Buzz
·
16 Juli 2021 19:08

Syamsudin Ilyas, Harapan Pesisir Jakarta Utara

Konten ini diproduksi oleh Anggita Hutami
Syamsudin Ilyas, Harapan Pesisir Jakarta Utara (33387)
searchPerbesar
Kredit foto: Anggita Hutami R.
Jakarta—Bagian pesisir Jakarta Utara dikenal sebagai kawasan pemukiman masyarakat kelas bawah. Selain tumpukan sampah laut, Jakarta Utara memegang rekor angka putus sekolah tertinggi pada 2018 silam. Hanya sebesar 52% siswa yang berhasil menamatkan pendidikan SMA di Jakarta Utara.
ADVERTISEMENT
Namun, angin segar datang dari sosok Syamsudin Ilyas yang merupakan inisiator Kelas Jurnalis Cilik (KJC). KJC merupakan komunitas yang mewadahi anak pesisir untuk menekuni dunia jurnalistik. Komunitas ini didirikan sejak 2015 silam, namun sempat terhambat karena kurangnya tim. KJC baru memulai angkatan pertamanya pada 2018.
“Saya adalah orang pesisir yang pernah terjun di dunia jurnalistik juga, jadi saya ingin memberikan wadah keterampilan bagi anak-anak pesisir agar dapat bermanfaat di kemudian hari,” ujar Ilyas.
Mulanya,Ilyas dan tim merasa sulit untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang dunia jurnalistik. Dunia jurnalistik merupakan dunia yang awam dan tidak terjangkau bagi mereka. Namun setelah mengetahui manfaatnya mereka mau bergabung.
Pada bulan pertama, anak-anak akan diajarkan teknik 5W1H, reportase, dan teknik dasar foto jurnalistik. Untuk pembelajaran fotografi, anak-anak tidak langsung memegang kamera melainkan diberikan medium kamera kardus. Setidaknya menurut Ilyas hal ini dapat melatih mata anak-anak dalam membidik gambar. Biasanya, di akhir kelas, pengajar akan memberikan tugas yang berkaitan dengan presentasi sehingga melatih public speaking mereka.
ADVERTISEMENT
“Setidaknya anak-anak pesisir bisa menjadi pribadi yang kreatif dan memiliki kepercayaan diri saat berbicara dengan temannya atau di keluarga. Semoga komunitas ini gak cuma di Jakarta Utara aja tapi bisa meluas ke pesisir seluruh Indonesia,” ujar Ilyas.
Syamsudin Ilyas, Harapan Pesisir Jakarta Utara (33388)
searchPerbesar
Kredit foto: @kelasjurnaliscilik_
Hingga kini, KJC sudah memasuki tahun keempat dan baru saja membuat pameran karya pada 10 Juli 2021. Pameran merupakan bentuk pencapaian tertinggi KJC yang selalu diadakan setiap tahun. Di akhir pameran, KJC mengadakan lelang karya.
Syamsudin Ilyas, Harapan Pesisir Jakarta Utara (33389)
searchPerbesar
Kredit foto: @kelasjurnaliscilik_
Selain kegiatan jurnalistik, KJC juga aktif memperhatikan tingkat literasi anak-anak Cilincing dengan menyediakan ruang baca buku gratis.
Penulis: Anggita Hutami
Politeknik Negeri Jakarta