News
17 Maret 2017 10:57

Apa Bedanya Macan dan Harimau?

Patung macan di Koramil 1123 Cisewu dibongkar. (Foto: Dokumentasi Koramil 1123 Cisewu)

Patung 'kucing besar' di Koramil Cisewu mendadak viral di dunia maya. Bermula dari gambar yang menyebar di media sosial, patung yang tengah berdiri di atas tembok yang bertuliskan Koramil Cisewu, Garut, Jawa Barat, jadi viral.

Sejatinya patung itu melambangkan lambang Kodam Siliwangi. Tapi seperti yang disebut Kapendam Siliwangi Kolonel Desy Ariyanto, mungkin karena senimannya kurang bagus, jadi bentuk patung itu terlihat kurang sangar untuk mencerminkan simbol keprajuritan.

Karena memunculkan berbagai perdebatan, patung itu akhirnya dibongkar.

"Sudah kami robohkan, kami ganti yang lebih bagus. Ditaruhnya juga bukan di tempat itu, di tempat yang lebih baik," ujar Kolonel Desy Ariyanto kepada kumparan, Selasa (14/3).

Kehadiran patung itu juga menimbulkan bahan perbincangan baru di masyarakat. Sebagian masyarakat menyebutnya dengan patung macan. Sebagian lainnya menyebut patung itu dengan sebutan patung harimau.

Pertanyaan berikutnya yang kemudian muncul, apakah harimau dan macan merupakan spesies yang sama? atau justru berbeda?

Harimau di Batu Secret Zoo, Malang (Foto: instagram/@denitigatigatiga via @batusecretzoo )

Harimau dan macan merupakan hewan mamalia dan karnivora. Dikutip dari website resmi Taman Safari Indonesia, harimau dan macan ternyata merupakan dua spesies yang berbeda. Harimau atau yang memiliki nama latin panthera tigris merupakan salah satu spesies dari kelompok kucing besar (Big Cat). Secara kasat mata, harimau diketahui memiliki corak loreng. Lorengnya pun beragam, mulai dari hitam, cokelat hingga putih.

Macan, spesies kucing sedang (Foto: pixabay)

Sementara macan merupakan spesies dari kelompok kucing sedang (Middle Cat). Berbeda dengan harimau yang memiliki corak loreng, macan bercorak tutul-tutul. Macan juga memiliki tubuh yang lebih ramping dan ekor yang panjang.

Kamu sudah terbayang kan, beda harimau dan macan?

Jadi, patung 'kucing besar' yang tadinya terpampang di depan Koramil Cisewu itu merupakan patung harimau atau patung macan?

Macan bertutul, harimau loreng (Foto: Pixabay)

Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan