Pendidikan Ekonomi Prodi dengan Prospek Kerja yang Luas Loh!

Muhammad Afif Nuriman Fauzi
Mahasiswa prodi pendidikan ekonomi universitas Pamulang
Konten dari Pengguna
2 September 2023 12:40 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Muhammad Afif Nuriman Fauzi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Pendidikan ekonomi merupakan program studi dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang bertujuan mencetak lulusan tenaga pengajar di bidang ekomomi. Pada dasarnya, mahasiswa pendidikan ekonomi belajar berbagai ilmu ekonomi serta belajar praktek mengenai belajar mengajar seperti keterampilan dasar mengajar, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, teknik dan taktik pembelajaran serta metode dan model pembelajaran.
Foto diambil dari: Penulis
Pada saat berkunjung ke Universitas Jenderal Soedirman dalam menjalankan program KKL kepala program studi Pendidikan ekonomi Unsoed bilang bahwa profil lulusan prodi pendidikan ekonomi ada 3 yaitu, pengajar profesional pada bidang ekonomi, peneliti ekonomi, dan manajer dalam bidang pendidikan ekonomi berjiwa usaha. Saya banyak mendengar bahwa mahasiswa pendidikan ekonomi nanti pada saat lulus tidak berkeinginan menjadi guru. Atas perkataan kepala prodi pendidikan ekonomi unsoed saya menyimpulkan bahwa banyak kesempatan menjadi profesi selain menjadi guru serta lulusan bisa memastikan bahwa memiliki kemampuan dalam bidang ekonomi.
ADVERTISEMENT
Pada era 4.0 bahwa sekarang mengedepankan teknologi sebagai faktor yang berpengaruh pada kehidupan manusia sekarang dengan contoh penjualan online dengan memanfaatkan marketplace sebagai pihak ketiga. Pendidikan ekonomi pastinya memiliki kurikulum yang mengikuti perkembamgan zaman seperti prodi pendidikan ekonomi Unsoed memiliki mata kuliah pilihan yaitu marketplace. Atas hal tersebut menunjukan bahwa mahasiswa pendidikan ekonomi tidak usah khawatir pada saat sudah lulus memiliki prospek kerja yang luas.
Berikut beberapa alasan harus memilih program studi pendidikan ekonomi:
1. Kesempatan kerja yang luas
Setelah lulus mahasiswa pendidikan ekonomi memiliki oppurtunity luas seperti menjadi trainer, pengamat ekonomi, menjadi karyawan diberbagai perusahaan, akuntan dan pastinya bisa membuka usaha sendiri.
2. Mata kuliah yang mengikuti perkembangan zaman
ADVERTISEMENT
Pendidikan ekonomi mempelajari berbagai macam ilmu ekonomi yang mengikuti zaman seperti belajar pemasaran online pada aplikasi marketplace yang memilki pasar yang luas, tidak terbatas serta menjangkau pasar hingga ke luar negeri.
3. Belajar berbagai ilmu ekonomi yang penting
Mempelajari berbagai ilmu ekonomi yang penting dalam kehidupan seperti, ilmu manajemen, dasar-dasar akutansi, ekonomi mikro dan makro, serta belajar esensialnya ekonomi pada saat berkihidupan yang nyata.