Beranda
Trending
Video
Galeri Foto
News
Entertainment
Mom
Food & Travel
Tekno & Sains
Otomotif
Woman
Bola & Sports
Bisnis
Buzz
Tentang kumparan
Facebook
Instagram
Twitter
Youtube
Line
Entertainment
·
27 Desember 2018 0:10

Inilah Profil Nurul Hidayatul Ummah, Ketum PP IPPNU Terpilih Asal Jawa Timur

Konten ini diproduksi oleh Kabarpas

Beberapa waktu yang lalu Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PP-IPPNU) mendapatkan nakhoda baru. Ia adalah Nurul Hidayatul Ummah, Ketua Umum PP IPPNU masa bakti 2018-2021 yang terpilih melalui hasil Kongres XVIII yang digelar di Cirebon, Jawa Barat pada 21-25 Desember 2018.

ADVERTISEMENT

____________________________________

Laporan : Abdul Hadi, Jakarta

____________________________________

 

KABARPAS.COM – RAUT muka Nurul Hidayatul Ummah penuh haru, saat ia berhasil terpilih menjadi Ketua Umum PP IPPNU masa bakti 2018-2021 melalui hasil Kongres XVIII, yang digelar di Cirebon, Jawa Barat pada 21-25 Desember 2018.

Dalam kongres tersebut, Nurul terpilih menjadi Ketua Umum PP IPPNU setelah mengantongi sebanyak 136 dukungan dari total 243 suara. Dia menang atas kandidat lain, Esti Kurniati yang mengantongi dukungan sebanyak 105 suara. Sedangkan 2 suara selebihnya dinyatakan tidak sah.

Atas keberhasilannya itulah, santri asal Lamongan, Jawa Timur ini menyampaikan banyak terima kasih terhadap pihak-pihak terutama kader IPPNU yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin salah satu organisasi sayap di Nahdlatul Ulama.

ADVERTISEMENT

Tak hanya itu, kepada wartawan Kabarpas biro Jakarta Nurul mengatakan bertekad membawa IPPNU semakin maju, berwawasan luas, dan berpikir global. Sehingga siap bersaing maju dengan organisasi pelajar lainya.

Selain itu, ia pun meminta dukungan seluruh kader untuk bersama-sama membangun IPPNU yang lebih baik.

“Ini adalah amanah yang besar karena seluruh pelajar menumpukan harapan ke saya. Hari ini keadaan sudah berbeda, kita semua harus bisa bersaing di dunia digital, menjadi remaja milenial yang mampu menjawab tantangan zaman,” ungkap Nurul.

Sepak terjang kartini muda ini di bidang pendidikan dan organisasi tak perlu diragukan lagi, mulai dari desa hingga ke luar negeri. Dia tercatat pernah mengenyam pendidikan di MI Darul Ulum Sukorejo, Laren, Lamongan, Jawa Timur kemudian berlanjut ke SMP Islam Al-Ihsan Bekasi, Jawa Barat sambil mondok di Pesantren Darul Aitam. Dia kemudian kembali ke tanah kelahirannya untuk melanjutkan studinya di tingkat Madrasah Aliyah di Ponpes Tarbiyatut Tholabah, Lamongan.

ADVERTISEMENT

Lulus dari Madrasah Aliyah, Nurul langsung melanjutkan studinya di Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Selama kuliah di kampus UIN Jakarta, Nurul aktif di berbagai organisasi seperti Wasiat Jakarta, IPPNU di tingkat PAC Ciputat Timur, Cabang Tangerang Selatan, Wilayah Banten, hingga Pengurus Pusat. Dia juga aktif di Rumah Pelajar Indonesia.

Kecintaannya terhadap bahasa asing mulai terlihat kala dia aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa Foreign Language Association (FLAT) UIN Jakarta. Saat itu, dia bercita-cita ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Selain itu, berbagai kesempatan tak mau disiasiakan, hingga akhirnya dia menjadi salah satu penerima beasiswa penuh S2 dari Kementerian Agama ke University of Leicester, United Kingdom.

ADVERTISEMENT

Meski kuliah di negeri orang tak menyurutkan semangat Nurul berorganisasi. Dia tercatat aktif di Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Leicester dan menjabat sebagai sekretaris.

Tak hanya itu, dia juga aktif di Education Team ULISOC (University of Leicester Islamic Society) dan Music Director Radio PPI United Kingdom. Dan masih banyak lagi pengalaman serta prestasinya baik di dalam maupun di luar negeri. (***/abu avzalea).

The post