Kenalan dengan Musisi dan Penulis Berbakat Era Milenial, Fiersa Besari

Groovy
Mengupas tuntas gaya hidup masa kini untuk kaum urban seperti kamu.
Konten dari Pengguna
10 Mei 2019 13:04 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Groovy tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Photo credit: IDN Times
zoom-in-whitePerbesar
Photo credit: IDN Times
ADVERTISEMENT
Indonesia memang gudangnya anak muda berbakat. Generasi muda berlomba-lomba kejar mimpi sesuai passion masing-masing. Salah satu yang saat ini sedang digandrungi generasi milenial di Indonesia adalah Fiersa Besari. Pria kelahiran 3 Maret ini memang sangat bertalenta. Ia dikenal sebagai seorang musisi indie sekaligus penulis buku. Melalui tulisan-tulisannya, baik dalam bentuk lirik lagu maupun novel, Fiersa Besari selalu berhasil membuat pembaca merasa terwakilkan. Istilahnya, relatable.
ADVERTISEMENT
Apakah kamu juga termasuk salah satu yang mengidolakan Fiersa Besari? Atau mungkin kamu baru mendengar namanya? Yuk, cari tahu bagaimana Fiersa Besari berhasil kejar mimpi melalui ulasan berikut ini!
Awalnya menjadi vokalis band indie asal Bandung
Meski kini lebih dikenal karena tulisan dan kicauannya di media sosial Twitter, sebenarnya Fiersa Besari memulai kariernya justru sebagai vokalis band indie. Sebelum menjadi vokalis, sejak tahun 2009 Fiersa memang mulai rajin merekam dan menyimpan karya musiknya. Hingga puncaknya di tahun 2012 ia memutuskan untuk menjual album buatannya.
Album dengan judul 11:11 itu dijual lewat jalur indie saat ia manggung dari satu gig ke gig lainnya. Meskipun masih menggunakan metode manual, album tersebut berhasil ludes terjual. Kesuksesan tersebut kemudian mendorong Fiersa untuk kembali berkarya. Pada tahun 2013, ia pun merilis mini album berjudul Tempat Aku Pulang.
ADVERTISEMENT
Tulis lirik yang penuh makna
Ciri khas dari lagu-lagu ciptaan Fiersa Besari adalah liriknya yang penuh makna. Ia memiliki diksi yang terkesan sederhana, namun memiliki arti yang dalam. Contohnya bisa kamu lihat pada lirik lagu Acak Corak yang ada di album 11:11. Fiersa menulis lirik “…hanya mereka yang mendengar dan berubah,” Diksinya memang sederhana, tetapi untuk menebak maknanya kamu mungkin harus berpikir ulang.
Baik dari karya musik yang paling lama hingga yang terbaru, Fiersa selalu menyisipkan kata-kata penuh makna. Walaupun begitu, musikalitasnya juga tidak boleh diremehkan, lho. Fiersa Besari selalu bereksperimen untuk memasukkan beragam instrumen musik. Kadang laki-laki asal Bandung ini juga mencoba genre baru dalam bermusik.
Perjalanan 8 bulan menemukan jati diri
ADVERTISEMENT
Tampaknya Fiersa Besari tidak hanya menggunakan filosofi saat menulis lirik lagu. Saat menjalani kehidupan sehari-hari, ia juga punya pemikiran mendalam. Puncak pemikiran Fiersa ini akhirnya mendorongnya untuk memulai pencarian jati diri. Pada awal tahun 2013, ia memutuskan untuk kejar mimpi melakukan petualangan berkeliling Indonesia.
Pengalaman ini ternyata membuat Fiersa semakin giat berkarya. Setelah “turun gunung”, ia langsung melengkapi mini album Tempat Aku Pulang menjadi full album dengan total 14 lagu. Produktivitasnya dalam bermusik pun tidak pernah berhenti. Selang setahun dari perilisan full album Tempat Aku Pulang, Fiersa kembali merilis album baru. Album berjudul Konspirasi Alam Semesta inilah yang kemudian melambungkan namanya di Indonesia.
Lebih mantap berkarya melalui tulisan
Meski Fiersa tergolong sebagai musisi yang produktif, ia merasa lebih nyaman berkarya lewat tulisan. Tulisan membuat ia merasa lebih bebas untuk menuangkan perasaan. Berbeda dengan saat menulis lirik musik, Fiersa juga harus mempertimbangkan nada dan harmonisasi instrumen musik yang digunakan.
ADVERTISEMENT
Lewat tulisan, Fiersa juga merasa lebih mudah untuk menyampaikan kritik-kritik sosial terhadap kondisi di sekitarnya. Seperti pada novel Garis Waktu (2016), ada satu kutipan seperti berikut, "…Tak perlu menyeragamkan diri dengan kebanyakan orang.” Fiersa mengkritisi fenomena anak-anak muda yang mudah terbawa arus sehingga kehilangan jati diri. Menarik, bukan?
Fiersa Besari membuktikan bahwa yang namanya cita-cita itu tidak terbatas. Kamu bebas mau kejar mimpi lebih dari satu sekali pun. Selama kamu memiliki komitmen dan kesungguhan yang tinggi, tidak ada yang tidak mungkin kok.
Apalagi kalau kamu juga mengimbanginya dengan terus memperkaya ilmu. Kamu bisa memperbanyak referensi dan mencari inspirasi di berbagai sumber. Semakin banyak ilmu yang kamu dapat, maka bekal kamu akan semakin besar untuk kejar mimpi. Oleh sebab itu, yuk follow akun @kejarmimpi.id di Instagram untuk mendapatkan beragam konten inspiratif. Kamu juga bisa mengunjungi website Kejar Mimpi di www.kejarmimpi.id. See you there!
ADVERTISEMENT