Teknologi Smart Home Inovasi Digital Masa Kini

Seorang Mahasiswa Jurusan Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Tellkom Purwokerto
Konten dari Pengguna
14 Januari 2022 17:59
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Amar Maulana Samudra tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sebuah contoh penggunaan teknologi smart home | Sumber : Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
sebuah contoh penggunaan teknologi smart home | Sumber : Pixabay.com
ADVERTISEMENT
Di era modern seperti sekarang, perkembangan teknologi sangat pesat dan menjadi hal penting bagi kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah teknologi smart home. Smart home sendiri merupakan sebuah teknologi yang menjanjikan kemudahan dalam penggunaan sehari-hari bagi penggunanya. Salah satu contoh penggunaan teknologi smart home, yaitu aktivitas menyalakan dan mematikan lampu secara mudah dengan mengoperasikannya dari jarak jauh hanya menggunakan sebuah smartphone yang sudah terhubung oleh koneksi yang sama dengan lampu tersebut.
ADVERTISEMENT
Lalu apa smart home itu sebenarnya? Smart home adalah teknologi automasi untuk rumah yang melibatkan kontrol dan automasi pencahayaan, pendingin udara dan keamanan, serta peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, oven atau lemari es. "Perkembangannya sampai sudah cukup bagus terutama karena dibarengi dengan teknologi smartphone dan jaringan internet yang makin berkualitas. Jadi kita bisa kontrol semua sistem pada rumah, mulai dari CCTV, lampu, AC, pemakaiam listrik sampai buka tutup gorden, semua bisa lewat gadget kita," terang Chandra lewat pesan pada Liputan6.com, Sabtu, 26 Juni 2021. Intinya smart home merupakan sebuah teknologi yang dapat mengontrol rumah secara otomatis dari jarak jauh.
JENIS-JENIS SMART HOME
Ada berbagai macam teknologi smart home yang dapat digunakan di dalam rumah kita. Berikut contoh teknologi smart home yang bisa kalian gunakan di rumah.
ADVERTISEMENT
1.  Smart LED
Lampu merupakan salah satu komponen penting yang wajib ada di dalam rumah, karena lampu merupakan sumber penerangan yang dibutuhkan semua orang. Lampu ada banyak jenisnya, salah satunya lampu LED yang merupakan jenis lampu hemat energi. Saat ini lampu LED bisa dengan mudah kamu kendalikan hanya dengan menggunakan smartphone yang sudah terkoneksi dengan Wifi yang sama dengan lampu LED. Teknologi tersebut dinamakan dengan smart LED. Dengan smart LED kamu tidak hanya bisa menyalakan dan mematikan lampu dari jarak jauh, tetapi dengan smart LED kamu bisa merubah warna LED, mengatur jadwal lampu menyala hanya dengan menggunakan aplikasi yang ada dalam Smartphone.
2. Smart Plug
Smart Plug merupakan teknologi terbaru dari inovasi smart home. Smart Plug sendiri tidak jauh berbeda dengan Smart LED dalam penggunaannya. Smart Plug juga mengandalkan kontrol jarak jauh dengan memanfaatkan koneksi Wifi yang dikoneksikan ke dalam aplikasi yang terdapat pada smartphone. Inovasi smart plug ini berguna untuk mengotomatisasi perangkat yang sebelumnya tidak dapat dikendalikan secara otomatis hanya dengan mengakses aplikasi, seperti contoh kipas angin yang sebelumnya tidak dapat dikendalikan dari jarak jauh, hanya dengan inovasi ini, kipas angin yang tertancap pada smart plug dapat dikendalikan secara otomatis melalui layar smartphone.
ADVERTISEMENT
3. Smart Door Lock
Sistem pengunci pintu pintar atau disebut smart door lock merupakan perangkat kemanan rumah yang lebih canggih dibanding dengan sistem pengunci  pintu biasa yang masih menggunakan cara manual dengan kunci fisik untuk membukanya. Dengan menggunakan smart door lock bisa membuka pintu dengan menggunakan sistem sidik jari atau finger print, memasukkan pin, dan RFID. Smart door lock sedikit berbeda dengan perangkat smart home lainnya karena menggunakan baterai untuk mengoperasikannya. Smart door lock memberi kamu kemudahan, di mana setiap penghuni bisa memiliki akses langsung secara otomatis melalui jaringan internet untuk membuka dan atau mengunci pintu.
Contoh di atas merupakan sedikit dari banyaknya teknologi Smart home yang ada. Masih banyak lagi teknologi smart home yang memudahkan kamu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu bukan berarti teknologi smart home tidak ada kekurangannya. Contoh kekurangan dari teknologi smart home, yaitu biaya pemasangan yang relatif mahal dan sistem yang bisa mengalami sistem eror secara mendadak. Pernah suatu ketika aku akan menggunakan aplikasi yang digunakan untuk mengoperasikan produk smart home dengan tiba-tiba aplikasi eror sampai aku tidak dapat menggunakannya. Walaupun demikian, dengan teknologi smart home, kamu tak perlu khawatir ketika meninggalkan rumah. Karena semua bisa terintegrasi dengan sistem pengendali jarak jauh pada smartphone, yang membantu kamu untuk memantau rumah hanya menggunakan smartphone dengan catatan kamu memiliki koneksi internet. Menurut OPINI saya, teknologi ini sudah sangat baik untuk masa sekarang hanya saja lebih ditingkatkan saja untuk aplikasi penunjang teknologi tersebut supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti eror sistem. Saya juga mulai menerapkan konsep Smart Home ini di rumah untuk mengatur lampu. Kalau untuk rumah-rumah yang besar dan mewah biasanya menggumakan vendor atau konsultan untuk menerapkan konsep ini.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020