Konsep Komunikasi Online dalam Kehidupan Bersosial

Mahasiswa Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Konten dari Pengguna
19 Januari 2021 14:35
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Alfira Nurfitriana tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Komunikasi berasal dari Bahasa Latin communis yang berarti ‘sama’. Communico, communication atau communicare yang berarti membuat sama (make to common). Secara definisinya komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak kepada pihak lain.
ADVERTISEMENT
Komunikasi adalah suatu proses interaksi sosial ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Seiring berkembangnya zaman, cara berkomunikasi semakin maju dan meningkat. Teknologi dan komunikasi seakan akan berkembang secara bersmaaan. Sehingga teknologi sangat mempengaruhi proses komunikasi. Teknologi sebagai alat pendukung untuk berkomunikasi. Pada era 4.0 ini kita sudah bisa menikmati kemudahan berkomunikasi. Salah satu contohnya adalah komunikasi online atau daring. Penggunaan komunikasi berbasis online sangat dibutuhkan saat ini.
Apa artinya istilah ‘daring’ dalam konsep komunikasi? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KBBI Kemendikbud) kata ‘daring’ berasal dari kata ‘dalam jaringan’ maksudnya adalah segala sesuatu yang terhubung dengan jaringan, termasuk komunikasi. Komunikasi online atau daring ini adalah komunikasi yang terhubung dengan jaringan. Komunikasi yang dilakukan lewat dunia mayauntuk menyampaikan maksud tertentu dan terhubung dengan jaringan internet. Jenis komunikasi online atau daring ini juga disebut dengan cyberspace atau dunia maya. Maka dari itu ada istilah kuliah tatap maya dalam kelas online. Di saat pandemi seperti ini banyak platform yang menyediakan fasilitas video conference untuk kebutuhan kuliah, kerja, sekolah dan masih banyak lagi. Bahkan seminar hingga konser pun saat ini menggunakan teknologi daring ini.
ADVERTISEMENT
Kemampuan untuk berkolaborasi dalam penggunaan teknologi komunikasi online ini sangat diperlukan pada era yang serba digital ini. Dunia maya merupakan dunia kedua kita setelah dunia nyata yang harus kita. Oleh karena itu kita sebagai warga yang cerdas serta memiliki emosi harus bisa mengerti dan memahami bagaimana konsep komunikasi daring dan juga manfaatnya dalam kehidupan bermasyarakat.
Di kutip dari web DQ Institute bahwa komunikasi online dan kolaborasi adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi secara efektif untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan orang lain dengan baik. Termasuk dari jarak jauh. DQ Institute juga membaginya dalam tiga hal yang perlu di pahami tentang komunikasi online dan kolaborasi ini yaitu :
1. Dari segi pengetahuan
ADVERTISEMENT
Individu memahami berbagai jenis komunikasi peer-to-peer dan strategi kolaborasi, alat, dan format, dan memutuskan metode mana yang paling efektif untuk tujuan individu atau kolaboratif. Selain itu, mereka memahami berbagai tekanan sosial dan pasar yang dapat mendorong atau menghambat komunikasi dan / atau kolaborasi antar kelompok tertentu.
2. Dari segi keterampilan
Individu mampu mengembangkan keterampilan sosio-emosional, interpersonal, dan kognitif yang mendukung upaya komunikasi dan kolaboratif mereka. Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan komunitas online yang terdiri dari rekan-rekan dan pakar untuk pembangunan dan penciptaan pengetahuan bersama. Mereka juga dapat memanfaatkan keterampilan teknis mereka untuk bertukar ide secara efisien dan bekerja sama bahkan dari jarak jauh dengan memanfaatkan berbagai saluran komunikasi yang berbeda.
ADVERTISEMENT
3. Dari segi sikap
Individu menunjukkan inisiatif dan sikap positif terhadap penggunaan teknologi yang memungkinkan dan mendukung kolaborasi dan produktivitas. Mereka juga menunjukkan sikap inklusif yang menumbuhkan budaya kolaborasi dan kerja tim yang positif sambil mencapai tujuan organisasi (misalnya, membantu orang lain membangun reputasi digital yang positif melalui dukungan atau ulasan keterampilan).
Untuk itu perlunya kita memahami konsep dari komunikasi online dan manfaatnya dalam kehdiupan bersosial.
1. Jenis Komunikasi Online
Ada dua jenis komunikasi online yang pertama adalah komunikasi online sinkron dan yang kedua adalah komunikasi asinkron. Komunikasi online sinkron adalah komunikasi online yang terjadi secara serempak dalam waktu bersamaan dan bersifat real time (langsung) dengan menggunakan fasilitas elektronik sebagai media. Pada komunikasi online sinkron, pihak yang berkomunikasi berinteraksi secara langsung dalam proses penyampaian, penerimaan, hingga pemberian feedback dengan bantuan internet. Ada banyak platform yang biasanya dijadikan sebagai media penting untuk berkomunikasi secara sinkron antara lain ada Zoom, Goggle Meet, Microsoft Teams dan masih banyak lagi. Istilah komunikasi online secara sikron ini biasanya disebut dengan tatap maya. Kita akan berhadapan langsung dengan orang yang berkomunikasi dengan kita di waktu yang sama. Sedangkan komunikasi asinkron adalah Kebalikan dari komunikasi online sinkron, komunikasi online asinkron adalah komunikasi melalui jaringan internet yang terjadi dengan tidak serempak, tidak langsung, atau tertunda. Contoh dari komunikasi asinkron ini adalah seperti pembelajaran lewat web belajar online atau yang biasanya disebut dengan e-learning. Kita belajar melalui sebuah web yang disediakan oleh sekolah atau universitas. Kegiatan belajar mengajar berpindah pada web itu sebagai ganti pemberian materi atau ujian yang biasanya diadakan di kelas.
ADVERTISEMENT
2. Manfaat dan Dampak Komunikasi Online
Apapun di dunia ini pasti memiliki resiko, termasuk berkomunikasi secara online. Komunikasi online ini memiliki dampak, baik itu dampak positif dan negatifnya. Yang pertama ada manfaat atau dampak positif dari komunikasi online. Manfaatnya terletak pada efisiensi waktu dan juga ruang. Dengan adanya komunikasi online ini seperti contohnya kegiatan yang harus melibatkan banyak orang seperti rapat, seminar, mengajar dan lain-lain tidak perlu membutuhkan sebuah tempat yang luas untuk mengadakannya. Hanya perlu menggunakan perangkat seperti laptop atau smartphone untuk bisa terhubung dan menjalankan kegiatannya dengan baik dan lancar apabila tidak terkendala sinyal. Sedangkan dampak negatifnya adalah membuat seseorang menjadi malas dan anti sosial. Kenapa bisa seperti itu, karena manusia kadang terlena dengan kemudahan yang diberikan oleh teknologi. Manusia sekarang suka dengan apapun yang serba instan. Sehingga merasa nyaman dan tidak ingin berpindah. Selain itu komunikasi online ini membuat kita tidak leluasa untuk menyampaikan tujuan kita dengan benar, sehingga terkadang terjadi misscommomunication antara komunikan dengan komunikator.
ADVERTISEMENT
3. Cara penerapan Komunikasi Online dengan Benar
Terkadang komunikasi online membuat kita terlena karena komunikasi online menawarkan kemudahan dalam berkomunikasi. Oleh karena itu kita perlu mengetahui cara mengelola sebuah komunikasi berbasis online dengan baik dan benar. Cara menerapkan komunikasi online atau daring dengan baik berawal dari diri sendiri. Apabila dari dalam diri kita sudah berniat berkomunikasi secara online dengan orang lain yang bila diartikan, berarti kita sudah harus menerima resiko dari segi manapun. Komunikasi online ini tidak jauh berbeda dengan komunikasi tatap muka atau offline. Bedanya hanya kita tidak bisa bertemu dan bersanding dengan orang yang kita aja berkomunikasi. Komunikasi online terkadang juga menyebabkan miscommunication, dan misunderstanding. Maka dari itu untuk menghindari hal hal tersebut yang harus kita lakukan adalah menjaga lisan dan sikap dengaan baik. Selain itu menjaga agar tidak membagikan postingan-postingan yang mengandung unsur sara atau yang kurang pantas. Menjaga agar sinyal tetap stabil saat melakukan komunikasi online atau daring. Agar tidak terjadi ‘lag’ atau macet pada komunikasi.
ADVERTISEMENT
Itu tadi pembahasan mengenai konsep komunikasi daring atau online yang memiliki manfaat, dan dampak serta dua jenis komunikasi online yaitu sinkron dan asinkron. Kemudahan berteknologi saat ini sangat mudah untuk didapatkan. Mendekatkan yang jauh namun juga dapat menjauhkan yang dekat. Oleh karenanya kita harus tetap berpegang teguh pada prisnsip hidup sebagai makhluk sosial.
Pada intinya di era sekarang ini kita harus pintar dan bijak menggunakan teknologi. Kemudahan berkomunikasi online membuat kita lupa dengan dunia yang sebenarnya. Karena komunikasi memberikan kita cara berkomunikasi dengan instan dan cepat. Bijak dalam berkomunikasi akan membawa kita pada kebahagiaan dalam bersosial.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020