Konten dari Pengguna

Penggunaan Masker Kain Anti Virus

Anis Sau Rondiyah
Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang
13 Desember 2021 14:30 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Anis Sau Rondiyah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Wabah virus corona menyerang yang mengakibatkan menelan banyak korban jiwa di beberapa negara di dunia. Tetapi, tidak sedikit pula pasien yang dinyatakan sembuh. Sehingga orang-orang diwajibkan memakai masker untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus dari orang ke orang lain.
Ilustrasi Foto (sumber: https://pixaybay.com)
Dengan adanya itu banyak oknum yang memanfaatkannya sebagai ladang bisnis. Seperti adanya penimbunan masker medis yang terjadi di Indonesia. Sehingga membuat masyarakat Indonesia resah. Yang seharusnya masker diberikan secara gratis malah harus membeli dengan harga yang mahal untuk mendapatkannya.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, ide kreatifitas sebagian masyarakat dibutuhkan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan masker. Dan orang-orang pun mulai membuat masker sendiri dari kain lalu menjualnya dengan harga yang relatif lebih murah sekaligus ramah lingkungan, karena bisa dicuci dan dipakai lagi. Bukan hanya itu saja, masker kain yang dibuat memiliki ragam bentuk yang lucu-lucu yang beragam motif seperti bunga, kartun, dan abstrak serta banyak lagi. Pembuatannya juga lumayan gampang, bahan yang digunakan juga dari kain sisa dari penjahit lalu di manfaatkan sebagai bahan yang lebih bermanfaat. Bahan yang digunakan bukan sembarangan kain di penjahit lalu dibuat masker, tetapi harus dipilah-pilah terlebih dahulu mana yang baik digunakan untuk masker nantinya. Jadi, terjamin kualitasnya.
ADVERTISEMENT
Selain bahan yang mudah di dapat, dengan adanya pembuatan masker kain juga dapat mengurangi limbah lingkungan. Kebanyakan masyarakat sekarang menjual masker kain tentu pasti banyak beragam jenis masker yang di tawarkan, mulai yang berkaret hingga ada khusus konektor masker yang mempermudah pemakaiannya. Selain menjadi sesuatu untuk menghindari virus corona dan debu asap, masker kain pada sekarang ini menjadi barang yang wajib dibawa kemana-mana apalagi saat bepergian jauh.
Pembuatan masker kain yang semakin banyak membuat masyarakat tidak perlu resah kembali bila ada penimbunan masker. Karena mereka sudah mengenal masker kain yang mudah ditemui di penjual jalanan hingga online shop. Sekarang masker kain pun tak kalah banyak peminatnya, dengan berbagai macam merk dan bentuk yang unik dan lucu. Peminatnya pun beragam dari kalangan orang dewasa hingga anak-anak, sehingga membuat masker kain menjadi trend di kalangan masyarakat apalagi pada masa pandemi sekarang ini.
ADVERTISEMENT
Masker kain tentunya praktis untuk dibawa kemana-mana. Masker kain juga tak kalah kerennya dari masker medis malah lebih unik dari masker medis. Mungkin dengan kreatifitas masyarakat dengan adanya pembuatan masker kain dapat mengantisipasi dampak penularan virus corona, juga dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menimbun masker medis. Tanpa berpikir panjang akibat yang ditimbulkan di masyarakat dengan kelangkaan masker yang diakibatkannya.