Gagal Diet? Yuk, Coba Diet Ala Jepang!

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga
Konten dari Pengguna
20 Mei 2022 18:58
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Andrea Karina Putri Kurniawan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gagal Diet? Yuk, Coba Diet Ala Jepang! (217572)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi diet. (Sumber: pexels.com)
ADVERTISEMENT
Saat merasa tubuh tidak ideal, mungkin yang terlintas dipikiran Anda adalah diet. Pertama-tama, apa itu diet? Menurut tim kedokteran EGC tahun 1994 (Hartantri, 1998), diet adalah kebiasaan yang diperbolehkan dalam hal makanan dan minuman yang dimakan oleh seseorang dari hari ke hari, terutama yang khusus dirancang untuk mencapai tujuan dan memasukkan atau mengeluarkan bahan makanan tertentu.
ADVERTISEMENT
Bagi sebagian orang, diet merupakan cara efektif untuk mendapatkan tubuh ideal. Akan tetapi, tak semua orang yang menjalani diet berhasil mencapai target tubuh ideal mereka. Terdapat bermacam-macam penyebab gagal diet. Mulai dari kurangnya motivasi, sengaja melewatkan sarapan, kurang tidur, kurang minum air, dan lain sebagainya.
Apabila Anda telah mencoba berbagai cara diet namun masih gagal, yuk, coba diet sehat ala Jepang! Berikut cara-cara yang dapat dilakukan.
1. Makan Makanan yang Mudah Dicerna
Gagal Diet? Yuk, Coba Diet Ala Jepang! (217573)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makan sehat. (Sumber: pexels.com)
Ketika diet, orang Jepang akan lebih sering mengonsumsi makanan khas Jepang seperti sup miso karena mudah dicerna dan tidak membebani tubuh. Maka dari itu, saat menjalankan diet disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah. Usahakan untuk menghindari makan daging saat diet.
ADVERTISEMENT
Menghindari karbohidrat juga tidak disarankan karena karbohidrat merupakan sumber energi. Jangan sampai gara-gara diet tubuh Anda merasa kurang sehat.
2. Minum Teh Hijau
Gagal Diet? Yuk, Coba Diet Ala Jepang! (217574)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: jp.freepik.com)
Kafein dalam teh hijau memiliki efek untuk menekan kenaikan kadar gula darah dan mengurangi asupan kalori saat dikonsumsi bersama makanan. Mengonsumsi teh hijau sebelum olahraga juga dapat membakar lemak secara efektif karena kafein teh hijau bekerja pada saraf simpatik dan mengaktifkan enzim lipolitik.
3. Menerapkan Prinsip Hara Hachi Bu
Gagal Diet? Yuk, Coba Diet Ala Jepang! (217575)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan porsi kecil. (Sumber: jp.freepik.com)
Hara Hachi Bu (腹八分) merupakan istilah bahasa Jepang untuk "makan 80% dari kapasitas perut". Prinsip ini digunakan dalam diet Okinawa yang menyarankan untuk makan dengan porsi kecil dan tidak membuat perut kenyang seutuhnya.
4. Kurangi Asupan Gula dan Garam
ADVERTISEMENT
Gula mengandung karbohidrat dan kalori. Mengonsumsi gula secara berlebihan membuat kadar kalori menjadi tinggi dan dapat membuat berat badan naik. Sedangkan garam dapat membuat tubuh menahan banyak air yang berakibat penumpukkan lemak dalam tubuh.
Itulah cara-cara diet ala Jepang. Menjalankan diet memang tidak semudah kelihatannya. Namun, jika Anda memiliki niat dan menginginkan hasil yang maksimal, diet akan terasa mudah. Bahkan dapat membuat Anda memiliki gaya hidup sehat.
Referensi:
Hartantri, E. 1998. Citra Raga Dan Kecenderungan Perilaku Diet Pada Remaja Putri. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
日本人が一番痩せる!? ダイエット方法. Beauty News Tokyo. https://beautynewstokyo.jp/日本人が一番痩せる!?%E3%80%80ダイエット方法/ (diakses tanggal 16 Mei 2022)
Novelin. 2021. Pola Hidup Sehat Hara Hachi Bu Dalam Masyarakat Okinawa. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara. Medan.
ADVERTISEMENT
Pranita, Ellyvon. 2022. 8 Prinsip Diet Okinawa ala Jepang untuk Kesehatan Jantung dan Panjang Umur. Kompas.com. https://amp.kompas.com/sains/read/2022/01/06/080200323/8-prinsip-diet-okinawa-ala-jepang-untuk-kesehatan-jantung-dan-panjang-umur (diakses tanggal 16 Mei 2022)