KPK Ungkap Dugaan Korupsi di Kementan: Ada 3 Klaster

19 Juni 2023 22:10 WIB
ยท
waktu baca 2 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi KPK. Foto: Hedi/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi KPK. Foto: Hedi/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
KPK mengungkap ada tiga klaster yang tengah diselidiki terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.
ADVERTISEMENT
"Kami mungkin ingin memberikan sedikit clue bahwa di dalam penanganan lidik di perkara Kementan ini ada tiga klaster," kata Direktur Penyidikan yang sekaligus Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi Asep Guntur di kantornya, Senin (19/6).
Asep menuturkan yang saat ini diselidiki KPK dengan meminta keterangan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo adalah klaster pertama. Namun ia tak membeberkan lebih jauh karena masih dalam proses penyelidikan.
Dalam klaster dugaan korupsi tersebut, Asep juga membenarkan adanya nama Direktur Alat dan Mesin Pertanian.
"Termasuk ada nama yang Mas Mario itu [Muhammad Hatta, Direktur Alat dan Mesin Pertanian - red] ada di klaster yang lain. Kami juga sudah mencatat dan berikan kami waktu untuk menggali klaster-klaster ini," pangkas Asep.
ADVERTISEMENT
Asep tidak membeberkan lebih jauh soal klaster-klaster yang diselidiki tersebut karena masih penyelidikan. Masih proses mengumpulkan alat bukti dan membuktikan adanya dugaan tindak pidana korupsi.
Informasi yang diterima kumparan, kasus di Kementan ini diduga terkait penerimaan gratifikasi, SPJ fiktif, hingga pemerasan di lingkungan Kementan.
Belum diketahui periode terjadinya korupsi tersebut. Saat ini, Mentan dijabat politikus NasDem Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan sudah dimintai keterangan.