Tren Modifikasi Mobil Diesel Cumi-Cumi Darat

Aditya Taufiq K
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Konten dari Pengguna
1 Desember 2022 18:24 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Aditya Taufiq K tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa yang kalian pikirkan jika mendengar tren cumi-cumi darat? hewan? bukan! cumi-cumi disini diartikan sebagai julukan untuk mesin yang sudah dimodifikasi dan menghasilkan asap berwarna hitam pekat pada sebuah mobil. Tepatnya sebuah mobil yang sudah dimodifikasi oleh pemiliknya agar kendaraan menjadi lebih kencang.
Foto mobil diesel cumi-cumi yang digunakan anak muda (Kamis (29/09/2022)) Sumber: dokumen pribadi
Bukan hanya bermesin bensin, mobil bermesin diesel pun sedang ramai belakangan ini. Salah satunya yaitu jenis-jenis SUV dan MPV. Yang identik jadi mobil keluarga, mobil SUV dan MPV diesel justru saat ini jadi salah satu favorit untuk dimodifikasi salah satunya disektor performa alias mesin.
ADVERTISEMENT
Menurut penulis, mobil jenis SUV dan MPV memang sangat populer di Indonesia karena memiliki keunggulan seperti, tangguh di segala medan dan lebih efisien untuk membawa barang banyak.
Modifikasi kendaraan merupakan hal yang sudah sering dilakukan seseorang pecinta Otomotif. Abi, seorang remaja yang memodifikasi mobilnya menjadi cumi-cumi darat membagikan sedikit ceritanya saat memodifikasi mobilnya.
Abi sangat menyukai dunia otomotif, ia mengatakan bahwa peminat otomotif saat ini sering membahas istilah cumi-cumi darat. Banyak yang memodifikasi mobilnya demi mengikuti tren tersebut, sehingga mobil yang dimodifikasi bisa lebih keren dan lebih kencang.
“Mobil diesel menurutku sangat reliable ya, bisa dipakai disegala medan, perawatannya gampang, irit solar, yang paling penting tenaganya besar dan gampang dimodifikasi,” ujar Abi. Kebanyakan pengguna mobil diesel adalah anak muda, karena mereka berfikir mobil diesel merupakan mobil yang tangguh dan mudah dimodifikasi, sehingga menjadi sangat populer di kalangan anak muda.
ADVERTISEMENT
Abi menambahkan bahwa mobil bermesin diesel memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh mobil bermesin bensin, yaitu dengan memiliki torsi yang besar membuat tarikannya lebih ringan, irit bahan bakar, hingga perawatan mobil yang sangat mudah.
Ia sangat menyukai mobil bermesin diesel tersebut karena terlihat keren dan up to date. "aku mau keliatan lebih keren aja, karena kan sekarang lagi tren banget modif mobil jadi cumi-cumi darat, jadi ya sekalian aja aku ikut modifikasi mobilku juga," ujar Abi.
Abi mengatakan bahwa modifikasi mobil cumi-cumi harus mobil bermesin diesel karena dengan banyak dan pekatnya asap hitam yang dihasilkan. Itulah mobil dijuluki sebagai cumi-cumi darat.
Hal ini dapat merugikan pengendara lain dengan pekatnya asap yang dihasilkan dari mesin tersebut. Asap hitam mesin diesel mengandung banyak partikel yang tidak terbakar sempurna sehingga menghasilkan polusi udara dan berpotensi menyebabkan kanker sistem pernafasan.
ADVERTISEMENT
Modifikasi mobil menjadi cumi-cumi darat ini memang dapat memberi kepuasan tersendiri bagi pecinta otomotif yang ingin memiliki mobil dengan performa tinggi. Menurut Penulis, memikirkan kenyamanan dan keselamatan orang lain dalam berkendara juga penting karena asap yang dikeluarkan mesin diesel tersebut sangat mengganggu dan dapat memperburuk keadaan lingkungan sekitar.