Bisnis
·
14 Januari 2021 18:05

Mudah dan Nyaman Berinvestasi, Cukup dengan Satu Aplikasi

Konten ini diproduksi oleh Aidil Akbar Madjid - Financial Planner
Belakangan ini yang juga mulai marak adalah aplikasi untuk melakukan transaksi investasi. Yang paling banyak dan mudah dilakukan adalah transaksi untuk membeli reksa dana dan produk investasi lainnya seperti obligasi.
ADVERTISEMENT
Reksa dana dan obligasi merupakan contoh beberapa produk investasi yang cukup populer bagi khalayak ramai yang dipilih demi mencapai tujuan-tujuan keuangan mereka. Produk reksa dana sendiri ada 4 macam yang terdiri dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap (berisi obligasi dan instrumen pasar uang), reksa dana campuran (berisi saham, obligasi dan instrumen pasar uang) dan reksa dana saham (berisi saham, obligasi dan instrumen pasar uang. Masing-masing reksa dana punya ciri khasnya sendiri dan investor bisa memanfaatkan reksa dana untuk mencapai tujuan keuangan disesuaikan dengan jangka waktu dan profil risiko investor.
Sebagai contoh, reksa dana pasar uang biasanya ditujukan untuk keuangan jangka pendek, yaitu di bawah satu tahun, sementara reksa dana pendapatan tetap cocok untuk jangka menengah pendek dengan tujuan keuangan antara 2 sampai 3 tahun. Sedangkan reksa dana campuran akan lebih optimal untuk investasi jangka menengah ke panjang antara 4-5 tahun, sementara reksa dana saham lebih cocok untuk investasi jangka panjang diatas 5 tahun.
ADVERTISEMENT
Selain itu ada juga obligasi yang bisa dibeli melalui aplikasi-aplikasi tersebut. Salah satu produk obligasi atau surat utang yang bisa dibeli melalui aplikasi yaitu obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam bentuk ritel. Beberapa diantaranya adalah Obligasi Negara Ritel (ORI), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Negara Ritel (SR) dan Sukuk Tabungan (ST).
Yang tidak kalah penting sebenarnya adalah kemudahan, kenyamanan dan keamanan bertransaksi dengan menggunakan aplikasi tersebut membantu investor membuat perencanaan untuk memenuhi tujuan keuangan mereka di kemudian hari.
Mudah dan Nyaman Berinvestasi, Cukup dengan Satu Aplikasi (28426)
Salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh Anda sebagai investor guna memenuhi kebutuhan keuangan dengan produk keuangan yang disebutkan diatas adalah aplikasi Welma dari BCA. Adapun fitur lengkap serta kelebihan dari aplikasi ini dibandingkan dengan yang lain bisa Anda baca dan pelajari melalui tautan berikut ini https://www.bca.co.id/welma.
ADVERTISEMENT
Terakhir yang ingin Saya ingatkan bahwa teknologi sangat bisa membantu kehidupan kita sehari-hari terutama mempermudah transaksi keuangan dan investasi kita. Tapi tetap kita harus memperhatikan faktor keamanan bertransaksi. Jangan pernah memberikan login password Anda kepada siapapun, karena hal ini bisa disalahgunakan dan ujung-ujungnya akan merugikan Anda sebagai investor.
Selamat mencoba dan selamat menikmati teknologi terbaru ini..
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white