Food & Travel
·
8 April 2018 9:04

5 Tips untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Konten ini diproduksi oleh Aidil Khairunsyah
5 Tips untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking (32853)
Cicero, Winston Churcill, John F. Kennedy, Nelson Mandela, Martin Luther King Jr., Barrack Obama, dan Soekarno, itulah sederet nama-nama tokoh besar dunia yang mempunyai satu kesamaan, mereka semua adalah public speaker atau orator handal yang dapat menggugah hati serta menggerakan jutaan orang hanya melalui pidato yang mereka sampaikan di depan publik.
ADVERTISEMENT
Public speaking atau berbicara di depan publik sangatlah penting bagi kita semua. Kemampuan berbicara di depan publik tidak hanya diperlukan bagi mereka yang ingin terjun ke dunia politik. Memiliki kemampuan yang baik dalam public speaking dapat membantu kita mendapatkan promosi jabatan di dunia kerja atau mendapatkan nilai yang bagus bagi mahasiswa yang tengah menjalani sidang skripsi.
Public speaking juga dapat merubah cara pandang atau persepsi seseorang terhadap sebuah permasalahan atau isu. Seseorang dapat mempengaruhi jutaan orang lainnya hanya melalui public speaking.
Meskipun sangat penting bagi kita semua, namun banyak orang yang menghindari atau takut untuk berbicara di depan publik. Beberapa survei dan studi yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukan sebuah fakta menarik bahwa lebih banyak orang yang takut terhadap public speaking (glossophobia) dibandingkan dengan orang yang takut terhadap kematian (necrophobia).
5 Tips untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking (32854)
(sumber: http://www.speech-topics-help.com)
ADVERTISEMENT
Untuk itu, saya akan mencoba untuk berbagi 5 tips bagaimana untuk meningkatkan kemampuan public speaking yang dirangkum dari beberapa sumber serta berdasarkan pengalaman pribadi.
1. Berpikir positif dan percaya diri
Seringkali seseorang sebelum berbicara di depan publik dihantui dengan berbagai pikiran negatif, seperti takut akan membuat kesalahan, bagaimana anggapan publik, atau takut akan dicemooh. Buang jauh-jauh pikiran negatif tersebut dan mulailah berpikir positif. Pikiran negatif hanya akan membuat Anda terlihat gugup, sedangkan publik lebih menyukai orang yang percaya diri.
Mulailah berpikir positif sebelum Anda berbicara di depan publik. Gunakan kata-kata postif dalam pikiran Anda. Kekuatan pikiran atau mind power sangatlah luar biasa. Ingatlah bahwa pikiran positif akan menghasilkan gerakan dan kata-kata positif serta percaya diri, sedangkan pikiran negatif hanya akan menghasilkan hal-hal yang negatif pula.
ADVERTISEMENT
Seperti apa yang pernah dikatakan oleh seorang Bruce Lee “As you think, so shall you become” yang artinya Kau akan menjadi apa yang Kau pikirkan.
5 Tips untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking (32855)
2. Perhatikan penampilan dan bahasa tubuh
5 Tips untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking (32856)
6 Trik Bahasa Tubuh (Foto: Pixabay)
Publik lebih menyukai dan lebih memperhatikan orang yang berpenampilan rapi. Untuk tampil rapi tidak perlu dengan pakaian dan aksesoris mahal. Cukup dengan sedikit pengetahuan mengenai mix & match, Anda dapat berpenampilan rapi dan menarik dengan memanfaatkan pakaian dan aksesoris yang tersimpan di lemari pakaian Anda. Penampilan lusuh hanya akan membuat publik mengalihkan perhatian, meskipun isi dari pidato Anda sangat luar biasa bagus.
Bahasa tubuh juga sangatlah penting dalam menunjang penampilan. Perlu diingat bahwa 90% dari proses komunikasi adalah komunikasi non-verbal. Publik akan menilai bagaimana ekspresi muka Anda, bagaimana Anda berdiri, bagaimana Anda bergerak dan bahkan bagaimana Anda menggerakan tangan. Buatlah diri anda senyaman mungkin ketika berbicara di depan publik.
ADVERTISEMENT
Menarik nafas dalam-dalam sangat membantu untuk membuat tubuh anda rileks. Sebuah senyuman hangat dari Anda juga dapat membantu mencairkan suasana tegang antara Anda dan publik.
3. Berinteraksi dengan Peserta
5 Tips untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking (32857)
Ilustrasi presentasi (Foto: Pixabay/ robinsonk26)
Interaksi antara Anda dan peserta sangatlah penting ketika Anda melakukan public speaking. Interaksi dengan peserta dengan baik dan tidak berlebihan akan menciptakan suasana yang nyaman. Selain itu, berinteraksi dengan peserta juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian.
Melemparkan gurauan (joke) ringan, menanyakan kabar, serta melemparkan pertanyaan atau menanyakan pendapat ke peserta merupakan beberapa cara untuk berinteraksi. Mencoba menceritakan pengalaman pribadi juga merupakan salah satu cara untuk berinteraksi. Dengan menceritakan sedikit pengalaman pribadi atau kejadian sehari-hari yang menarik dan lucu akan membuat audiens lebih mengenal Anda.
ADVERTISEMENT
4. Make it Simple
Segala sesuatu yang simple akan lebih mudah untuk ditangkap dan dimengerti oleh publik. Buatlah sebuah konsep pidato yang sederhana dan hindari penggunaan kata-kata yang tidak lazim didengar. Selain itu, jangan membuat pidato Anda terlalu panjang. Peserta akan merasa bosan dengan pidato yang terlalu panjang, meskipun isi pidato anda sesungguhnya menarik.
Awali pidato Anda dengan pembukaan yang menarik, anekdot dan lelucon ringan dapat menjadi awal yang bagus dari pidato Anda. Selanjutnya akhiri pidato Anda dengan kesimpulan dari apa saja yang telah Anda sampaikan dan ditutup dengan pernyataan yang akan diingat oleh peserta Anda.
5. Practice, practice, practice
Berlatih dan terus berlatih. Ya, tips terakhir ini adalah tips paling klise, namun terus berlatih merupakan cara paling jitu untuk meningkatkan kemampuan dalam public speaking. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan public speaking Anda. Mulai dari berlatih di depan cermin sampai dengan merekam video Anda berpidato dan menontonnya kembali untuk melihat kekurangan, dapat Anda lakukan.
ADVERTISEMENT
Sekian sedikit tips dari Saya untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam public speaking. Janganlah takut untuk berbicara di depan publik, karena hal tersebut akan membawa manfaat untuk Anda, baik dalam berkarir maupun dalam kehidupan sosial.
5 Tips untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking (32858)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white