Bola & Sports
·
21 Juli 2021 18:06

Mengapresiasi Parkir Bus

Konten ini diproduksi oleh Akhmad Diva
Mengapresiasi Parkir Bus (32713)
searchPerbesar
Ilustrasi pemain sepak bola. (Foto: Pexels.com)
Ketika kita mendengar nama Jose Mourinho, kita akan mengingat taktik parkir bus yang identik dengannya. Taktik yang dibenci oleh beberapa penggemar sepak bola karena dianggap merusak keindahan sepak bola.
ADVERTISEMENT
Parkir bus merupakan taktik dalam sepak bola yang menumpuk hampir semua pemain di pertahanan sehingga menyulitkan tim lawan dalam mencetak gol.
Taktik parkir bus yang mengedepankan pertahanan tersebut, sering dianggap sebagai taktik yang merusak keindahan sepak bola dan mengandalkan skill individu pemain, sehingga pelatih yang menerapkan taktik parkir bus sering dianggap pelatih yang “miskin taktik”.
Parkir bus sendiri bukan berarti hanya menumpuk pemain dipertahanan dan mengandalkan skill individu, tetapi dibutuhkan juga strategi yang kompleks dalam bertahan maupun menyerang.
Pada pertandingan semi final Liga Champions leg kedua Inter Milan melawan Barcelona dapat dijadikan contoh sempurna, bagaimana strategi parkir bus digunakan dengan sangat baik.
Pada pertandingan itu Jose Mourinho sangat mengedepankan aspek perthananan dalam taktiknya. Inter harus fokus menutup ruang yang bisa dieksploitasi, menjaga aliran bola, dan menutup pergerakan dari Lionel Messi.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya pertahanan, Mourinho juga merancang strategi menyerang dengan sangat bagus. Inter menempatkan bola dibelakang garis pertahanan Barcelona yang tinggi, dimana Diego milito yang mendapat bola akan melebar, sehingga pergerakannya tersebut dapat membuka ruang ditengah yang kemudian dapat dieksploitasi oleh rekan-rekannya.
Jadi, parkir bus bukan hanya menumpuk pemain, tapi dibutuhkan juga strategi yang kompleks untuk menyerang dan mengkordinasikan pemain belakang agar tetap rapat dan tidak kecolongan.
Walaupun tidak enak ditonton, parkir bus sendiri tetap menjadi pilihan beberapa pelatih mengingat di era sepak bola modern ini yang dilihat hanya kemenangan bukan bermain indah.