kumparan
KONTEN PUBLISHER
1 Mei 2019 13:18

Demo 1 Mei, Mahasiswa Tuntut Hak Kesetaraan Buruh Perempuan

WhatsApp Image 2019-05-01 at 13.28.37.jpeg
Mahasiswa yang tergabung dalam Komite 1 Mei menggelar aksi unjuk rasa di depan Gong Perdamaian Ambon, Rabu (1/5). (Foto: Ambonnesia)
Ambonnesia.com-Ambon,-Memperingati hari buruh, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Komite 1 Mei menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Gong Perdamaian Ambon, Rabu (1/5). Mereka menuntut hak kesetaraan bagi buruh perempuan.
ADVERTISEMENT
"Yang terjadi selama ini perempuan-perempuan yang bekerja dianggap sebagai kelas kedua sehingga tidak diberikan cuti kalau sedang haid," kata Kordinator Aksi, Ilen Alhamid.
Mereka menilai, saat mendapat haid perempuan merasa kesakitan sehingga tidak bisa bekerja secara efektif.
"Selain cuti haid tanpa syarat, perempuan hamil juga harus diberikan cuti selama 14 bulan.Karena selama hamil dan melahirkan perempuan harus menjaga aktifitasnya agar bayi yang ada di kandungan itu tetap selamat,"
Selain itu, pelecehan seksual juga menjadi tuntuntan utama pendemo. Mereka meminta Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual segera disahkan. Pasalnya, pembahasan RUU itu masih mandek.
"Kami semua sangat mengharapkan agar RUU Penghapusan Kekerasan Seksual segera disahkan," harapnya. (Mona)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan