Pencarian populer

Hati-hati, Smoothie Bisa Sebabkan Obesitas Jika Salah Diolah

Ilustrasi smoothies (Foto: Thinkstock)

Bagaimana biasanya kamu menikmati buah-buahan?

Mungkin sebagian dari kamu lebih suka untuk mengonsumsi buah dalam bentuk jus ataupun smoothie. Khasiat kesehatan yang tak akan hilang dianggap sebagai alasan kenapa smoothie kini lebih digemari dibandingkan dengan memakan buah secara utuh.

Namun, kebiasaan buruk sebagian orang yang sering menambahkan es batu, susu, ataupun gula justru membuat smoothie menjadi olahan buah yang kurang baik. Susu memang bisa membuat terasa lebih creamy, namun tingginya lemak yang terkandung justru akan menghilangkan khasiat buah-buahan yang kamu gunakan.

Begitupun dengan gula yang hanya akan membuat kadar gula dalam darah meningkat. Tubuh memang membutuhkan asupan gula sebagai sumber energi, namun tak perlu menambahkannya pada smoothie karena kamu bisa mendapatkan gula alami dari buah-buahan manis seperti mangga dan pisang.

Smoothies (Foto: Thinkstock )

Jika menggabungkan gula dan serat dalam segelas smothie, maka kamu sama saja dengan mengacaukan kadar gula dalam darah. Tanpa protein atau lemak untuk menyeimbangkan, tubuh anak dengan cepat menyerap semua gula ke dalam aliran darah.

Sejatinya, tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna seluruh makanan. Hal ini diperlukan untuk memecah makanan tersebut menjadi glukosa yang dibutuhkan tubuh, untuk selanjutnya diubah menjadi energi. Tapi, tingginya gula yang masuk membuat tubuh akan menyimpan kelebihan gula ini sebagai lemak yang justru bisa memicu penyakit obesitas.

Blueberry smoothie (Foto: Thinkstock)

Semakin cepat tubuh menyerap makanan, maka semakin cepat pula energi akan hilang karena tak tercerna dengan sempurna. Kamu akan merasa cepat lapar dan selalu ingin mengonsumsi makanan tinggi lemak agar perut terasa kenyang dalam waktu yang lama.

Padahal, makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama adalah makanan sehat yang mengandung gula alami seperti buah-buahan. Dan untuk mendapatkan khasiat kesehatan smoothie seutuhnya, kamu bisa menambahkan gula atau susu. Tambahkan chia seeds atau bahkan flax seeds untuk menambah nutrisi smoothie.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57