Tekno & Sains
20 Juni 2020 10:29

Betadine Ternyata Ampuh Meluruhkan COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo. Foto: Rizal Adhi.

MALANG - Kandungan dalam obat betadine yaitu povidone iodine ternyata cukup ampuh untuk membunuh COVID-19. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo, di Pendopo Agung Kabupaten Malang, pada Jumat (19/6/2020).

ADVERTISEMENT

"Obat kumur betadine itu yang mampu melemahkan dan meluruhkan virus," ucap Arbani.

Menurutnya, hal ini terjadi karena povidone iodine merupakan antiseptik yang ampuh membunuh virus. "Kan antiseptik dia (betadine)," terang Arbani.

Namun, Arbani menjelaskan hanya obat betadine kumur yang efektif membunuh COVID-19. "Hanya untuk kumur saja, tidak diminum. Betadine yang obat kumur, bukan yang untuk luka," sambungnya.

Penggunaan betadine sendiri terbatas hanya untuk mencegah berkembang biaknya virus. "Bukan menyembuhkan virus (Corona)," papar Arbani.

Terakhir, Arbani mengatakan jika penggunaan obat dexamethasone sudah tidak dipakai lagi kepada pasien COVID-19. "Dexamethasone kemarin informasinya ditarik, katanya tidak boleh," tukasnya.

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan