan berdoa sambil keliling kampung. Ini menjadi salah satu ritual turun-temurun di Aceh, dipraktikkan sejak lama.
ADVERTISEMENT
Menjaga ritual pengusir wabah tersebut, seratusan warga Desa Keude Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, melakukan pawai keliling kampung sembari melafalkan doa-doa untuk mengusir marabahaya, seperti virus corona atau COVID-19. Pawai itu dilaksanakan selama tujuh malam berturut-turut.
Imum Meunasah Desa Keude Ulee Gle, Teungku Yusri, mengatakan pawai telah dilakukan sejak Sabtu (21/3/2020) lalu, direncanakan selama 7 malam berturut-turut. Mereka mulai berarak keliling jalanan kampung usai pelaksanaan salat Isya berjamaah di masjid. Sepanjang jalan, mereka melafalkan ayat Al-Quran.
Video: Pawai dan Doa Keliling Kampung, Ritual Mengusir Wabah Corona di Aceh (101159)
Ritual pengusir wabah. Dok. Tgk Yusri
Dia mengakui, ritual tersebut tidak dapat dilaksanakan sampai 7 malam dan ditamatkan malam ketiga atau pada Senin (23/3) malam. “Karena cuaca tidak mendukung,” katanya kepada acehkini, Rabu (25/3/2020).
ADVERTISEMENT
"Kegiatan ini untuk memohon kepada Allah agar menjauhkan segala wabah penyakit menular atau yang sedang marak sekarang virus corona," tutupnya.
Penasaran dengan ritual tersebut, lihat video kami di atas. []