Indahnya Kolaborasi Tari Tradisional di Tengah Masyarakat Modern

Mahasiswi program studi sastra indonesia universitas pamulang
Konten dari Pengguna
27 Juni 2022 18:54
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ani Mulyani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber/kredit:ani mulyani
zoom-in-whitePerbesar
sumber/kredit:ani mulyani
ADVERTISEMENT
Seni tari adalah salah satu kesenian yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, kesenian ini bukan hanya bersifat menghibur, tapi juga sebagai salah satu ungkapan seorang penari untuk menyampaikan pesan-pesan kepada para penontonnya. Seni tari terbagi menjadi dua, yaitu seni tari modern dan seni tari tradisional. Seni tari modern merupakan bentuk seni tari yang gerakannya lebih ekspresif dan biasanya dilakukan oleh pemuda masa kini. Sedangkan, seni tari tradisional merupakan kesenian yang berkembang di suatu daerah tertentu sehingga menjadikannya sebagai budaya atau ciri khas dari daerah tersebut. Saat ini, seni tari tradisional sering sekali dikolaborasikan dengan tarian atau lagu-lagu modern.
ADVERTISEMENT
Salah satu seni tari tradisional yang sering sekali dikolaborasikan dengan tarian atau lagu-lagu modern adalah tari kipas. Tari kipas merupakan salah satu tarian tradisional asal Sulawesi Selatan yang berkembang pada masa kerajaan Gowa. Tarian ini biasanya dimainkan oleh putri-putri bangsawan yang berjumlah empat orang dan mengisahkan tentang perpisahan antara penghuni bumi dengan penghuni langit. Tari kipas biasanya digunakan sebagai alat untuk menyembah dewa dan sering pula ditampilkan pada saat acara-acara penting di Sulawesi Selatan seperti upacara adat dan lain sebagainya. Namun, seiring berjalannya waktu, tarian ini beralih fungsi yaitu sebagai media untuk hiburan semata. Hal tersebut di karenakan keindahan dan keunikan dari tarian ini yang sering memikat banyak orang.
Adapun ciri khas dari seni tari kipas adalah para penarinya menggunakan pakaian khas masyarakat bugis yang bernama baju Bodo yang biasanya berwarna merah dan hijau. Dalam setiap warna yang ada pada baju Bodo dapat menunjukan kelas sosial seseorang. Seperti warna hijau untuk bangsawan, putih untuk ibu menyusui, Dan lain sebagainya. Selain menggunakan baju Bodo, para penari juga menggunakan sarung yang saat ini penggunaannya lebih dominan pada sarung yang memiliki motif dari pada sarung polos. Ciri khas lainnya yaitu penari menggunakan selendang di pundak sebelah kiri, yang warnanya tentu disesuaikan dengan warna baju Bodo. Keunikan yang menjadi inti dari tarian ini adalah kipas, yang dimainkan di tangan sebelah kanan yang bermakna keteduhan. Selain adanya ciri khas dari pakaian yang digunakan, tari kipas juga biasanya diiringi dengan alat musik khas daerahnya yang bernama Gondrong Rinci (alat musik gendang dan suling).
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, di era modern sekarang ini, tari kipas sering sekali dikolaborasikan dengan hal-hal yang berbau modern. Seperti pakaian Bodo yang diganti menggunakan kebaya khas daerah luar, iringan musik khas tari kipas yang sudah jarang digunakan dan diganti dengan lagu-lagu modern bahkan lagu dari daerah luar negeri. Contohnya pada lagu Nirmala yang belakangan ini sering sekali digunakan dalam tarian kipas. Hal ini tentunya menjadi salah satu bukti bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki kreativitas tinggi serta berani mencoba hal-hal baru.
Banyaknya tarian-tarian tradisional yang dikolaborasikan dengan hal-hal modern tentunya menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagian masyarakat menganggap bahwa jika hal ini terus menerus berlanjut, maka tari tradisional perlahan-lahan akan hilang eksistensinya. Namun, sebagian juga berpendapat bahwa hal tersebut menjadi titik terang bagi tarian tradisional yang mana nantinya pertunjukan tentang tari tradisional akan lebih menarik dan tidak membosankan.
ADVERTISEMENT
Upaya-upaya yang dilakukan masyarakat di zaman modern ini bisa dikatakan benar, apabila tujuannya adalah untuk memperkenalkan tarian-tarian tradisional kepada orang-orang modern dengan cara yang modern pula, agar masyarakat tertarik terhadap kesenian tradisional. Tetapi orang-orang yang terlibat dalam kesenian tersebut tidak boleh menghilangkan ciri khas yang ada dalam seni tradisionalnya.
Adapaun beberapa cara yang bisa dilakukan masyarakat Indonesia dalam melestarikan seni tari tradisional tanpa harus mengkolaborasikannya dengan hal-hal yang berbau modern adalah sebagai berikut: mengadakan seni pertunjukan tari secara terbuka, membuka sanggar tari dan membuat komunitas pencinta seni tari, dan yang terakhir adalah masyarakat mendokumentasikan setiap pertunjukan seni tari lalu menyebarkannya di media sosial agar dapat disaksikan oleh banyak orang.
Sebagai masyarakat yang cinta akan budaya Indonesia, sudah sepantasnya kita selalu mendukung dan ikut serta dalam mempertahankan budaya khususnya kesenian tradisional yang saat ini sudah mulai dilupakan oleh masyarakat. Dengan menerapkan beberapa cara yang sudah terlampir di atas akan dapat membantu kebudayaan Indonesia khusunya seni pertunjukan untuk terus berkembang dan menjadi kebanggaan rakyat Indonesia. Karena sebuah kebudayaan merupakan ciri khas dari suatu bangsa, maka kita sebagai generasi muda harus mau dan mampu menjaga serta melestarikan Kebudayaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020