kumparan
26 Agustus 2019 22:36
EC4bf_FU0AA_5e7.jpg
Letak Peta Daerah Kalimantan. Foto dari Twitter Bapak Presiden @jokowi

Mitra Kukar klub Ibu Kota Baru

Bapak presiden Jokowi Widodo secara resmi telah mengumumkan Ibu Kota baru pada hari Senin ( 26/08/2019) Siang. Provinsi Kalimantan Timur lah yang di pillih sebagai ibu kota baru tepatnya di daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa alasan kenapa Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Menurut Bapak Jokowi:
Pertama, resiko bencana minimal baik, seperti Banjir, Gempa, Tsunami , Kebakaran Hutan, Gunung berapi , dan Tanah longsor.
Kedua , Lokasi yang Strategis ada di tengah tengah Indonesia.
Ketiga, Kabupaten itu ada di dekat perkotaan yang sudah berkembang. Balikpapan dan Samarinda.
Keempat, Infrastruktur yang relatif lengkap dan
Kelima, telah tersedia lahan yang sudah dikuasi pemerintah, seluas 180 hektare.
Berbicara Sepak Bola Indonesia, kalimantan timur ternyata memiiliki 2 club yang bermain di liga indonesia, yaitu Mitra Kukar dan Penajam Utama FC.
Mitra kukar yang berasal dari daerah Kutai Kartanegara dan Penajam berasal dari Kabupaten penajem paser utara masing masing bermain di Liga 2 dan Liga 3.
ADVERTISEMENT
Penajam Utama memang belum mempunyai prestasi yang begitu gemilang, tim berjuluk Rusa Sambar ini pun tidak sefamiliar tim tim asal kalimantan lainya, seperti Borneo , Barito Putera, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, bahkan Kalteng Putra.
Sedangkan Mitra kukar sudah sangat familiar, cukup lama bermain di kasta tertinggi sepak bola Indonesia dari musim 2011- 2018. Namun sayang musim lalu Mitra kukar harus terdegradasi.
Tim berjuluk Naga mekes ini sering sekali mendatangkan pemain pemain bintang karena memang financialnya cukup bagus, beberapa alumni Liga Inggris dan pemain Timnas Indonesia pernah bermain disana.
Sebut saja Hamka Hamzah, Arief Suyono, Ahmad Bustomi, Bayu Pradana, Isnan Ali, Saktiawan Sinaga, Zulham Zamrun dan Septian David Maulana. Dan beberapa alumni liga inggris seperti Danny Guthire, Marcus Bent, Dan Mohamed Sisosko.
ADVERTISEMENT
Jika nanti kedua club ini baik mitra kukar maupun Penajam Utama berhasil naik ke kasta tertinggi liga 1 indonesia , akan sangat menarik mempunyai dua Club ibu kota dalam satu liga.
Yang lebih menarik justru ketika Timnas Indonesia bermain di laga home, biasanya timnas Indonesia sering sekali bermain di Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta) karena jakarta saat ini masih sebagai ibu kota.
Kini setelah di tetapkannya ibu kota baru, bisa saja Homebase Timnas berpindah ke Provinsi Kalimantan. Di Kalimantan banyak sekali stadion yang bagus bahkan sudah bertaraf internasional , Stadion Aji Imbut ( Mitra Kukar), Stadion Palaran ( Samarinda), Stadion Batakan ( Balikpapan).
Jika timnas Indonesia bermain di Kalimantan, banyak supporter yang berada di pulau jawa maupun sumatra merasa jauh untuk menonton. Tetapi dengan rasa cinta dan bangga serta ingin mendukung timnas , jarak sejauh apapun akan ditempuh. Hehehe.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan