Tekno & Sains
·
11 Juli 2021 21:55
·
waktu baca 3 menit

Sistem Headphone Modular yang Inovatif

Konten ini diproduksi oleh Agastya Darma Laksana
Sistem Headphone Modular yang Inovatif (671240)
searchPerbesar
Dok. Penulis AIAIAI TMA-2 HD Wireless
Bingung mau beli headphone apa? Headphone TMA-2 dari AIAIAI memungkinkan Anda untuk membuat headphone anda sesuka hati. Dengan TMA-2, pabrikan asal Denmark ini menunjukkan pendekatan yang agak baru untuk desain, suara, dan kustomisasi headphone. Jika Anda bosan berkompromi dengan headphone yang sudah jadi, headphone TMA-2 dari AIAIAI sangt layak untuk anda pertimbangkan. TMA-2 dari AIAIAI merupakan headphone dengan sistem modular. Dengan kata lain, Anda dapat menyusun sendiri Headphone yang Anda inginkan dari berbagai macam komponen yang tersedia saat ini. Komponen-komponen ini tersebar di empat kelompok yang berbeda. Ada tiga jenis speaker yang berbeda, enam jenis ikat kepala, empat varian bantalan telinga, ditambah tujuh opsi kabel yang berbeda. Terlebih lagi, sistem modular yang sangat mudah untuk digunakan membuat merakit headphone dari AIAIAI ini menjadi sangat mudah.
Sistem Headphone Modular yang Inovatif (671241)
searchPerbesar
Dok. Penulis AIAIA TMA-2 HD Wireless

Kombinasi

ADVERTISEMENT
Semuanya dimulai dengan modul speaker, dengan tiga opsi yang tersedia. Masing-masing diberi karakteristik utama yang juga merupakan nama produknya. Jadi, ada Neutral (S01), Punchy (S02), Detailed Sound (S05MKII) untuk dipilih .Selain itu, tersedia juga pilihan bantalan telinga mulai dari E01 yang berlapis mikrofiber hingga E07 yang merupakan bahan dari kulit imitasi yang mewah. Pindah ke ikat kepala, Anda dapat memilih dari versi terkecil (H01) jika Anda menginginkan opsi yang ramping, atau memilih H02 jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih mirip dengan TMA-1 dan jika anda seperti saya yang suka mendengarkan Headphone dengan Bluetooth anda juga bisa memilih H05/H06.
Terakhir tapi bukan yang akhir, ada pilihan kabel yang perlu dipertimbangkan juga. Di sini juga, Anda dimanja oleh banyak sekali pilihan. Rentang ini mencakup hampir semua yang Anda perlukan untuk keadaan apa pun, mulai dari pendek dan lurus dengan mikrofon terintegrasi (C01), hingga yang panjang dengan adaptor jack mini tertutup (C03).
ADVERTISEMENT
Cara merakit headphone ini juga terbilang cukup sederhana. Cukup dorong speaker ke dalam kait ikat kepala, colokkan kabel koneksi atas dan kunci di tempatnya dengan seperempat putaran. Ini harus anda lakukan di kedua sisi. Kemudian jepit bantalan telinga yang diinginkan ke dalam empat titik penyisipan sesuai ukuran kepala anda. Setelah selesai, TMA-2 siap digunakan.

Speaker Headphone

Calon pengguna TMA-2 dapat dimanjakan dengan banyaknya komponen untuk dipilih, meskipun pemilihan yang komprehensif pasti akan menyebabkan beberapa dilema. Saat memilih elemen tersebut, fokus pertama harus pada pengeras suara ( speaker headphone ). Pada dasarnya, semua modul dilengkapi dengan driver 40mm dan memiliki resistansi sekitar 32 Ohm. Hal ini membuat TMA-2 cocok untuk digunakan dengan hampir semua perangkat seluler.
ADVERTISEMENT

Perbedaan Suara

Saat Anda mempelajari spesifikasi pada tingkat yang mendetail, karakteristik suara dari berbagai model speaker yang ada memang sangat berbeda. Di model klasik (S01) beroperasi dengan treble yang cukup menusuk, sedangkan S02 memberikan suara yang lebih memukul. Headphone ini juga merupakan pilihan ideal bagi mereka yang mencari headphone untuk DJ. Modul S03, yang diiklankan sebagai alternatif yang lebih warm, berfungsi untuk menghasilkan suara yang lebih seimbang. Namun modul yang saya pribadi gunakan adalah Modul S05. Modul ini menawarkan karateristik suara yang cenderung netral, detail frekuensi tinggi yang baik, rentang midrange yang lebih jelas, dan dinamika yang lebih baik.

Ikat Kepana, Bantalan Telinga dan Kabel

Pilihan ikat kepala, bantalan telinga, dan kabel membuat kita lebih mudah mengkustomisasi Headphone ini sesuai kebutuhan kita. Bahkan, kabel nya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda. Apakah Anda membutuhkan kabel dengan panjang tertentu? Apakah Anda memerlukan microphone pada kabel? Apakah Anda lebih suka kabel spiral daripada kabel lurus?
ADVERTISEMENT
Semua hal tadi dapat anda tentukan sendiri sesuai kebutuhan. Preferensi pribadi juga merupakan faktor penting dalam hal bantalan telinga. Anda bisa menentukan sendiri tipe headphone anda sesuai dengan kebutuhan, dan jika suatu saat nanti anda ingin mengubah headphone anda dari on ear menjadi over ear anda cukup hanya membeli sparepart bantalan telinga nya saja tidak perlu membeli keseluruhan Headphone.

Harga

Harga dari Headphone AIAIAI TMA-2 bervariasi tergantung pada konfigurasi Anda, rata rata harga dari headphone AIAIAI TMA-2 berkisar di harga $200 USD. Kombinasi high-end akan berada di sekitar $ 250 - $300 USD, sementara kombinasi termurah bisa anda dapatkan dengan harga $140, dengan driver "All-Round", ikat kepala dengan bantalan tipis, bantalan on-ear microfiber, dan kabel dasar. Dan tentu saja, Anda dapat meng-upgrade Headphone ini seiring dengan berjalannya waktu, karena semua bagian dapat dipertukarkan, di upgrade maupun di ganti.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white