Buzz
·
16 Juli 2021 14:40
·
waktu baca 3 menit

Tips Menghilangkan Bosan dengan Menyulam

Konten ini diproduksi oleh Agnesia Upany Nadenggan Siregar
Tips Menghilangkan Bosan dengan Menyulam (27697)
searchPerbesar
(Source : unsplash.com/@anniespratt)
Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Jawa dan Bali telah resmi diterapkan. Memaksa seluruh masyarakat tanpa terkecuali untuk tetap berada dan berkegiatan penuh 24 jam dirumah saja. Meski hal tersebut merupakan upaya baik yang diterapkan pemerintah guna menjaga masyarakat demi mencegah tingkat penularan virus corona yang sedang menjulang tinggi, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa menghabiskan seluruh waktu dirumah merupakan hal yang membosankan. Terutama bagi Anda yang sering berkegiatan di luar rumah.
ADVERTISEMENT
Sambil menjaga diri dan orang terdekat Anda dengan tetap di rumah, Anda dapat mencoba mencari kegiatan yang membantu Anda untuk membunuh waktu dikala merasa bosan. Banyak pilihan kegiatan yang bisa Anda lakukan seperti memasak, berolahraga, menonton film, membaca buku dan banyak lagi, yang dapat Anda disesuaikan dengan minat dan kemampuan yang Anda miliki. Namun, jika Anda adalah yang sedang mencari kegiatan yang membutuhkan ketenangan, tidak harus menghabiskan banyak menghabiskan tenaga dan tidak menggunakan banyak gerakan, tetapi tetap dapat mengalihkan Anda dari rasa bosan? Anda dapat melakukan kegiatan menyulam.
Menyulam merupakan kegiatan membuat gambar pada kain dengan menggunakan teknik menjahit. Menyulam sama dengan sebutan membordir/bordir. Namun, orang-orang lebih cenderung mengenal bordir merupakan teknik menjahit menggunakan mesin sedangkan menyulam yang menggunakan jarum dan benang dengan cara manual yaitu menggunakan tangan. Oleh karena itu, menyulam lebih leluasa untuk dikreasikan daripada membordir. Karena Anda dapat membuat banyak jenis pola atau tusukan beragam sesuai kreativitas Anda dengan jarum Anda sendiri. Inilah bagian yang mengasyikkan dari kegiatan menyulam itu sendiri.
ADVERTISEMENT
Kegiatan menyulam mungkin tampak seperti kegiatan ibu rumah tangga dan lansia. Namun, sekarang kegiatan ini sudah sah saja untuk dijadikan hobi bagi anak muda. Sebab, menyulam memiliki manfaat terapeutik yang luar biasa terutama bagi orang yang memiliki gangguan kecemasan serta stress. Selain itu, kegiatan ini baik untuk meningkatkan fungsi otak sehingga dapat membantu otak selalu bekerja dan aktif.
Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba kegiatan ini, simak beberapa tips pemula berikut yang dapat Anda gunakan sebagai panduan Anda dalam memulai kegiatan menyulam.

Pola

Tips Menghilangkan Bosan dengan Menyulam (27698)
searchPerbesar
(Source : unsplash.com/@jbecks)
Pertama-tama, Anda harus menyiapkan pola yang Anda buat terlebih dahulu. Pola menentukan tingkat kesulitan teknik tusukan yang akan Anda lakukan nantinya ketika menyulam. Selain itu, pola adalah penentu dari jenis kain dan embroidery hoop yang akan Anda gunakan. Jika Anda bingung, Anda dapat berselancar di internet untuk mencari rekomendasi pola untuk pemula beserta tusukan-tusukan yang akan digunakan nantinya. Ini akan membantu Anda dalam menyiapkan peralatan menyulam.
ADVERTISEMENT

Kain

Tips Menghilangkan Bosan dengan Menyulam (27699)
searchPerbesar
(Source : unsplash.com/@melpoole)
Kain adalah dasar dari sulaman Anda. Kain apapun sebenarnya dapat Anda pakai menjadi bahan dasar dari sulaman Anda, tetapi hasilnya pasti berbeda dari yang Anda harapkan. Apalagi jika Anda bukan salah satu yang mahir dalam menyulam. Mengutip dari Cutesy Craft, linen dan katun adalah kain terbaik untuk menyulam. Namun, Anda juga dapat mencoba bahan lain seperti linen, kanvas dan blacu jika ingin. Sebaiknya, cobalah sulaman sederhana dengan kain yang berbeda lalu tentukan yang mana bahan yang paling membuat Anda nyaman.

Benang

Tips Menghilangkan Bosan dengan Menyulam (27700)
searchPerbesar
(Source : unsplash.com/@clothandtwig)
Benang merupakan poin utama dalam sulaman karena perannya dalam memberi warna kain dengan pola-pola cantik sangatlah penting untuk diperhatikan. Gunakan benang khusus untuk menyulam dengan kualitas yang baik agar lebih mudah dalam pengerjaan sulaman dan hasilnya lebih rapi. Untuk pemilihan warna, Anda dapat sesuaikan dengan pola yang Anda pilih.
ADVERTISEMENT

Jarum

Tips Menghilangkan Bosan dengan Menyulam (27701)
searchPerbesar
(Source : unsplash.com/@amir_v_ali)
Jenis jarum sulam ada beragam. Namun, Anda dapat memilih jarum sulam Anda sesuai kebutuhan jika ada pola tertentu yang memang menganjurkan menggunakan beberapa jarum dengan ukuran berbeda. Jika Anda menginginkan rekomendasi untuk jarum sulam, Anda dapat menggunakan jarum Crewel atau Sharp yang direkomendasikan oleh Bordirpro. Menurut Bordirpro jarum dengan merk yang mereka rekomendaikan pada bagian ujung jarumnya halus, tajam dan memiliki lubang yang kecil sehingga dapat membuat hasil sulaman lebih apik.

Embroidery hoop

Tips Menghilangkan Bosan dengan Menyulam (27702)
searchPerbesar
(Source : unsplash.com/@damaiantika)
Untuk mempermudah proses menyulam, Anda akan membutuhkan embroidery hoop. Semakin besar pola yang Anda ingin sulam, maka semakin besar pula embroidery hoop yang harus Anda gunakan. Jika Anda masih bingung untuk menentukan, sebaiknya pilih ukuran sedang saat membelinya.
ADVERTISEMENT

Gunting

Tips Menghilangkan Bosan dengan Menyulam (27703)
searchPerbesar
(Source : unsplash.com/@supermojor)
Terakhir, sepele namun terkadang suka dilupakan. Siapkan gunting Anda sesuai ukuran dan fungsinya.
Bagaimana? Apakah Anda tertarik mencobanya? Jika Anda tertarik, mulai lah dengan menyiapkan bahan yang telah disebutkan dan mengikuti tips berikut. Tetap sehat, dirumah saja dan jadi pembunuh waktu dikala bosan dengan menyulam!
(Agnesia Upany Nadenggan Siregar/Politeknik Negeri Jakarta)