Konten dari Pengguna

Pembelajaran Menarik dengan Gimkit

ALMA FITRIANA
Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru
21 September 2024 17:24 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari ALMA FITRIANA tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Era revolusi industry 5.0 menekankan pentingnya elaborasi digital yang menghubungkan kemampuan teknologi dan pedagogis agar meningkatkan pembelajaran hasil yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Oleh karena itu guru dituntut untuk mampu menggunakan media berbasis TIK dalam pembelajarannya.
ADVERTISEMENT
Penggunaan TIK dalam pembelajaran terutama dalam media pembelajaran yang digunakan memang dapat membantu meningkatkan semangat maupun motivasi belajar peserta didik, terlebih lagi pada masa sekarang mereka lebih senang menggunakan gawai ketimbang menggunakan media konvensional.
Motivasi belajar berfungsi untuk meningkatkan prestasi belajar, dengan adanya motivasi dalam belajar peserta didik akan tergerak untuk mencapai tujuan dan akan semakin baik dalam pembelajaran.
Sekarang ini anak-anak usia sekolah menengah suka sekali bermain games digawai mereka, hal ini dapat dijadikan sebagai motivasi untuk menggunakan teknologi berupa permainan untuk membantu pendidik dalam pembelajaran, sehingga peserta didik tetap merasa senang dalam mengikuti pembelajaran. Pendidik bisa mnggunakan teknologi yang ada seperti media pembelajaran interaktif, game edukasi, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Penggunaan games edukasi seperti Gimkit dapat menjadi salah satu solusi bagi pendidik untuk memotivasi peserta didik sebelum memulai pembelajaran. Gimkit sebagai game edukasi dapat digunakan sebagai media belajar sambil bermain dan dapat menumbuhkan perasaan senang karena belajar dengan game edukasi berbasis Gimkit
Alma Fitriana/Penggunaan Gimkit/2024/