Tekno & Sains
·
19 Oktober 2017 18:47

TaniFund Jadi Pemenang Kompetisi Startup Fintech Finspire 2017

Konten ini diproduksi oleh kumparan
TaniFund Jadi Pemenang Kompetisi Startup Fintech Finspire 2017 (571214)
Pamitra Wineka, Chairman TaniFund. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Kompetisi startup teknologi finansial (financial technology/fintech) Finspire 2017 akhirnya usai. Dari 30 peserta startup yang lolos seleksi dalam kompetisi ini, dipilihlah satu startup yang dinilai terbaik dan ditetapkan sebagai pemenang: yakni TaniFund.
ADVERTISEMENT
TaniFund sukses menyisihkan 29 peserta lainnya dengan inovasi produk yang mereka kembangkan. Inovasi itu adalah sebuah platform yang memberi pembiayaan dari pemberi pinjaman kepada para petani di Indonesia agar dapat mengembangkankan budi dayanya.
Dengan menjadi juara satu kompetisi Finspire 2017 ini, TaniFund berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 80 juta.
Direktur Utama Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro, berkata pihaknya punya alasan tersendiri menunjuk TaniFund sebagai pemenang Finspire tahun ini. Ia menilai startup itu punya komposisi tim yang lengkap, kapabilitas yang baik, punya banyak pengguna aplikasi, model bisnis yang berkelanjutan serta potensi pasar yang terbuka lebar.
"Adanya peer-to-peer lending platform atau crowd lending platform kepada petani, peternak, dan sebagainya saya pikir itu positif. Mereka juga sudah punya traction, bisnis modelnya jelas. Untuk negeri Indonesia ini sesuatu yang positif," kata Eddi di acara Finspire 2017 di Jakarta, Kamis (19/10).
ADVERTISEMENT
Salah satu pendiri sekaligus Chairman TaniFund, Pamitra Wineka, tidak dapat menutupi kebahagiaannya setelah perusahaannya berhasil menjadi yang terbaik di Finspire 2017.
Pria yang akrab disapa Eka ini sudah tidak sabar menunjukkan pencapaiannya ini kepada timnya yang berjumlah 15 orang yang sudah bekerja keras membangun startup TaniFund yang baru berumur 7 bulan sejak diluncurkan pada Maret lalu.
"Fokus berikutnya (setelah Finspire 2017) kita langsung ke pengembangan selanjutnya. Tadi kebetulan kita bertemu banyak orang berpengalaman, dengan venture capital dan startup lain, setelah diskusi dapat banyak ide menarik untuk dikembangin ke beberapa arah untuk TaniFund," ucap Eka.
TaniFund Jadi Pemenang Kompetisi Startup Fintech Finspire 2017 (571215)
TaniFund jadi juara Finspire 2017. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Sementara untuk juara kedua dan ketiga diraih oleh startup Hadiah.Me dan Ukirama. Masing-masing berhak mendapatkan Rp 50 juta untuk Hadiah.Me dan Rp 30 juta untuk Ukirama.
ADVERTISEMENT
Para pemenang Finspire 2017 ini berkesempatan mendapatkan investasi dari Mandiri Capital Indonesia (MCI) dan investor lain yang tergabung dalam jaringan Mandiri Group, termasuk peluang bergabung di Mandiri Inkubator Bisnis untuk dilatih mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi.
Selamat kepada pemenang Finspire 2017!