Upaya Pelestarian Bahasa Indonesia di Tengah Arus Modernisasi

Ahdi Firmansyah
MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG TEKNIK INFORMATIKA
Konten dari Pengguna
23 Mei 2024 13:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ahdi Firmansyah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi : https://www.freepik.com/free-photo/asian-boy-little-girls-sitting-wooden-bridge-joyful-playing-with-banana-leaves-head-smile-laughting-with-funny-together-copy-space-rural-scene-style-concept_22818969.htm#fromView=image_search_similar&page=1&position=0&uuid=6227278a-235a-4d71-92cc-0b36900e8174
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi : https://www.freepik.com/free-photo/asian-boy-little-girls-sitting-wooden-bridge-joyful-playing-with-banana-leaves-head-smile-laughting-with-funny-together-copy-space-rural-scene-style-concept_22818969.htm#fromView=image_search_similar&page=1&position=0&uuid=6227278a-235a-4d71-92cc-0b36900e8174
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bahasa Indonesia, sebagai simbol identitas bangsa dan kekayaan budaya, menghadapi tantangan besar di era modernisasi saat ini. Meskipun modernisasi membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang teknologi dan komunikasi, upaya pelestarian bahasa Indonesia tetap harus dilakukan. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian bahasa Indonesia di tengah arus modernisasi:
ADVERTISEMENT
1. Pengembangan Teknologi Berbahasa Indonesia
Dalam era digital, pengembangan teknologi berbahasa Indonesia menjadi sangat penting. Dengan mengembangkan aplikasi, perangkat lunak, dan platform digital dalam bahasa Indonesia, kita dapat memastikan bahwa bahasa ini tetap relevan dan digunakan secara luas dalam berbagai konteks modern.
2. Pendidikan Bahasa Indonesia yang Komprehensif
Pendidikan memegang peran penting dalam pelestarian bahasa. Kurikulum pendidikan harus dirancang sedemikian rupa untuk memastikan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia mencakup semua aspek, termasuk pemahaman tata bahasa, kosakata, keterampilan komunikasi, serta apresiasi terhadap kekayaan budaya di balik bahasa tersebut.
3. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Media Massa
Media massa memiliki pengaruh besar dalam membentuk pola pikir dan perilaku masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk mendorong penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam media massa, baik itu dalam bentuk cetak maupun daring, guna menjaga keaslian dan kualitas bahasa.
ADVERTISEMENT
4. Promosi Sastra dan Karya Budaya Berbahasa Indonesia
Melalui promosi sastra dan karya budaya berbahasa Indonesia, kita dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap bahasa ini. Dukungan terhadap penulis, penyair, seniman, dan budayawan berbahasa Indonesia akan mendorong terciptanya karya-karya berkualitas yang memperkaya khazanah budaya bangsa.
5. Peningkatan Kesadaran Masyarakat
Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan bahasa Indonesia juga menjadi kunci dalam upaya pelestarian ini. Melalui kampanye, acara budaya, dan kegiatan sosial lainnya, kita dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keberlangsungan bahasa Indonesia sebagai salah satu identitas bangsa.
Dengan melakukan upaya-upaya tersebut secara bersama-sama, diharapkan bahasa Indonesia dapat tetap berkembang dan tetap menjadi simbol kebanggaan bagi bangsa Indonesia di tengah arus modernisasi yang terus berlangsung.
ADVERTISEMENT