5 Mukjizat Nabi Idris yang Dijuluki Singa dari Segala Singa

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
20 April 2022 9:29 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mukjizat Nabi Idris. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mukjizat Nabi Idris. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nabi Idris AS adalah nabi kedua setelah Nabi Adam dalam urutan 25 nabi yang wajib diimani umat Muslim. Nabi Idris sendiri merupakan keturunan keenam dari Nabi Adam.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Riwayat 25 Nabi dan Rasul yang ditulis Gamal Komandoko, Allah SWT mengangkat Idris sebagai Nabi-Nya ketika beliau berusia 82 tahun. Nabi Idris diperintahkan untuk memerangi segala bentuk kemungkaran dan kekafiran serta mengajak manusia untuk menyembah Allah SWT.
Keberanian dan ketabahan Nabi Idris dalam menegakkan hukum Allah membuatnya dijuluki sebagai Asadul Usud yang artinya singa dari segala singa. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai pribadi yang cerdas dan kaya ilmu pengetahuan.
Menjadi seorang pilihan Allah SWT, Nabi Idris tentunya juga diberikan mukjizat dan kemuliaan yang sesuai dengan kebutuhan kaum yang didakwahinya. Apa saja mukjizat Nabi Idris? Selengkapnya di bawah ini.

Mukjizat Nabi Idris AS

Ilustrasi berdakwah dalam Islam. Foto: Pixabay
Usman bin Affan bin Abul As dalam bukunya Dua Puluh Lima Nabi Banyak Bermukjizat menuliskan beberapa mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Idris A.S, di antaranya yaitu:
ADVERTISEMENT

1. Nabi yang menerima 30 shahifah

Allah menurunkan 30 shahifah (lembaran) kepada Nabi Idris AS yang berisikan petunjuk-petunjuk dari Allah SWT untuk disampaikan kepada umatnya, yaitu keturunan Qabil yang durhaka kepada Allah SWT pada waktu itu.
Adapun isi di dalam lembaran (shahifah) Nabi Idris adalah sebagai berikut:
Allah berfirman, “Berbahagialah suatu kaum yang beribadah kepada-Ku dengan cinta, dan mengambil-Ku sebagai Tuhan Sembahan (Ilah), dan Tuhan Pengatur (Rabb), berjaga malam untuk melakukan shalat, dan bekerja sungguh-sungguh di siang hari demi mengharapkan Wajah-Ku, bukan karena rasa takut dan harap, bukan karena Nereka atau Surga, tetapi karena cinta yang sesungguhnya…” (Bihar Al-Anwar 95: 467)

2. Nabi pertama yang dapat menulis dan membaca

Nabi Idris AS dianggap sebagai orang yang pertama pandai membaca dan menulis dengan pena, bahkan mengajarkan tulis menulis kepada masyarakat. Dari pengajaran itulah lahir tulisan-tulisan yang dapat membantu para pengamat sejarah untuk mendapatkan gambara mengenai masa lampau dari sumber tertulis. Baik menggunakan cat, batu pahat, dinding gua, kulit, kayu, logam, gading, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT

3. Orang pertama yang berpikir astrologi dan ahli arsitektur kota pertama

Selain pandai tulis menulis, Nabi Idris juga adalah orang yang pertama menemukan pemikiran ilmu Falaq (perbintangan) atau astrologi (ilmu tentang bintang dan perjalanannya). Bahkan beliau juga sangat rajin mengkaji fenomena alam semesta yang semuanya itu merupakan tanda kekuasaan Allah SWT. Selain itu, Nabi Idris juga dikenal sebagai orang pertama yang mengajarkan ilmu politik, peradaban dan menetapkan rancangan pembangunan kota.
Ilustrasi lafadz Allah SWT. Foto: Pixabay

4. Memiliki derajat yang tinggi

Dalam surat Maryam ayat 56-57 dijelaskan bahwa Nabi Idris AS tersebut memiliki martabat yang tinggi. Dengan demikian, beliau juga mempunyai derajat yang sangat tinggi selain menjadi seorang Nabi yang salih, sehingga Allah SWT menempatkan beliau ke dalam golongan tersebut.
“Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi. Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.” (QS. Maryam: 56-57)
ADVERTISEMENT

5. Diizinkan melihat surga

Dikisahkan dalam sebuah riwayat bahwa Nabi Idris AS pernah berdoa kepada Allah SWT dan meminta agar dirinya diperlihatkan surga. Lalu Allah SWT mengabulkan permintaan tersebut dan memerintahkan malaikat Izrail untuk menjemput Nabi Idris dari bumi menuju ke surga.
Selain itu, masyarakat terdahulu juga meyakini bahwa Nabi Idris dibawa ke surga sebelum mengalami kematian. Mereka percaya bahwa Nabi Idris adalah manusia satu-satunya yang dapat masuk ke surga tanpa pernah mati.
(IMR)