Bola & Sports
5 Juni 2020 23:00

Sancho dan Akanji Didenda Akibat Langgar Protokol Keselamatan Bundesliga

Jadon Sancho memakai kaus "Justice for George Floyd" saat bertanding melawan Paderborn. Foto: Lars Baron/Pool via Reuters

Jadon Sancho dan Manuel Akanji mendapatkan denda dari operator Bundesliga (DFL) akibat melanggar protokol keselamatan. Dua bintang Borussia Dortmund itu berfoto dengan tukang pangkas rambut tanpa mengenakan masker maupun alat keamanan lainnya.

Sebenarnya, ada empat pemain Dortmund lainnya yang kedapatan mengundang tukang pangkas rambut ke rumah masing-masing. Empat pemain tersebut adalah Thorgan Hazard, Axel Witsel, Dan-Axel Zagadou, dan Raphael Guerreiro.

Namun, hanya Sancho dan Akanji yang dihukum oleh DFL. Pasalnya, per laporan Goal International, hanya foto Sancho dan Akanji yang beredar di dunia maya. Dari situ, tak bisa dinyatakan apakah empat pemain lainnya melakukan pelanggaran atau tidak.

DFL memang menyatakan bahwa sah-sah saja pemain mencukur rambut dan mengundang tukang pangkas rambut ke rumah masing-masing, asalkan protokol keselamatan dipatuhi.

Jadon Sancho bakal tinggalkan Dortmund? Foto: Reuters/Leon Kuegeler

“DFL mendenda Manuel Akanji dan Jadon Sancho. Dua pemain Borussia Dortmund itu telah melanggar protokol tentang kebersihan dan perlindungan terhadap virus,” berikut pernyataan DFL.

“Pesepak bola memang mesti memangkas rambut mereka. Namun, semua mesti dilakukan sesuai dengan protokol keselamatan yang berlaku,” berikut lanjutan dari pernyataan tersebut.

DFL tak menyebutkan nominal dari denda yang mereka jatuhkan kepada Sancho dan Akanji. Namun, mereka menegaskan bahwa hukuman sepenuhnya dijatuhkan kepada dua pemain tersebut, bukan Dortmund.

Selain itu, jurnalis Press Association, Chris Williams, menyatakan bahwa hukuman yang dijatuhkan tak berpengaruh terhadap keterlibatan Sancho maupun Akanji di laga-laga Bundesliga. Dengan kata lain, tak ada larangan bertanding untuk kedua pemain tersebut.

Read more!

“Sesuai prinsip, DFL tak akan memberikan informasi mengenai nilai denda yang dijatuhkan. Sancho dan Akanji berhak untuk mengajukan banding dalam lima hari ke depan. Hukuman juga tak diberikan kepada klub karena tak ada kesalahan dari organisasi.”

Sebelumnya, Dortmund telah memberikan pernyataan menyoal ulah Jadon Sancho dkk. Dortmund menyatakan bahwa setiap pemain berhak mengundang tukang pangkas rambut.

Namun, mereka sangat kecewa ada beberapa pemain yang tak mengenakan masker. Sementara, Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc, mengaku tak paham mengapa Sancho dan Akanji mesti berfoto setelah proses pangkas rambut selesai.

***

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona

Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.

loading...

Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan