Konten dari Pengguna

Evolusi Uang: Dari Barter ke Cryptocurrency

AMELIA ANGELIANA PUTRI GUNANTO
Mahasiswa Psikologi Universitas Brawijaya
22 Mei 2024 10:51 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari AMELIA ANGELIANA PUTRI GUNANTO tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Uang. Sumber: https://www.istockphoto.com/id/foto/keuangan-dan-teknologi-uang-latar-belakang-konsep-kemakmuran-bisnis-dan-aset-gm1463080855-496209187
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Uang. Sumber: https://www.istockphoto.com/id/foto/keuangan-dan-teknologi-uang-latar-belakang-konsep-kemakmuran-bisnis-dan-aset-gm1463080855-496209187
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Uang merupakan elemen kunci dalam perkembangan ekonomi dan budaya manusia. Mulai dari sistem barter di zaman kuno hingga mata uang digital modern saat ini, membuktikan bahwa uang mencerminkan perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi sepanjang sejarah. Dalam artikel ini akan mengulas mengenai perjalanan evolusi uang serta dampaknya bagi masyarakat.
ADVERTISEMENT

Sistem Barter sebagai Awal Transaksi Ekonomi

Di awal peradaban manusia, sistem barter digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, sistem ini kurang efektif, karena sulitnya menentukan nilai relatif dan pasangan barter yang sesuai. Karena itu dibutuhkan alat transaksi yang lebih efisien, sehingga mendorong penciptaan uang.

Kerang dan Koin: Langkah Awal dalam Evolusi Uang

Sebelum ada koin, manusia menggunakan objek-objek yang bernilai seperti kerang sebagai alat tukar. Kerang dipilih dikarenakan kelangkaan dan keindahannya, sehingga dapat dibuktikan bahwa hal ini mencerminkan adanya kesepakatan sosial tentang nilai. Seiring berjalannya waktu, koin dari logam mulia seperti emas dan perak mulai digunakan. Hal ini dikarenakan koin dapat dengan mudah dibawa dan memiliki nilai yang diakui secara luas, sehingga mempermudah perdagangan.
ADVERTISEMENT

Uang sebagai Simbol Kekuasaan

Negara-negara yang mengontrol atas percetakan uang dan cadangan emas memiliki kekuasaan yang besar dalam ekonomi global. Misalnya dominasi dolar AS, yang dapat mencerminkan kekuatan ekonomi dan politik Amerika Serikat. Hal ini menyimpulkan bahwa kontrol atas mata uang dapat memungkinkan negara untuk mempengaruhi kebijakan domestik serta internasional.

Revolusi Digital: Mata Uang Kripto

Dengan adanya kemajuan teknologi, mata uang digital seperti bitcoin muncul sebagai alternatif yang baru. Mata uang kripto menawarkan desentralisasi serta anonimitas sehingga dapat menantang sistem keuangan tradisional yang dikendalikan oleh pemerintah serta institusi besar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa bitcoin dan mata uang digital lainnya mencerminkan perubahan paradigma dalam cara kita memandang serta menggunakan uang.
ADVERTISEMENT

Uang dan Identitas Budaya

Uang juga memainkan peran yang penting dalam membentuk identitas budaya dan sosial. Di kebanyakan masyarakat, penggunaan uang dapat mencerminkan nilai-nilai serta tradisi budaya mereka. Misalnya budaya pemberian uang saat perayaan dapat mencerminkan simbol keberuntungan serta hubungan sosial yang erat.
Evolusi uang mulai dari sistem barter hingga mata uang digital dapat menunjukkan bahwa uang lebih dari sekedar alat transaksi, namun uang merupakan cerminan dari nilai sosial, kekuasaan politik, serta adaptasi budaya manusia. Dengan memahami sejarah uang dapat memberi wawasan mengenai proses evolusi masyarakat dan bagaimana nilai ekonomi menurut konteks sosial dan budaya. Dalam hal ini uang terus memainkan peran yang penting dalam menggerakkan ekonomi dan membentuk dunia kita selama ini.
ADVERTISEMENT
Referensi:
Harari, Y. N. (2014). Sapiens: A brief history of humankind. Random House.