KPK Ungkap Dugaan Korupsi di Kementan: Ada 3 Klaster

19 Juni 2023 22:10 WIB
·
waktu baca 2 menit

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi KPK. Foto: Hedi/kumparan
Ilustrasi KPK. Foto: Hedi/kumparan
ADVERTISEMENT

KPK mengungkap ada tiga klaster yang tengah diselidiki terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

ADVERTISEMENT

"Kami mungkin ingin memberikan sedikit clue bahwa di dalam penanganan lidik di perkara Kementan ini ada tiga klaster," kata Direktur Penyidikan yang sekaligus Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi Asep Guntur di kantornya, Senin (19/6).

Asep menuturkan yang saat ini diselidiki KPK dengan meminta keterangan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo adalah klaster pertama. Namun ia tak membeberkan lebih jauh karena masih dalam proses penyelidikan.

"Yang ada sekarang, yang sedang ditangani baru klaster pertama. Jadi rekan-rekan mohon bersabar karena masih ada klaster kedua, ketiga,"-Asep Guntur-

Dalam klaster dugaan korupsi tersebut, Asep juga membenarkan adanya nama Direktur Alat dan Mesin Pertanian.

"Termasuk ada nama yang Mas Mario itu [Muhammad Hatta, Direktur Alat dan Mesin Pertanian - red] ada di klaster yang lain. Kami juga sudah mencatat dan berikan kami waktu untuk menggali klaster-klaster ini," pangkas Asep.

ADVERTISEMENT

Asep tidak membeberkan lebih jauh soal klaster-klaster yang diselidiki tersebut karena masih penyelidikan. Masih proses mengumpulkan alat bukti dan membuktikan adanya dugaan tindak pidana korupsi.

Informasi yang diterima kumparan, kasus di Kementan ini diduga terkait penerimaan gratifikasi, SPJ fiktif, hingga pemerasan di lingkungan Kementan.

Belum diketahui periode terjadinya korupsi tersebut. Saat ini, Mentan dijabat politikus NasDem Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan sudah dimintai keterangan.