Beranda
Trending
Video
Galeri Foto
News
Entertainment
Mom
Food & Travel
Tekno & Sains
Otomotif
Woman
Bola & Sports
Bisnis
Buzz
Tentang kumparan
Facebook
Instagram
Twitter
Youtube
Line
Entertainment
·
16 Juni 2020 14:10

Menguak Mitos Perempuan Menyapu Harus Bersih

Konten ini diproduksi oleh Dukun Millenial

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi perempuan menyapu lantai, dok: pixabay

Sepertinya kegiatan menyapu rumah adalah suatu hal yang wajib bagi anak perempuan di Indonesia. Tapi, terkadang ada juga yang menyapu dengan tergesa-gesa sehingga tidak bersih. Mungkin karena itulah, sehingga para ibu mengatakan 'Kalau menyapu tidak bersih, nanti dapat suami brewokan.

ADVERTISEMENT

Kali ini Mbah Dukun akan mengupas mitos mengenai perempuan jika menyapu tidak bersih maka akan mendapatkan suami yang berewokan. Namanya juga mitos, belum teruji secara ilmiah kebenarannnya namun sering dikaitkan dengan hal-hal klenik.

Berikut beberapa alasan mengenai adanya mitos ini:

Orang tua menganggap laki-laki brewok sebagai penjahat

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi lelaki berjanggut, dok: pixabay

Jika diperhatikan, agak sedikit tidak ada hubungannya antara menyapu tidak bersih dengan suami yang brewokan. Namun orang tua dulu menganggap bahwa pria yang brewokan identik dengan gambaran seorang pria yang jahat, maka dari itu para anak perempuan mulai menyapu dengan bersih sehingga tidak mendapatkan suami yang jahat.

Agar tidak tergesa-gesa dalam bekerja

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi ketekunan, dok: pixabay

Seperti yang diawal disampaikan karena orang tua ketika menyuruh atau meminta tolong kepada anaknya pastinya ia mengharapkan hasil yang maksimal dari kinerja sang anak, oleh karena itu banyak orang tua yang menghalalkan segala cara agar si anak kerja optimal termasuk dengan membohonginya dengan pemahaman akan mendapat suami brewok.

ADVERTISEMENT

Kedua poin di atas bukan karena tidak beralasan hadir di tengah-tengah kita. Mitos di Indonesia hadir oleh berbagai latar belakang yang sangat menarik misalnya faktor budaya timur barat juga mempengaruhi dalam perkembangan mitos di nusantara.

Jadi menurutmu apakah mitos ini akan bertahan di tengah gempuran fenomena barat yang menggambarkan bahwa lelaki brewok sering ditampilkan "keren"? Menurut Mbah sih ke depan bakal ada mitos-mitos yang lebih saintis.