Tekno & Sains
·
13 Januari 2021 7:59

Mengenal Beberapa Software Aplikasi yang Dibutuhkan Programer

Konten ini diproduksi oleh Ahmad Syahril
Sebelum masuk dalam pembahasan apakah kalian tahu apa itu software aplikasi? Software adalah sebuah perangkat lunak dan aplikasi adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan sesuatu. Jadi, software aplikasi adalah suatu alat perangkat lunak yang digunakan untuk membuat suatu tugas atau pekerjaan yang diinginkan. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa software aplikasi yang digunakan programmer. Berikut software aplikasi yang digunakan untuk pemula atau biasanya digunakan di saat masih SMK atau perkuliahan di semester awal:
ADVERTISEMENT
 DEV C++
Dev C++ adalah software aplikasi yang mendukung program aplikasi berorientasi objek atau yang disebut sebagai OOP. DEV C++ ini diciptakan oleh Bjarne Stoustrup di AT & T Bell Laboraturies awal tahun 1980an berdasarkan C ANSI ( American National Standard Institute )(Praktikum et al., 2017). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut disebut C dengan kelas. C dengan kelas di sempurnakan pada tahun 1983-1984 dengan menambah fasilitas pembeban lebihan operator dan fungsi yang kemudian lahir yang dinamakan dengan C++. Dengan adanya symbol ++ itu menandakan operator C untuk operasi penaikan.
C++ ini diciptakan untuk mendukung program yang tidak memiliki C. Sementara merupakan bahasa pemrograman terbaik dilingkungannya. Namun, tidak memiliki kemampuan program ang berorientasi pada object. Kenapa C++ tampak suka di pelajari di sekolah-sekolah atau di perkuliahan semester awal? Mungkin, karena tidak adanya pemerikasaan tipe. contoh, dapat mencampur bilangan bulat dengan string untuk menghasilkan karakter. Namun, justru dsitu letak fleksibilitas C, dapat mengolah data C sebebas mengolah data dalam bahasa assembly.
ADVERTISEMENT
Adapun kelebihan dan kekurangan dari software aplikasi ini adalah:
 Kelebihannya:
1. Bahasa Standard-nya ANSI bisa dipakai diberbagai platform.
2. Kecepatan program jika disbanding dengan program yang sama dengan aplikasi yang lain, relative lebih cepat
3. Kode bahasa C++ dengan portabilitas dan fleksibelitas yang tinggi untuk semua komputer
4. Bahasa C++ tersedia hampir di semua jenis komputer.
5. C++ adalah bahasa yang terstruktur, dengan demikian akan lebih mendukung OOP.
 Kekurangannya:
1. Implementasi C++ dalam teknologi IT pada saat sekarang sudah sangat sedikit sekali
2. Sulitnya untuk membuat sesuatu dengan C++ sehingga kepeminatannya dalam memperdalam programming akhirnya harus kandas, kecuali dengan inisiatif sendiri mempelajari bahasa/teknologi lain
3. C++ tidak murni OOP sehingga kurang cocok untuk mengajarkan Konsep OOP karena kaidah-kaidah OOP dapat dilanggar. Dan di C++ ada konsep pointer yang sangat membingunkan, ini salah satu alasan mengapa C++ menjadi sesuatu yg paling tidak disukai.
ADVERTISEMENT
 XAMPP
XAMPP adalah sebuah perangkat lunak yang mendukung banyak sistem operasi yang dikembangkan oleh tim proyek bernama Apache Friends, yang terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) & Tim Dukungan (Support Team). Dari kata XAMPP adalah singkatan ini memiliki arti jika, X adalah sebuah symbol yang mengartikan bahwa program ini dapat dijalankan oleh banyaknya sistem operasi, A adalah sebuah kata Apache yang merupakan web server, M adalah MySql yaitu merupakan aplikasi database server,P adalah php yang dimana dimaksudkan dalam bahasa pemrograman untuk web, P adalah perl bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix.
Bagian XAMPP yang biasa digunakan adalah Htdoc, phpMyAdmin, Kontrol Panel. Htdoc merupakan folder tempat dimana kita akan menyimpan dan menjalankan file-file dari PHP, HTML dan skrip lainnya. PhpMyAdmin adalah bagian dimana kita ingin menggunakan MySql dan membuat database yang diakses melalui browser yang diketik dengan alamat khusus yaitu http://localhost/phpMyAdmin dan sebelum mengetikkan link ini di browser langkah pertama adalah menghidupkan XAMPP dengan membuka XAMPP dan menjalankan Apache dan MySql. Kontrol Panel adalah tempat dimana kita menghidupkan dan mematikan layanan XAMPP.
ADVERTISEMENT
Adapun kelebihan dan kekurangan dari software aplikasi ini adalah:
 Kelebihannya:
1. Keamanan datanya cukup aman walaupun tidak sehebat Postgre apalagi Oracle.
2. Kelebihan paling utama engine ini adalah kecepatannya.
3. Engine ini multiplatform sehingga mampu diaplikasikan di berbagai sistem operasi. My Sql cocok diaplikasikan diaplikasi kelas kecil dan menengah.
4. Kemampuannya sudah bisa diandalkan, mempunyai kapasitas yang cukup mumpuni sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record mencapai 5.000.000.000 bahkan untuk yang terbaru sudah lebih.
 Kekurangannya :
1. Tidak cocok untuk menangani data dengan jumlah yang besar baik menyimpan ataupun memproses data.
2. Memiliki keterbatasan kemampuan kinerja pada server ketika data yang disimpan telah melebihi batas maksimal kemampuan daya tampung server karena tidak menerapkan konsep Technology Cluste
ADVERTISEMENT
 Sublime Text
Sublime Text adalah aplikasi editor teks yang dgigunakan untuk berbagai macam bahasa pemrograman termasuk PHP. Sublime Text ini pertama kali di rilis pada tanggal 8 januari 2008 yang diciptakan oleh Jon Skinner beliau yang mengejar mimpi untuk membuat editor teks yang lebih baik. Sublime Text Editor merupakan editor text lintas-platform dengan Python application programming interface (API). Sublime Text Editor juga mendukung banyak bahasa pemrograman dan bahasa markup, dan fungsinya dapat ditambah dengan plugin, dan Sublime Text Editor tanpa lisensi perangkat lunak.
Setelah banyak maintance sampai akhirnya Sublime Teks ini mencapai versi ang di rilis pada tanggal 29 januari 2013. Sangat Banyak fitur yang tersedia pada Sublime Text Editor diantarnya minimap, membuka script secara side by side, bracket highlight sehingga tidak bingung mencari pasangannya, kode snippets, drag and drop direktori ke sidebar terasa mirip dengan TextMate untuk Mac OS.(Takeda et al., 2014)
ADVERTISEMENT
Adapun kelebihan dan kekurangan dari software aplikasi ini adalah:
 Kelebihannya:
1. Aplikasi yang ringan
2. Split mode
3. kemampuan untuk bisa merubah beberapa kode di baris atau kolom yang berbeda dalam waktu bersamaan (Multi Selection)
4. bisa mengakses file shortcut dari sublime text. untuk menjalankannya kalian tinggal klik di keyboard CTRL+SHIFT+P
5. Sudah mendukung banyak platform
 Kekurangannya :
1. Sublime text adalah aplikasi berbayar, jadi jika sobat semua ingin memakainya silahkan beli untuk mendukung devlopnya.
2. ada beberapa plug-in Notepad++ yang belum ada di Sublime text.
Sumber
https://www.cariinfo.id/2019/04/pengertian-xampp-fungsikomponen-serta.html
https://ilmunesia.com/mengetahui-kelebihan-dan-kekurangan-sublime-text/
Praktikum, M., Pemrograman, D., Hermanto, B., Pemrograman, T. A. D., & Dasar, L. K. (2017). Lembar penyusun.
ADVERTISEMENT
Takeda, H., Unsriana, L., Widarahesty, Y., Ayu, R., Soesilowati, E., Minister, P., Abe, S., Padjadjaran, U., Widiandari, A., Gumelar, R. G., Mukhroman, I., Rahminawati, N., Etnik, H., Ketidaksetaraan, H., Di, G., Azhar, U. Al, شكري, م. ،., Hasunuma, L., Selin, H., … Busakorn, S. (2014). UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(1), 1–13.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white