Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.88.1
Konten dari Pengguna
Kreatif! Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Permainan Board Game Matematika
8 Februari 2023 6:02 WIB
Tulisan dari Aji Sulaeman tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Mahasiswa KKN TIM I UNDIP Desa Gumawang, Kecamatan Pecalungan, Batang membuat permainan “Boardgame Matematika Membangun Toko Permen” sebagai metode pembelajaran matematika untuk anak-anak Sekolah Dasar di Desa Gumawang pada hari Sabtu (21/01/2023).
ADVERTISEMENT
Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari . Namun tak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan siswa menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit dipahami dan banyak yang tidak menyukainya.
Mengingat pentingnya mata pelajaran matematika, maka perlu dilakukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dan minat belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode bermain sambil belajar, karena para siswa atau anak-anak akan lebih menyukai permainan dibandingkan dengan langsung diberikan materi dan soal.
Aji Sulaeman salah satu mahasiswa Matematika Undip yang sedang melakukan KKN di Desa Gumawang membuat media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yaitu berupa permainan “Boardgame Matematika Membangun Toko Permen”. Permainan ini termasuk dalam kategori permainan papan yang sejenis dengan permainan monopoli, ludo, ular tangga dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Dalam satu set permainan Boardgame Matematika Membangun Toko Permen ini terdapat papan permianan, kartu soal, sticker permen, daftar harga permen, kertas petunjuk, koin, pion, dadu, dan buku panduan.
Permainan Boardgame Matematika Membangun Toko Permen merupakan permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-5 orang siswa dan satu orang sebagai penjual permen yang bertugas menjual permen, memberikan koin, mencocokan setiap jawaban dengan kunci jawaban dan sebagai pengawas.
Menariknya, permainan ini dibuat oleh mahasiswa dengan konsep dan desain yang unik. Pada papan permaian terdapat 100 kotak, yang terdiri dari kotak pertanyaan, kotak permen dan kotak kosong. Pertanyaan berisi materi pelajaran matematika kelas 4, 5 dan 6 SD.
Pembelajaran matematika dengan media Permainan Boardgame Matematika Membangun Toko Permen ini dipandu oleh Aji, yang diikuti secara antusias oleh siswa-siswi kelas 4, 5 dan 6 SDN Gumawang 01, SDN Gumawang 02 dan SDN Gumawang 03
ADVERTISEMENT
Kegiatan diawali dengan membagi siswa ke dalam kelompok. Selanjutnya, mahasiswa KKN menjelaskan cara bermain dan peraturan permainan. Permainan dimulai dengan melakukan hompimpa untuk menentukan urutan kelompok melempar dadu dan setiap kelompok diberikan modal koin senilai 25 koin. Apabila pion berhenti di kotak pertanyaan, pemain akan diberikan kartu soal untuk dijawab dan apabila pion berhenti di kotak permen, pemain dapat membeli permen dengan koin yang telah didapat.
Untuk mendapatkan koin yaitu dengan menjawab pertanyaan dari kartu soal. Pada kartu soal terdapat nilai koin yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kesulitan soal. Koin dibutuhkan untuk membeli permen, terdapat macam-macam bentuk permen dengan harga berbeda-beda yang dapat dilihat di daftar harga permen.
Permainan dikatakan selesai apabila masing-masing kelompok mencapai kotak ke-100 dan pemenang permainan dilihat dari kelompok yang mendapatkan permen dengan nilai koin paling banyak.
Dengan adanya media pembelajaran seperti ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan konsep pembelajaran yang menyenangkan. Terlihat dari respon siswa-siwi SDN Gumawang 01 yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang disajikan melalui permaianan.
ADVERTISEMENT
Setelah pelaksanaan program selesai, permainan diserahkan kepada pihak sekolah untuk dijadikan media pendukung pembelajaran di kelas. Mahasiswa berharap dengan adanya media pembelajaran ini dapat membantu guru di sekolah dalam mengajar dan siswa menjadi lebih semangat lagi dalam belajar. Selain itu, media Permainan Boardgame Matematika Membangun Toko Permen bisa dikembangkan dalam mata pelajaran lain dan disesuaikan dengan kebutuhan.