Pencarian populer
USER STORY
18 Juli 2019 20:21 WIB
0
0

Fitur Asyik Untuk Memaksimalkan Eksplorasi Streaming Musik

Streaming musik melalui platform digital. (Foto : Andriean Akbar Pratama)

Streaming musik telah menjadi hal yang lumrah di era digital sekarang ini. Akses untuk mendengarkannya pun kini sudah semakin mudah didapatkan oleh siapa pun.

ADVERTISEMENT
Musik sendiri telah menjadi salah satu kebutuhan bagi manusia, baik ketika dibutuhkan kapan pun atau di mana pun . Dengan bermodalkan jaringan internet, musik melalui berbagai platform digital sudah bisa kamu nikmati.
Meskipun mudah dalam memilih musik yang akan didengarkan, terkadang kamu pun juga bisa bingung dalam memilih lagu, terutama ketika ingin mendengarkan lagu yang belum pernah kamu dengarkan. Nah, untuk kamu yang suka eksplorasi lebih mendalam terhadap musik, kamu bisa nih mencoba beberapa fitur dan aplikasi berikut.
  1. Discover Weekly yang selalu baru dari Spotify
Discover Weekly yang diperbarui oleh Spotify di setiap awal pekan (Foto : Spotify)
Spotify kini telah menjadi salah satu platform digital terpopuler untuk melakukan streaming musik. Dengan tersedianya puluhan juta lagu, siapa pun dapat dengan bebas mengakses bermacam-macam lagu sesukanya. Namun pernahkah kamu terkadang merasa bingung seperti “Duh hari ini mau dengerin apa enaknya ya?”. Untuk menjawab kebingunganmu, sebenarnya kamu dapat menggunakan fitur “Discover Weekly” yang ada pada Spotify.
ADVERTISEMENT
Dengan algoritma yang berjalan pada Spotify, Discover Weekly mengumpulkan lagu-lagu yang serupa seperti yang kamu dengarkan pada pekan sebelumnya. Misalkan pada minggu ini kamu banyak mendengarkan musik bergenre Soul, Rock n Roll, dan Fusion, maka kamu bisa mendengarkan lagu pilihan serupa yang telah dikumpulkan oleh Spotify pada pekan berikutnya, tentunya dengan lagu-lagu yang berbeda pula. Terasa semakin beragam kan lagu yang kamu dapatkan?
  1. Geser tahun dan genre sesukamu dengan Venn Diagram di Last.fm
Venn Diagram pada Last.fm yang bisa kamu atur sendiri. (Foto : Last.fm)
Last.fm merupakan salah satu platform musik yang masih banyak diminati hingga sekarang. Bersifat seperti media sosial, Last.fm memungkinkan kamu untuk tidak hanya menemukan berbagai musik yang belum pernah kamu ketahui, namun juga user lainnya yang memiliki kesamaan dengan musik yang kamu dengarkan. Namun kali ini yang harus kamu coba yaitu Venn diagram pada Last.fm.
ADVERTISEMENT
Seperti yang kamu bisa lihat, Venn tersebut menampilkan kisaran tahun pada diagram di sebelah kiri, dan genre pada diagram di sebelah kanan. Kamu bisa geser kedua lingkaran tersebut sesukamu berdasarkan genre dan tahun yang kamu inginkan. Setelah itu kamu dapat melihat suggest lagu yang diberikan oleh last.fm
  1. Jelajah musikmu melalui aplikasi Radiooooo
Jelajah musik seru di seluruh dunia dengan Radiooooo. (Foto : Radiooooo)
Mungkin namanya memang terkesan aneh, atau bahkan terkesan tidak serius untuk sebuah aplikasi. Namun percayalah, kamu akan merasakan visual yang menarik dan beragam lagu yang tidak terduga dari eksplorasimu menggunakan aplikasi ini.
Seperti yang bisa kamu lihat, Radiooooo memberikanmu kebebasan untuk menjelajah ke berbagai negara di seluruh dunia dan mengatur rentang waktu sesuka mu. Dengan ini kamu serasa memiliki mesin waktu untuk musikmu. Seru bukan?
ADVERTISEMENT
  1. Dengarkan musik dari siaran radio di seluruh dunia dengan Rarma Radio
Menikmati siaran radio di seluruh dunia dengan Rarma Radio. (Foto : Rarma Radio)
Sebenarnya ini merupakan aplikasi pada desktop yang memungkinkanmu untuk mendengarkan berbagai saluran radio diseluruh dunia, namun uniknya terdapat pilihan genre dan negara yang sangat banyak, sehingga kamu bisa mendapatkan banyak referensi baru untuk musikmu.
Ketika saluran radio sedang memainkan lagu, pada bar di bawah yang menunjukkan bahwa radio sedang aktif, juga menunjukkan artist serta judul lagu yang sedang dimainkan. Wah enak nih bisa mendengarkan beragam lagu sekaligus siaran radio dari seluruh dunia!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86