• 1

USER STORY

Omzet Tidak Juga Bertambah? Perhatikan Cara Jualan Online Anda

Omzet Tidak Juga Bertambah? Perhatikan Cara Jualan Online Anda


Berjualan online merupakan salah satu tren bisnis yang terus berkembang beberapa tahun belakangan ini. Tetapi terkadang omzet berlimpah seperti yang diinginkan dalam menjalankan bisnis online masih harus terganjal masalah cara jualan online. Padahal cara Anda berjualan online sangat menentukan hasil dari bisnis jual beli yang Anda jalankan. Salah satunya tentu omzet sekaligus kesuksesan jual beli online Anda. Apakah Anda menyadari bahwa omzet dari bisnis yang Anda jalankan masih belum juga memberi hasil yang memuaskan? Jika hal tersebut terjadi, mungkin 1 dari 6 kesalahan berjualan online di bawah ini masih sering Anda lakukan.
Mengunggah Foto Produk yang Tidak Jelas
Hal terpenting dalam berjualan online merupakan foto produk yang Anda jual. Mengingat dalam proses jual beli online Anda tidak bisa bertatap muka dengan calon pembeli, sehingga pembeli memang hanya mengandalkan foto sekaligus harga produk yang mereka lihat dari situs toko online Anda. Terkadang di dalam mengunggah foto produk, seorang pemilik toko online cenderung asal sehingga produknya justru terkesan tidak menarik di mata pelanggan.
Pada dasarnya untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas dan mampu memikat penggemar. Hal yang perlu diperhatikan adalah resolusi foto, paling tidak ukurannya benar-benar sesuai dengan tempat yang Anda gunakan memajang foto tersebut. Kemudian pastikan juga bahwa foto produk Anda terlihat dengan jelas dan tidak blur. Berikan judul beserta deskripsi yang mengandung kata kunci untuk lebih memudahkan pembeli menemukannya. Meskipun mungkin produknya sama, usahakan untuk tidak asal mengcopy foto yang dipajang oleh online shop lain. Untuk yang terakhir, usahakan mengambil gambar atau foto produk dari berbagai sisi yang bisa menggambarkan model sekaligus bentuk asli dari produk yang Anda jual.
Deskripsi Produk Tidak Lengkap
Sebagaimana dijelaskan di atas, deskripsi merupakan faktor pendukung dari foto produk Anda. Bukan hanya harus mengandung kata kunci, deskripsi produk tersebut juga harus benar-benar detail sehingga calon pembeli dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan. Misalnya seperti ukuran baju, harga, stok yang tersedia, bahan dan masih banyak lagi. Ini juga akan membuat calon pembeli merasa bahwa toko online Anda benar-benar terpercaya.
Pembeli Menerima Barang yang Tidak Sesuai Foto Produk
Kepercayaan pembeli merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan bidang jual beli, terlebih lagi dalam jual beli online. Selama ini ada tidak sedikit toko online yang justru gagal dalam mendapatkan kepercayaan pembelinya. Mulai dari keterlambatan waktu sampai, kesalahan alamat sampai dengan pengiriman produk yang tidak sama seperti apa yang dilihat oleh pelanggan pada foto produk di toko online Anda.
Status Stok Produk Tidak Pernah Diperbarui
Tidak hanya keterangan produk seperti ukuran, bahan, warna dan sejenisnya yang perlu ditulis secara lengkap. Namun, dalam keterangan produk juga perlu dilengkapi dengan status ketersediaan atau stok produk secara jelas. Selain itu, status ketersediaan produk tersebut juga perlu diperbarui secara berkala. Pastinya Anda tidak ingin mengecewakan pembeli hanya karena saat mereka memesan ternyata produk sudah habis tetapi di keterangan produk masih ada stok bukan?
Terlalu Lama Menanggapi Pembeli
Baik hanya sebatas bertanya mengenai produk yang Anda jual maupun melakukan pembelian, tentunya tanggapan Anda yang cepat dan memuaskan merupakan kunci menjadikan pembeli merasa yakin untuk membeli produk Anda. Terkadang tidak jarang calon pembeli ada yang terlalu banyak mengajukan aneka macam pertanyaan mengenai pembelian dan produk yang Anda jual sebelum memberikan kepastian akan membeli atau tidak. Usahakan untuk menanggapinya secara ramah dan cepat. Buatlah pembeli tersebut justru merasa tidak enak untuk tidak membeli produk Anda karena pelayanan terbaik yang sudah Anda berikan.
Mengabaikan Keberadaan Toko Online
Kesahalan cara jualan online yang paling parah adalah bisnis jual beli Anda tidak memiliki toko online sendiri. Mungkin Anda masih mengandalkan marketplace, Facebook, BBM atau Instagram, padahal toko online sangat membantu Anda dalam banyak hal sehubungan dengan bisnis jual beli online. Misalnya menjadi lebih profesional dan terpercaya di mata para calon pembeli. Klik disini untuk membuat toko online GRATIS Anda dan bangun sendiri Brand Anda menggunakan layanan dari WinMarket.
Dengan menggunakan layanan toko online dari Winmarket, Anda bisa memiliki toko online dengan tampilan menawan dan siap untuk jualan online.

500

Baca Lainnya