Cerita Kesuksesan Perusahaan Telekomunikasi dalam Menghadapi Masalah

Anisyah Vella
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Konten dari Pengguna
12 Juli 2022 12:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Anisyah Vella tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Huawei adalah pembuat peralatan dan penyedia layanan telekomunikasi multinasional raksasa, yang telah mendapatkan kepuasan dan kepercayaan dari pelanggannya yang berharga selama periode waktu tertentu, dengan memfasilitasi pelanggannya dengan layanan berkualitas tinggi dan layanan layanan pelanggan yang luar biasa. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan basis pelanggannya secara keseluruhan dengan mendapatkan loyalitas pelanggannya yang selanjutnya memungkinkan perusahaan untuk merintis seluruh pasar dengan mengamankan posisi terdepan dalam industri telekomunikasi.
ADVERTISEMENT
Perusahaan memiliki tren untuk mengidentifikasi pasar potensial di seluruh dunia dan membuat strategi yang efektif untuk menembus pasar tersebut untuk memastikan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan. Manajemen puncak perusahaan telah membuat berbagai strategi efektif yang memungkinkan perusahaan untuk memperluas operasinya secara global, efisien dan efektif.
Departemen Penelitian dan Pengembangan perusahaan telah mengidentifikasi pasar telekomunikasi Kanada sebagai pasar potensial tinggi untuk pertumbuhan bisnis perusahaan yang kuat. Manajemen puncak perusahaan mengidentifikasi bahwa untuk memasuki pasar Kanada secara efisien dan efektif, perusahaan harus menggunakan strategi “Globalization”.
Perusahaan merambah ke seluruh pasar Kanada dengan menggunakan strategi globalization dan merepresentasikan dirinya sebagai perusahaan Kanada untuk lebih menarik masyarakat Kanada terhadap produk-produk perusahaan. Manajemen puncak perusahaan melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT
Di awal tahun 2011, perusahaan memperluas operasinya di pasar Kanada dengan mendirikan kantor pusatnya di Ontario bersama dengan dua kantor di Kanada. Perusahaan juga telah meningkatkan tenaga kerjanya dari 70 karyawan menjadi 450 karyawan terampil profesional yang bertindak sebagai keunggulan kompetitif bagi perusahaan, selain itu, manajemen puncak perusahaan banyak berinvestasi dalam Penelitian dan Pengembangan untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang kuat yang semakin mengintensifkan keunggulan kompetitif perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan tampil luar biasa di pasar Kanada.
Sumber : Foto Pribadi
ANALISA MASALAH :
Pada akhir 2012, manajemen puncak perusahaan menghadapi penurunan serius dalam pertumbuhan bisnis perusahaan. Penurunan bisnis ini diakibatkan oleh klaim oleh Kongres AS atas potensi risiko keamanan yang melekat pada produk perusahaan. Kongres mengklaim bahwa perusahaan telah memasok perangkat dan peralatan tersebut kepada Pemerintah AS dan perusahaan-perusahaan yang dengannya perusahaan dapat memata-matai dan dapat memperoleh akses ke informasi rahasia Pemerintah AS.
ADVERTISEMENT
Potensi klaim ini berpengaruh negatif signifikan terhadap operasional bisnis perusahaan. Banyak perusahaan telah memblokir peralatan yang dipasok oleh Huawei serta Pemerintah telah melarang perusahaan untuk melakukan akuisisi lokal. Hal ini telah menurunkan pendapatan perusahaan secara keseluruhan dan juga telah menurunkan pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.
Lebih jauh lagi, hal ini menimbulkan kesan keraguan atas keandalan produk dan layanan perusahaan yang selanjutnya berdampak negatif pada reputasi perusahaan. Dengan demikian, ini telah menurunkan basis pelanggan perusahaan secara keseluruhan serta daya saing perusahaan secara keseluruhan.
Selain itu, manajemen puncak perusahaan secara serius mempertimbangkan dampak klaim tersebut terhadap bisnisnya di pasar Kanada dan tidak dapat membuat strategi yang efektif untuk mengatasi masalah ini dan membangun kembali kepercayaan perusahaan, secara efisien dan efektif.
ADVERTISEMENT
Analisis SWOT
SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang menguntungkan dan tidak menguntungkan untuk mencapai objek dalam bisnis atau proyek. SWOT adalah alat yang banyak digunakan untuk perencanaan dan manajemen strategis di banyak organisasi. Analisis SWOT secara efektif digunakan dalam membangun strategi bagi organisasi untuk mempertahankan daya saingnya di pasar. Analisis SWOT adalah alat sederhana namun kuat yang membantu organisasi dalam mengidentifikasi sumber daya yang ada, kemampuan, kekurangan, peluang dan ancaman yang ada yang berlaku di pasar.
ADVERTISEMENT