kumparan
17 Mei 2019 17:21 WIB

Ngabuburit: Hantu 'Ghost At School' yang Bikin Masa Kecilmu Seram!

Ghost at School - beredar aja gitu di Google gambarnya.
Lebih dari satu dekade lalu, jam-jam menjelang hingga usai buka puasa adalah waktu yang krusial. Semua anak kecil seumuran gue pasti melakukan hal yang sama: protektif sama TV karena kartunnya lagi bagus-bagus.
ADVERTISEMENT
Salah satu anime yang paling berkesan buat gue mungkin, Ghost at School. Selain OST-nya yang easy listening (dan enggak nyambung sama cerita filmnya), ceritanya yang seram-seram adiktif juga susah hilang dari ingatan.
Mumpung semua setan lagi dibelenggu saat bulan puasa, yuk nostalgia sama hantu-hantu di Ghost at School yang menemani ngabuburit kamu waktu kecil!
Video
Sebelum mulai, yuk nyanyiin dulu OST-nya bareng-bareng. Sudah? Oke kalau sudah, langsung saja cekidot!
Hantu Tisu Toilet
Ini hantu ga bau apa ya, idupnya di dalem WC
Berhubung gue hidup di negara yang ceboknya pakai air, jadi Aka Manto alias Ao Hanten ini enggak terlalu seram. Hantu berbentuk tisu toilet ini diceritakan akan muncul di WC cewek dan nanya, "Mau tisu merah atau biru?"
Kalau kamu milih tisu merah, kamu akan dibunuh dengan sadis hingga bersimbah darah. Tapi kalau kamu pilih tisu biru, kamu akan dicekik hingga membiru karena kehabisan napas.
Kalo lo jawab "tisu kuning" lo bakal diseret masuk kek gini. Ini lucu anw...
Ngeri? Enggak juga sih. Karena kalau gue ditanya, "Mau tisu biru atau merah?", ya pasti gue jawabnya "No, thanks", kan ceboknya pakai air.
ADVERTISEMENT
Hanako
Hantu paling ga jelas apa tujuannya gentayangan.
Hantu kecil ini sebenarnya merupakan urban legend yang muncul di banyak film. Di mana Hanako berada? Yup, lagi-lagi di toilet perempuan. Kenapa sih semua hantu munculnya di WC cewek? Apakah ini diskriminasi? Di mana letak emansipasi?
Hanako digambarkan sebagai cewek berambut pendek dengan rok merah dan baju putih ala seragam SD. Biasanya dia akan muncul di bilik nomor tiga. Percaya atau enggak, gara-gara itu gue tiap masuk WC umum selalu ngitung biliknya dan enggak mau masuk ke bilik nomor tiga. Sampai sekarang...
Hanako ini termasuk hantu yang tidak berbahaya, dan kayaknya cuma pengin eksis aja. Konon, doi jadi hantu karena waktu sekolahnya terkena bom di Perang Dunia II, doi lagi ada di WC. Mati deh. Episode Hanako ini enggak serem.
ADVERTISEMENT
The Piano Ghost
Beethoven lagi cosplay jadi ondel-ondel kesetrum ya gini.
Hantu ini diceritakan berwujud komposer Ludwig van Beethoven. Kenapa bisa komposer Jerman jadi hantu di sebuah sekolahan di Jepang? Ya, itu adalah misteri yang belum terpecahkan sampai sekarang.
Hantu ini mengutuk piano di gedung sekolah tua di film ini. Target utamanya adalah semua orang yang memainkan lagu 'Für Elise' dengan piano ini. Tahu lagu ini kan? Yang suka ada di kotak musik dulu (sekarang juga sih).
Setelah memainkan lagu ini, hantu Beethoven akan mengikutimu dengan pianonya. Aneh? Iya, memang. Pokoknya, kalau kamu sampai dengar lagu 'Für Elise' ini empat kali, kamu akan mati. Gue yang percaya jadi takut kalau buka kotak musik. Takut mati karena jjj berkali-kali.
ADVERTISEMENT
Datto
Datto ini ganteng anw, hantu paling kakkoi lah.
Ini adalah hantu favorit gue di serial Ghost at School. Datto ini sebenarnya baik, doi waktu hidup adalah atlet lari yang mati tertabrak mobil waktu latihan. Sejak saat itu, doi gentayangan di semua festival olahraga dan akan menyerang kaki pelari cepat yang tiba di garis finis pada pukul 4.44 PM.
Dikisahkan, hantu Datto ini sempat jadi pelatih lari Keiichirou. Tapi, begitu lomba tiba, Datto tetap saja menargetkan kaki Keiichirou buat dipotekin (ya kan itu tujuan dia jadi hantu).
Tapi, hantu pun bisa kena pergulatan batin hebat. Jelang garis finis, Datto batal ngebabat kaki Keiichirou dan malah hilang aja gitu ke langit. Arwahnya berhenti gentayangan. Sumpah, enggak jelas, tapi waktu itu gue terharu sih.
ADVERTISEMENT
Utsushimi
Ilustrasi yang lebih baik, silakan liat cermin masing-masing.
Ini adalah hantu yang bikin gue jadi takut ngaca. Iya, takut ngaca karena hantu ya, bukan karena khawatir kacanya retak liat muka gue.
Kalau enggak salah, dia akan menarik tubuh seseorang masuk ke dalam cermin waktu orang itu bercermin dan mikir, "Gila ya muka gue buluk abis". Setelah narik tubuh lo ke dalam cermin, Utsushimi akan menggantikan eksistensi lo di dunia dengan replika yang mengenakan kacamata tapi enggak ada refleksinya.
Ambisi hantu ini adalah mengganti semua manusia di muka bumi dengan replika buatannya, entah apa tujuannya. Tapi ambisi aneh ini berhasil digagalkan waktu doi disegel sama Satsuki dengan cara meletakkan cermin di depan dia. Jadi cermin-ception.
Headless Biker
"Woy kalo nyetir pake mata!", eh ga taunya ga punya kepala.
INI SEREM BANGET! Gue inget kalau ini episode paling seram yang bikin gue enggak bisa tidur berhari-hari. Jadi si Headless Biker ini adalah seorang anggota geng motor yang kecelakaan masuk ke urug-urugan (?) dan kepalanya ilang waktu dievakuasi.
ADVERTISEMENT
Sejak saat itu, tiap hari kematiannya, dia bakal sweeping napak tilas jalan yang dia lalui. Selain nostalgia, doi juga bakal memenggal segala sesuatu yang bentuknya kayak kepala. Kesel dia kayaknya.
Seinget gue, hantu ini bisa disegel dengan menawarkan kepala baru. Tapi di akhir episode, Satsuki gagal menyegel hantu ini karena terlalu kuat, terus episode ini ending-nya ngegantung, kampret. Yang jelas, doi enggak bisa menyerang siapapun yang lehernya ga keliatan, jadi beruntunglah kalian yang punya triple chin.
Lord Ohma
Susah untuk kudeskripsikan...
Ini adalah hantu final, alias bos hantu yang munculnya paling akhir. Lord Ohma ini adalah dewa jahat yang punya kekuatan mengendalikan hantu lain, termasuk yang sudah disegel. Doi dendam banget sama nyokapnya Satsuki yang waktu idup hobby-nya nyegel-nyegelin hantu kayak Roy Kimochi.
ADVERTISEMENT
Oh iya, jadi Lord Ohma ini juga bisa 'mencuci otak' pikiran hantu-hantu baik biar jadi jahat. Ya, lo bayangin aja, misalnya dijahatin sama toilet WC. Gimana sih resenya.
Cara menghentikan Lord Ohma adalah dengan menyegelnya di dalam lonceng besar dengan bantuan pendeta tingkat tinggi. Tersegelnya Lord Ohma menjadi akhir dari serial ini.
Nah, episode apa yang kalian paling inget dan paling suka dari Ghost at School?
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan