ITERA jalin kerja sama denan Badan Geologi

Angga Jati Widiatama
Earthstoryteller, Dosen Teknik Geologi Institut Teknologi Sumatera
Konten dari Pengguna
17 November 2021 19:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Angga Jati Widiatama tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada hari rabu tanggal 17 November 2021, Institut Teknologi Sumatera melaksanakan kunjungan ke Badan Geologi guna menyerahkan Memorandum of understanding (MoU) yang telah di sepakati antara Kepala Badan Geologi dan Rektor Institut Teknologi Sumatera. Selain menyerahkan dokumen MoU, tim ITERA yan diwakili oleh Ketua Pusat Riset dan Inovasi (Purino) Teknologi Kebumian dan Mineral, Angga Jati Widiatama, S.T., M.T. juga menjajaki kerja sama dengan berbagai satuan kerja dibawa Badan Geologi antara lain Pusat Survei Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, serta Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi.
Gambar 1. Penyerahan MoU antara ITERA dan Badan Geologi
Di dampingi oleh penasehat Purino, Dr. Surono, Purna Kepala Badan Geologi, yang juga merupakan dosen luar biasa ITERA, delegasi Purino disambut langsung oleh Kepala Pusat Survei Geologi, Dr. Ir. Hendra Gunawan yang memaparkan kegiatan dan potensi kerja sama yan bisa dijalin. Dalam diskusi yang berlansung dinamis dan hangat, disepakati untuk melaksanakan perjanjian kerja sama dalam bidang pemetaan geologi, geosains, geopark, dan juga penyelidikan potensi minyak bumi serta gas alam. Diharapkan kerja sama ini dapat menjadi sarana menyukseskan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) khususnya dalam bidang penyelidikan eksplorasi maupun eksploitasi sumber daya alam di Indonesia.
Gambar 2. Diskusi kerjasama antara ITERA dengan Pusat Survei Geologi
Pembuatan perjanjian kerja sama ini diharapkan agar satuan kerja dibawah Badan Geologi dapat menjadi mitra pendidikan dalam kegiatan MBKM dengan menyediakan project base research yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa ITERA yang mengambil fokus pendidikan di bidang kebumian seperti teknik geologi, teknik geofisika, maupun teknik pertambangan. Selain itu kerja sama yang dijalin ini diharapkan mampu mendukung kegiatan penyelidikan kebumian yang dilaksanakan satuan kerja dibawah Badan Geologi sehingga memberikan keuntungan dan dampak yang signifikan bagi mitra maupun sivitas akademika ITERA serta ikut serta dalam melunasi janji kemerdekaan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
Gambar 3. Foto bersama delegasi ITERA dengan Kepala Pusat Survei Geologi, Advisor Purino Mbah Surono, dan jajaran penyelidik bumi PSG