Jangan Takut Gagal! Catat 3 Tips Sukses Berwirausaha bagi Pemula

Alexis Yesica NS
Mahasiswi Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang
Konten dari Pengguna
16 Oktober 2023 20:05 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Alexis Yesica NS tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Kebanyakan pemula gagal berwirausaha karena tergesa-gesa memulai tanpa tahu untuk apa dan bagaimana memulai bisnis.
Ilustrasi tangga kesuksesan karir wirausaha (Pixabay/Mohamed_hassan)
Belakangan kesempatan untuk memulai bisnis memang semakin terbuka. Selain fleksibel, potensi keuntungan yang menjanjikan jadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin memulai karir sebagai wirausaha.
ADVERTISEMENT
Namun tetap saja, kebanyakan orang justru sering terjebak dalam fase banyak berpikir sebelum mencoba karena takut gagal. Penting bagi kamu untuk menerapkan beberapa hal berikut ketika memutuskan untuk berwirausaha, jangan sampai salah langkah!
1. Pikirkan Kembali dengan ‘Mengapa?’
Yaps, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempertanyakan diri sendiri. Pikirkan ulang alasan kamu ingin memulai bisnis, apakah untuk memenuhi keinginan pribadi atau memang ide yang kamu miliki cukup potensial untuk dikembangkan sebagai bisnis.
Melansir Business News Daily, CEO Awake Consulting and Coaching Glenn Gutek mengungkap, “bisnis harus berjalan sesuai kebutuhan pasar yang sudah dilakukan.”
2. Apabila Sudah Yakin, Tentukan Goals yang Ingin Kamu Capai dengan Business Plan
Kalau sudah yakin ide usahamu dapat bersaing dalam pasar bisnis, jangan pernah skip pembuatan business plan. Ibaratnya ini adalah juru kunci bagi wirausaha untuk menentukan langkah strategis.
ADVERTISEMENT
Kebanyakan pemula gagal karena tergesa-gesa memulai bisnis tanpa memikirkan pencapaian kedepan. Termasuk menjawab pertanyaan business plan tentang goals bisnis dalam lima tahun kedepan, bagaimana cara menemukan pangsa pasar yang diharapkan, dan rencana biaya untuk bisnis.
3. Jadilah Berani dengan Tetap Melangkah Maju
Perlu dipahami bahwa tidak semua bisnis dapat berjalan tanpa hambatan meski telah menyiapkan berbagai rencana untuk mencapai tujuan. Sadari bahwa hal ini adalah hal lumrah bagi seorang wirausaha, cobalah untuk beradaptasi dan fokus melangkah maju.
Kamu harus lebih fokus menghabiskan waktu untuk membangun ide bisnis ketimbang melakukan hal yang tidak penting. Pikirkan untuk bergabung dalam komunitas bisnis dan belajar dari mereka yang telah sukses berwirausaha. Ini baik untuk pemula yang baru aktif membangun bisnis.
ADVERTISEMENT
Penting bagi seorang enterpreneur untuk memiliki mindset belajar dan melangkah maju. Memutuskan untuk berwirausaha memang bukan sebuah langkah mudah, namun bukan mustahil untuk dilakukan. Berhenti terjebak dalam pikiran dan mulailah untuk menentukan langkah!
Sumber:
https://www.businessnewsdaily.com/4686-how-to-start-a-business.html