Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.89.0
Konten dari Pengguna
Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Proses Pembelajaran
23 September 2023 17:46 WIB
Tulisan dari Alfian Nurmadani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Dalam perkembangan Abad 21 ini di bidang pendidikan mengalami banyak sekali inovasi dan peningkatan yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan dari peserta didik yang merupakan generasi yang dibutuhkan untuk memajukan negeri karena apabil generasinya tidak memiliki pemahaman dan pendidikan yang baik maka negara akan mengalami kemunduran atau bahkan perpecahan.
ADVERTISEMENT
Namun disetiap generasinya tentunya terdapat berbagai ciri khas yang biasa semakin lama minat belajar mereka semakin menurun. Maka dari itu perlu adanya inovasi, salah satunya dengan menggunakan sebuah inovasi yang disebut dengan Augmented Reality atau dikenal dengan singkatan AR.
Apa sih Augmented Reality itu ? yaitu merupakan teknologi yang mampu menampilkan objek dari dunia maya ke dunia nyata menggunakan sebuah aplikasi atau perangkat yang dapat mendukung untuk menvisualisasi menjadi 3 dimensi. Teknologi ini juga termasuk baru dan masih terbatas dalam penggunaanya yang sekedar sebagai hiburan.
Apabila ini dikembangkan lebih lanjut terutama di bidang pendidikan tentunya biasa meningkatkan minat belajar dari peserta didik dan dapat memajukan pembelajaran dengan memadukan inovasi dari teknologi yang berkembang serta dapat mengatasi objek yang harus digunakan untuk pembelajaran.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah pembelajaran sejarah yang dibutuhkan objek sejarah yang diteliti apabila membeli atau ketempat asal tentunya membutuhkan biaya yang mahal oleh karena itu dengan adanya Augment Reality maka dapat mempermudah dalam sebuah penelitian atau praktik untuk memenuhi penugasan yang dibutuhkan.
Setiap penggunaan teknologi tentunya terdapat kekurangan dan Teknologi Augmented Reality (AR) tidak lepas dari hal tersebut. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi minat belajar dari peserta didik dan proses pembelakjaran. Apalagi ini termasuk teknologi baru yang jelas belum optimal dan masih terbatas dalam penggunaanya. Serta tidak semua perangkat mendukung untuk menjalankan teknologi ini terutama yang memiliki kamera.
Maka dari itu agar potensi besar dari teknologi ini dapat dimanfaatkan dengan baik maka perlu adanya peningkatan dan peran dari berbagai pihak terutama dari pemerintah, bidang pendidikan dan bahkan masyarakat seperti menyediakan perangkat yang mendukung serta berbagai fasilitas yang pendukung lainnya.
ADVERTISEMENT
Sumber :
Kamina., K, A, Kasiman., M, W, A, & Pradnyana., G, A. (2019). Pengembangan Augment Reality Book Sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android. KARMAPATI: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 8 (2). 165-171
Mustaqim., I, & Kurniawan Nanang. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augment Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1 (1). 36-48