Jenis-jenis Benda dalam Sains beserta Contohnya

Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
23 Januari 2024 12:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi jenis jenis benda. Sumber: pexels.com/Pixabay
Ilustrasi jenis jenis benda. Sumber: pexels.com/Pixabay
ADVERTISEMENT

Benda ada di kehidupan sekitar manusia dan memiliki berbagai wujud. Beberapa contoh benda dalam kehidupan adalah air, gelas, dan udara.

ADVERTISEMENT

Jenis-jenis benda terbagi menjadi tiga yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas. Setiap benda memiliki ciri khas masing-masing. Jenis benda tersebut bisa mengalami perubahan wujud benda yaitu peristiwa perubahan benda menjadi bentuk lain.

Jenis-jenis Benda dan Contohnya

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi jenis jenis benda. Sumber: pexels.com/Pixabay

Pengertian benda adalah segala sesuatu yang memiliki wujud di alam dan berkaitan dengan kehidupan makhluk hidup. Mengutip dari buku Ensiklopedia Mini Sains, Chris Oxlade dan Anita Ganeri, (2003:86), di bawah ini ada penjelasan jenis-jenis benda dan contohnya.

1. Benda Padat

Benda padat adalah benda yang wujudnya tetap dan tidak bisa mengalir ke mana-mana seperti benda gas atau benda cair. Hal ini karena atom dalam benda padat saling berikatan rapat dan kuat sehingga tidak bisa bergerak sama sekali.

ADVERTISEMENT

Selain itu, sifat benda padat adalah memiliki volume yang stabil. Contohnya adalah sebuah benda dengan volume 100 cm3 maka tidak akan berubah. Walaupun benda tersebut dipindahkan ke tempat lain, maka volumenya tetap sama.

Beberapa contoh benda padat adalah gelas, meja, piring, kayu, buku, lemari, batu, dan masih banyak lagi.

2. Benda Gas

Jenis-jenis berikutnya adalah benda gas yang memiliki volume dan wujud yang bisa berubah-ubah sesuai dengan wadahnya. Salah satu ciri-ciri benda gas adalah tidak bisa dilihat menggunakan mata langsung.

Selain itu, manusia juga tidak bisa memegang benda gas layaknya ketika memegang benda cair atau padat. Adapun contoh benda gas adalah udara, oksigen, karbondioksida, angin, hidrogen, nitrogen, dan sebagainya.

3. Benda Cair

Terakhir adalah benda cair yaitu jenis benda yang memiliki sifat-sifat khusus seperti mudah bergerak ke mana saja mengikuti bentuk wadahnya. Selain itu benda cair juga memiliki massa tertentu.

ADVERTISEMENT

Ketika berada di permukaan yang tenang, benda cair akan selalu datar. Sifat benda cair lainnya adalah bisa melarutkan suatu zat tertentu ke zat lain serta memiliki titik beku.

Adapun contoh benda cair adalah air, sirup, susu, minyak, cat air, bensin, oli, dan sebagainya.

Baca Juga: 4 Contoh Kerajinan Non Benda dan Penjelasannya

Materi mengenai jenis-jenis benda dijelaskan dalam pelajaran sains. Ketiga jenis benda tersebut tidak bisa lepas dari manusia karena digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti contoh benda cair seperti air digunakan untuk minum dan mandi(GTA).

1705961615276678040
Bagikan: